home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Lidah Tertelan

Lidah Tertelan

Umumnya masalah yang menyerang lidah adalah sariawan pada lidah atau lidah tergigit saat berbicara atau makan. Kondisi ini saja kerap membuat Anda sulit berbicara, minum, dan merasakan makanan. Namun, tahukah Anda selain sariawan ada juga masalah lidah lainnya yang mungkin terjadi, yakni lidah tertelan. Memangnya, Anda bisa menelan lidah? Penasaran dengan kondisi ini? Yuk, simak penjelasan lengkapnya pada ulasan berikut ini!

Definisi lidah tertelan

Lidah tertelan bukan diartikan sebagai lidah yang masuk ke tenggorokan Anda. Kondisi ini adalah hal yang mustahil terjadi karena jaringan tubuh dengan kuat menghubungkan lidah ke mulut, mencegah seseorang untuk menelan lidahnya secara tidak sengaja, seperti dikutip dari laman Johns Hopkins Medicine.

Kondisi lidah tertelan atau swallow tongue (swallowing tongue) yang dimaksud adalah bergesernya lidah bagian belakang hingga menutup saluran pernapasan yang berada di tepat di bawah lidah. Meskipun istilah ini kadang menimbulkan dua arti, pada beberapa kasus sebutan swallowing tongue masih sering digunakan.

Istilah swallowing tongue juga bersinggungan dengan mitos yang menyebutkan bahwa seseorang mengalami kejang juga bisa menelan lidahnya. Padahal, sebenarnya pada saat kejang, lidah tidak akan tertelan, melainkan lidah tergigit atau bergeser posisinya sehingga menimbulkan luka pada lidah atau masaleah pernapasan.

Indra pengecap Anda memiliki jaringan panjang yang disebut frenulum lingual menghubungkan pangkal lidah ke bagian bawah mulut dan rahang bawah. Sambungan ini membuat lidah tidak bisa tertelan.

Seberapa umumkah kondisi ini?

Swallow tongue adalah istilah yang awam, tapi kasus ini bisa dibilang amat mungkin terjadi terutama di dunia olahraga. Salah contoh kasus ini menimpa pemain Martin Berkovec yang mengalami cedera mulut saat pertandingan bola.

Wajah Martin mendapat pukulan dari bola yang ditendang oleh pemain lain. Hal ini membuatnya pingsan karena kesulitan bernapas akibat swallowing tongue terjadi. Oleh karena itu, kondisi ini tidak terlalu asing di kalangan pemain bola maupun orang yang menyukai pertandingan bola.

Tanda-tanda dan gejala lidah tertelan

Pingsan hilang kesadaran

Gejala utama dari kondisi ini adalah bergesernya posisi lidah bagian belakang ke arah saluran napas di bawah lidah. Kondisi tersebut membuat jalan napas menjadi tertutup. Orang dengan kondisi ini akan terlihat kesulitan bernapas dan dalam beberapa saat juga bisa mengalami pingsan.

Kapan saya harus ke dokter?

Kondisi perlu pertolongan segera, karena saluran napasnya terhambat. Bila melihat kondisi ini, Anda bisa lakukan pertolongan pertama jika Anda mengetahuinya. Namun, bila tidak tahu, hubungi segera tim medis dengan nomor darurat 119 atau rumah sakit terdekat.

Penyebab lidah tertelan

latihan menangkap bola kiper

Ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan seseorang mengalami swallowing tongue seperti di bawah ini.

Cedera

Cedera menjadi penyebab swallow tongue yang paling umum, terutama ketika sedang berolahraga. Kebanyakan kasus terjadi pada pemain sepak bola. Lidah tertelah bisa terjadi akibat cedera pukulan benda atau tinju seseorang ke area mulut bagian depan.

Epilepsi

Berdasarkan studi tahun 2017 sebanyak 106 pengidap epilepsi mengisi kuesiner tentang cedera yang dialami ketika kambuh kejang. Hasilnya menunjukkan, sebanyak 52,45% pengidap mengalami cedera mulut selama serangan epilepsi, yang paling sering adalah masalah pada lidah, luka pada bibir, dan pipi.

Sisanya menjawab gigi retak dan patah gigi. Dari kuesioner tersebut, masalah yang sering menyerang lidah meliputi menggigit lidah atau menelan lidah.

Faktor-faktor dan risiko lidah tertelan

Bergesernya posisi lidah bisa terjadi pada siapa saja. Akan tetapi, orang-orang dengan faktor berikut kenungkinan memiliki risiko lebih besar.

Diagnosis dan pengobatan lidah tertelan

tertelan lidah
Sumber: Medcom Tek

Tidak ada tes kesehatan khusus untuk menegakkan diagnosis kondisi swallowing tongue. Namun, tim medis mungkin melakukan pemeriksaan fisik dengan mengecek kondisi lidah pada mulut pasien. Setelah pertolongan pertama dilakukan, dokter mungkin akan merekomendasikan tes pencitraan lebih lanjut untuk mengetahui ada tidaknya cedera lain ketika serangan terjadi.

Apa saja pilihan pengobatan lidah tertelan?

Bergesernya lidah yang menutup jalan napas bisa diatasi dengan chin lift manuever atau jaw manuever thrust. Jaw manuever thrust adalah metode untuk membuka jalan napas pasien yang kehilangan kesadaran, dan dicurigai mengalami trauma pada kepala, leher, atau tulang belakang.

Caranya, letakkan tangan pada tulang pipi pasien. Posisikan ibu jari Anda dekat dengan sudut mulut menuju dagu, tanpa menggerakan kepala atau leher pasien. Kemudian, angkat rahang pasien ke atas untuk membuka jalur pernapasan yang tertutup.

Tindakan ini bisa Anda lakukan jika memang sudah pernah melakukannya atau mendapatkan pelatihan. Ditekankan untuk tidak memindahkan pasien, sampai tim medis yang memang memiliki keterampilan evakuasi datang dan dilengkapi dengan tandu.

Fokus


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

tongue-swallowing. (n.d.) Medical Dictionary for the Health Professions and Nursing. (2012). Retrieved September 21 2021 from https://medical-dictionary.thefreedictionary.com/tongue-swallowing

The prevalence of orodental trauma during epileptic seizures in terms of dental treatment – Survey study. Gawlak, D., Łuniewska, J., Stojak, W., Hovhannisyan, A., Stróżyńska, A., Mańka-Malara, K., Adamiec, M., & Rysz, A. (2017). Neurologia i neurochirurgia polska51(5), 361–365. https://doi.org/10.1016/j.pjnns.2017.06.004

Experts, K. (Ed.). (n.d.). Your tongue (for kids) – nemours kidshealth. Retrieved September 21, 2021, from https://kidshealth.org/en/kids/tongue.html

Jones, C., Durham, T., & About The Author Cory Jones Cory is a graduate of the prestigious WEMSI school (Wilderness Emergency Medical Technician). (2019, June 27). Myths of football first aid – can you swallow your tongue? Retrieved September 21, 2021, from https://firstaidtrainingcooperative.co.uk/myths-of-football-first-aid-can-you-swallow-your-tongue/

Tonic-Clonic (Grand Mal) Seizures. (n.d.). Retrieved September 21, 2021, from https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/epilepsy/tonic-clonic-grand-mal-seizures

Pertolongan Pertama Gawat Darurat. Universitas Brawijaya. Retrieved September 21, 2021, from http://repo.stikesperintis.ac.id/1046/1/94%20Pertolongan%20Pertama%20Gawat%20Darurat%20PPGD.pdf

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 2 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.