home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Saatnya Beralih ke Pasta Gigi Khusus untuk Merawat Gigi Sensitif

Saatnya Beralih ke Pasta Gigi Khusus untuk Merawat Gigi Sensitif

Memiliki gigi sensitif bukanlah hal yang menyenangkan. Setiap kali makan atau minum dan bahkan saat membersihkan atau menyikat gigi, rasa ngilu seringkali muncul. Hal ini menjadi tanda bahwa sudah waktunya Anda perlu merawat gigi sensitif untuk mengurangi gejalanya dengan beralih ke pasta gigi khusus untuk gigi sensitif.

Apa perbedaan pasta gigi biasa dan pasta gigi untuk gigi sensitif?

kode warna pasta gigi

Dikutip dari Mayo Clinic, gigi sensitif biasanya disebabkan oleh terkikisnya enamel gigi atau akar gigi yang terekspos (tidak lagi tertutupi). Selain itu, American Dental Academy menuturkan beberapa penyebab lain yang bisa memicu gigi sensitif:

Untuk mencegah terjadinya gangguan pada gigi, Anda dianjurkan untuk rutin menjaga kebersihan dengan menggosok gigi minimal 2 kali dalam sehari.

Pasta gigi yang terdapat dipasaran bisa berbentuk pasta, gel, atau serbuk. Setiap pasta gigi biasanya memiliki kandungan khusus yang ditujukan untuk kondisi atau merawat gigi tertentu.

Pada dasarnya kandungannya hampir sama, tetapi pasta gigi khusus gigi sensitif memiliki beberapa kandungan untuk membantu mengurangi gejala ngilu yang sering dirasakan.

Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan ketika memilih pasta gigi adalah:

ADVERTISEMENT

  • Mencegah kerusakan. Fluoride adalah pencegah kerusakan alami yang membantu menjaga kekuatan enamel gigi, misalnya dalam melawan gigi berlubang. Tidak semua pasta gigi mengandung fluoride, jadi pastikan untuk memilih pasta yang mengandung mineral satu ini.
  • Menekan sensitivitas. Penderita gigi sensitif perlu memilih pasta gigi jenis ini karena di dalamnya mengandung senyawa yang bisa membantu mengurangi gigi sensitif.
  • Memutihkan. Jika Anda ingin mendapat efek lebih putih pada gigi, sekarang ini beberapa pasta gigi menyediakan kandungan yang tak hanya bisa memberikan perlindungan, tapi juga memutihkan gigi.

Kandungan penting dalam pasta gigi khusus gigi sensitif

pasta gigi gigi berlubang

Manfaat atau fungsi dari pasta gigi yang telah disebutkan di atas merupakan salah satu cara untuk merawat gigi sensitif. Namun pertanyaannya adalah, apa saja kandungan atau senyawa yang memberikan efek atau dampak tersebut?

Berikut lebih dalam memahami kandungan pasta gigi yang mampu membantu menenangkan saraf gigi yang ngilu, menutup area gigi yang menyebabkan ngilu, dan membantu menebalkan enamel gigi pada penderita gigi sensitif.

Potasium nitrat dan sodium flouride

Potasium nitrat sudah lama digunakan sebagai zat dalam pasta gigi sensitif karena efeknya dalam mengurangi sensitivitas. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan Journal of Clinical and Experimental Dentistry pada tahun 2012.

Studi ini menyertakan 15 pasien gigi sensitif dan diberikan pasta gigi mengandung 5% potasium nitrat, sodium fluoride, dan beberapa senyawa. Hasilnya menunjukkan bahwa pasta gigi dengan kandungan potasium nitrat secara signifikan menurunkan sensitivitas.

Oleh karena itu, penggunaan kedua senyawa ini efektif dalam mengurangi gejala seperti rasa ngilu yang sering muncul.

NovaMin (calcium sodium phosphosilicate)

NovaMin merupakan senyawa yang juga ditemukan pada pasta gigi khusus gigi sensitif. Bukan tanpa alasan, berdasarkan penelitian tahun 2010 oleh Armed Force Medical Center, kandungan NovaMin yang juga terdapat potasium nitrat dalam pasta gigi yang digunakan dalam penelitian ini membantu mengurangi sensitivitas setelah dua dan empat minggu pemakaian.

Bahkan penelitian ini menekankan pasta gigi dengan NovaMin lebih baik dalam mengurangi gejala gigi sensitif dibandingkan dengan yang tidak mengandung senyawa satu ini.

Selain kedua kandungan tersebut, pasta gigi sensitif sekarang ini juga memberikan efek menyegarkan, seperti daun mint. Selain mendapat perlindungan dan rasa ngilu bisa berkurang, mulut bisa terasa segar sepanjang hari. Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih pasta gigi dengan kandungan ini.

Gigi sensitif merupakan gangguan kesehatan yang tidak bisa disembuhkan secara instan. Anda perlu merawat gigi sensitif dengan rutin menggunakan media yang tepat, salah satunya pasta gigi sensitif. Jika merasa sensitivitas gigi tidak kunjung mereda, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter gigi.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Mayo Clinic. (2019). Treatments for sensitive teeth. Retrieved October 8, 2020, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/expert-answers/sensitive-teeth/faq-20057854#:~:text=When%20you%20have%20sensitive%20teeth

American Dental Association. (2019). What’s In Your Toothpaste? Retrieved October 8, 2020, from https://www.mouthhealthy.org/en/az-topics/t/toothpaste

American Dental Association. (n.d.). Sensitive Teeth – Heat and Cold Sensitivity. Retrieved October 8, 2020, from www.mouthhealthy.org website: https://www.mouthhealthy.org/en/az-topics/s/sensitive-teeth

Sharma, S., Shetty, NJ., & Uppoor, A. (2012). Evaluation of the clinical efficacy of potassium nitrate desensitizing mouthwash and a toothpaste in the treatment of dentinal hypersensitivity. Journal of Clinical and Experimental Dentistry, e28–e33. https://doi.org/10.4317/jced.50665

Sharma, Roy, Kakar, Greenspan, & Scott. (2010). A Clinical Study Comparing Oral Formulations Containing 7.5% Calcium Sodium Phosphosilicate (NovaMin), 5% Potassium Nitrate, and 0.4% Stannous Fluoride for the Management of Dentin Hypersensitivity. Retrieved October 8, 2020, from The Journal of clinical dentistry website: https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/21207920/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Roby Rizki Diperbarui 05/02/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto
x