5 Kondisi yang Membuat Bibir Tiba-tiba Terasa Gatal

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 17 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Rasa gatal yang muncul di bibir secara tiba-tiba memang cukup membingungkan dan membuat tak nyaman. Anda perlu mengetahui penyebab pastinya agar bisa melakukan langkah pengobatan lanjutan yang paling tepat. Untuk mengetahui apa saja penyebab bibir gatal, berikut ulasannya.

Penyebab bibir gatal

bibir terasa panas

1. Cheilitis kontak alergi

Cheilitis kontak alergi adalah kondisi dermatitis kontak alergi yang terjadi pada bibir. Biasanya ditandai dengan bibir gatal-gatal dan meradang akibat terkena alergen.

Lipstik, tabir surya, pasta gigi, obat kumur, dan obat-obatanlah yang biasanya menyebabkan reaksi alergi ini. Selain itu, makanan yang mengandung pengawet, wewangian, dan perasa buatan juga sering kali menjadi penyebabnya.

Biasanya kondisi ini membuat bibir Anda terlihat bengkak dan memiliki bercak kulit yang bersisik. Jika Anda mengalami hal ini, segera periksakan ke dokter agar bisa diatasi dengan perawatan yang tepat.

2. Bibir kering

Bibir yang kering dan pecah-pecah terkadang membuat permukaannya terasa gatal. Ada beberapa hal yang membuat bibir kering dari mulai kurang minum, tidak adanya kelenjar minyak di bibir, hingga akibat cuaca yang terlalu panas.

Tak perlu khawatir, jika penyebab rasa gatal karena kekeringan yang cukup parah Anda hanya perlu melembapkannya kembali. Minum cukup air, menggunakan pelembap bibir, dan tidak membasahi bibir dengan air liur.

3. Cheilitis traumatik

Peradangan bibir yang satu ini biasanya disebabkan oleh rangsangan berlebih pada kulit bibir yang sensitif. Dibandingkan dengan orang dewasa, anak-anak dan remaja cenderung lebih sering mengalami kondisi ini. Kebiasaan menjilat dan menggigit bibir inilah yang umumnya menyebabkan chelitis traumatik. Akibatnya, bibir bengkak dan terasa gatal.

Kondisi ini akan hilang dengan sendirinya tanpa perlu perawatan dokter jika Anda menghentikan kebiasaan tersebut. Namun, ketika bibir mulai mengalami iritasi maka kondisi ini akan sulit hilang dengan sendirinya. Untuk itu, sebaiknya periksakan ke dokter.

4. Infeksi

Bibir bisa mengalami gatal-gatal saat bakteri, virus, dan jamur tertentu masuk dan menginfeksi. Virus herpes simpleks, jamur Candida albicans yang berlebih, serta bakteri Streptococcus dan Staphylococcus menjadi organisme yang paling sering membuat bibir terasa gatal.

Cara mengatasi infeksi biasanya berbeda-beda sesuai dengan penyebabnya. Jika penyebabnya adalah bakteri maka dokter akan meresepkan antibiotik. Namun, jika penyebabnya virus atau antijamur dokter akan meresepkan obat antivirus dan antijamur yang sesuai. Setelah gejala infeksinya mereda, maka rasa gatal pun perlahan akan menghilang dengan sendirinya.

5. Weather induced cheilitis

Sesuai dengan namanya, kondisi ini biasanya disebabkan akibat paparan suhu panas, angin, atau dingin ekstrem pada bibir  dalam waktu lama. Kondisi ini biasanya menyerang orang-orang yang tinggal di iklim dengan suhu eksrem atau mereka yang bekerja di luar ruangan setiap hari. Selain rasa gatal, kondisi ini juga biasanya disertai dengan bibir yang pecah-pecah dan berdarah.

Kapan harus pergi ke dokter?

pergi ke dokter kandungan

Sebaiknya, segera konsultasikan ke dokter jika Anda mengalami salah satu dari beberapa gejala berikut ini, seperti:

  • Ruam yang tiba-tiba muncul dan menyebar dari bibir ke seluruh wajah.
  • Perdarahan tanpa henti pada bibir.
  • Bibir membengkak dengan sangat cepat.
  • Sulit bernapas.

Selain itu, jika bibir terus terasa gatal bahkan semakin tak tertahankan sebaiknya segera konsulasikan ke dokter. Jangan lupa beri tahu dokter mengenai obat, kosmetik, atau makanan yang baru saja Anda konsumsi untuk dilihat keterkaitannya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

6 Cara Cepat dan Alami Redakan Panas Dalam

Gejala panas dalam seperti sakit tenggorokan, sariawan, bibir kering, dan sembelit harus cepat diatasi. Ini dia pilihan obat panas dalam alami yang manjur.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan THT, Gangguan Tenggorokan 2 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Disentri

Definisi disentriDisentri adalah penyakit infeksi pada usus yang menyebabkan diare yang disertai darah atau lendir. Diare sendiri biasanya ditandai dengan sering BAB yang lembek atau cair.  Berdasarkan penyebabnya ...

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Pencernaan, Gangguan Pencernaan Lainnya 30 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit

Gatal Setelah Mandi? Beberapa Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Mandi bisa membuat kulit Anda bersih, tapi kadang kulit Anda akan gatal setelah mandi. Apa yang menyebabkan kondisi tersebut?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 28 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Berbagai Langkah Pencegahan Supaya Terhindar dari Gonore

Pencegahan gonore penting dilakukan demi kesehatan reproduksi Anda dan pasangan. Apa saja upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah gonore?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Kesehatan Seksual, Gonore 26 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

jamur enoki berbahaya

Jamur Enoki yang Tercemar Bakteri, Apa Bahayanya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 11 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
obat alami demam anak

Lebih Baik Kompres Dingin atau Hangat untuk Menurunkan Demam?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 10 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit
Penyebab Vagina Gatal

11 Penyebab yang Membuat Vagina Anda Terasa Gatal

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 5 Februari 2021 . Waktu baca 11 menit
infeksi bakteri helicobacter pylori

Infeksi Bakteri Helicobacter pylori

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 3 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit