home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Tumor Kelenjar Ludah

Tumor Kelenjar Ludah

Kelenjar ludah atau air liur bertugas untuk menghasilkan air liur, yang nantinya digunakan tubuh menjaga kelembapan mulut, melindungi gigi dari infeksi, dan membantu mencerna makanan. Fungsi dari kelenjar ini bisa saja terganggu karena adanya pertumbuhan sel yang abnormal yang membentuk tumor. Seperti apa tumor kelenjar ludah itu? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Definisi tumor kelenjar ludah

Tumor kelenjar ludah adalah kondisi langka yang menandakan adanya pertumbuhan sel kelenjar ludah tidak normal. Kelenjar ludah berada di belakang rongga mulut dan mengeluarkan ludah untuk membantu mencerna makanan. Kelenjar ludah yang utama terdiri dari kelenjar parotis (lokasi sisi wajah), kelenjar di bawah rahang, dan kelenjar sublingual.

Kelenjar yang kecil berada pada langit‐langit mulut dan terletak di sepanjang rongga mulut, sinus, dan hidung. Kelenjar ini hanya dapat dilihat di bawah mikroskop. Tumor bisa bersifat jinak atau ganas, yang kemudian menjadi kanker kelenjar ludah.

Sebanyak 80% tumor yang terletak di jalur utama merupakan tumor jinak, tetapi jika terletak di area lainnya, 80% di antaranya merupakan tumor ganas.

Berdasarkan situs Mayo Clinic, ada banyak jenis tumor yang menyerang kelenjar ludah dan terbagi ke dalam beberapa tipe seperti di bawah ini.

Jenis tumor bukan kanker

  • Adenoma pleomorfik
  • Adenoma sel basal
  • Adenoma kanalikuli
  • Onkositoma
  • Tumor warthin

Jenis tumor yang umumnya berkembang menjadi kanker kelenjar ludah

  • Karsinoma sel asinik
  • Adenokarsinoma
  • Karsinoma kistik adenoid
  • Karsinoma sel jernih
  • Karsinoma mukoepidermoid
  • Karsinoma onkosit
  • Adenokarsinoma derajat rendah polimorf
  • Karsinoma duktus saliva
  • Karsinoma sel skuamosa

Seberapa umumkah kondisi ini?

Tumor jenis ini bisa terjadi pada siapa pun dari segala jenis usia, namun usia tua memiliki risiko lebih tinggi terjadinya komplikasi tumor. Salah satu contohnya adalah karsinoma mukosa yang merupakan tumor ganas kelenjar parotis, sebagian besar terjadi pada pasien berusia 20-50 tahun.

Jenis tumor lainnya yang umum adalah tumor kelenjar parotis yang merupakan kanker epitel (tumor jinak dari kelenjar parotis) yang muncul di usia 40-50 tahun dan tumbuh sangat lambat. Pasien dengan kanker kelenjar air liur sebagian besar merupakan wanita yang mengalami karsinoma kistik jamur VA (kelenjar gondok) dan orang‐orang yang berumur (40‐60 tahun).

Tanda dan gejala tumor kelenjar ludah

Sakit tenggorokan

Tanda pertama dari tumor kelenjar ludah adalah munculnya benjolan. Penyebaran lokal dari tumor kelenjar parotis memengaruhi saraf wajah sehingga terjadi kelumpuhan di sisi yang terkena tumor. Kondisi ini bisa menyebabkan otot‐otot wajah melemah dan ketidakmampuan menutup mata.

Tumor kelenjar air liur dapat menyebar ke otot‐otot di bawah mulut yang merupakan bagian bawah tengkorak dan kelenjar getah bening di sekitarnya. Kondisi tersebut menyebabkan wajah sakit, sakit telinga, sakit kepala, dan pembengkakan pada kelenjar getah bening.

Pada kasus tumor jinak, sel abnormal tidak akan berkembang ke area sekitar. Akan tetapi, jika tumor tersebut sifatnya ganas, sel abnormal bisa menyebar dan merusak fungsi jaringan maupun organ yang terkena, sehingga meninbulkan gejala yang bervariasi.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Anda perlu pergi ke dokter segera jika Anda mengalami adanya tumor kecil, tumor yang menonjol, pembengkakan di sekitar wajah dan leher. Jangan mengabaikan kelainan yang terjadi pada mulut, sinus, dan otot‐otot wajah. Tubuh masing‐masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab tumor kelenjar ludah

Penyebab munculnya tumor pada kelenjar ini tidak diketahui secara pasti. Akan tetapi, proses terbentuknya tumor berawal pada beberapa sel di kelenjar air liur yang mengalami perubahan dalam DNA-nya.

DNA sel sendiri menyimpan serangkaian perintah untuk sel membelah, menua, dan mati. Akibat perubahan, perintah tersebut mengalami kekacauan sehungga sel yang rusak terus hidup dan menumpuk membentuk tumor. Sel yang abnormal ini bisa saja tetap menjadi tumor jinak, atau berubah menjadi tumor ganas dan bermetastasis ke area tubuh yang lain.

Faktor-faktor risiko tumor kelenjar ludah

Faktor‐faktor tertentu yang meningkatkan risiko Anda mengalami tumor kelenjar air liur, yaitu:

  • Paparan radiasi, seperti terapi radiasi digunakan untuk mengobati kanker di kepala dan leher.
  • Bekerja di lingkungan tertentu atau terkena paparan kimia seperti pada pabrik yang memproduksi karet, tambang asbes dan di selokan.
  • Paparan virus yang membuat Anda berisiko kanker kelenjar ludah termasuk HIV dan virus RBV (Epstein‐Barr).

Diagnosis dan pengobatan tumor kelenjar ludah

dokter

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Dokter Anda akan mendiagnosis tumor kelenjar air liur melalui tomography (CT scan) atau magnetic resonance imaging (MRI). Satu‐satunya cara untuk mengkonfirmasi diagnosis adalah dengan biopsi. Biopsi adalah prosedur tes tumor dengan mengambil sampel jaringan tubuh dan diperiksa dengan mikroskop.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk tumor kelenjar ludah?

Ada banyak cara untuk mengobati tumor pada kelenjar air liur seperti di bawah ini.

Operasi

  • Pembedahan untuk mengangkat tumor dan sebagian jaringan sehat yang mengelilinginya. Jika sudah mengenai seluruh kelenjar air liur, kelenjar ini perlu diangkat sepenuhnya.
  • Jika tumor mengenai kelenjar getah bening terdekat, sebagian kelenjar perlu diangkat. Hal ini dilakukan untuk menghindari pembentukan tumor baru.
  • Operasi rekonstruktif untuk memperbaiki area yang terkena tumor. Area yang rusak akan diperbaiki atau diganti dengan jaringan lain yang serupa.

Terapi radiasi dan kemoterapi

Radioterapi dan kemoterapi adalah pengobatan tumor pada kelenjar air liur lain menjadi pilihan setelah operasi. Biasanya digunakan untuk mengecilkan ukuran tumor dan dilakukan sebelum operasi dilakukan. Meskipun tujuannya sama, terapi radiasi mengandalkan energi radiasi sementara kemoterapi mengandalkan obat-obatan.

Perawatan tumor kelenjar ludah di rumah

Makanan untuk penderita kanker pankreas

Berikut ini adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi tumor kelenjar air liur.

Lakukan pemantauan perkembangan tumor

Meskipun sudah menjalani pengobatan, tumor yang sudah diangkat bisa saja kembali tumbuh. Oleh karena itu, Anda perlu menjalani pemeriksaan kesehatan secara berkala. Dokter akan membantu Anda membuat jadwal pengecekan dan Anda perlu mengikutinya sesuai arahan.

Penerapan gaya hidup yang sehat

Walaupun penyebab tumor tidak diketahui secara pasti, dokter tetap akan mengarahkan Anda untuk terus menjaga kesehatan dengan menerapkan gaya hidup yang sehat. Ini meliputi olahraga, konsumsi makanan bergizi, penyesuaian aktivitas, istirahat yang cukup.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 25/10/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.