home

Artikel Bersponsor

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

3 Tips Agar Gigi Sensitif Tidak Kambuh Lagi

3 Tips Agar Gigi Sensitif Tidak Kambuh Lagi

Jenis gangguan kesehatan pada gigi apapun dapat sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Biasanya keluhan yang dirasakan adalah rasa ngilu. Salah satu penyebab yang cukup umum ditemukan adalah gigi sensitif. Gigi sensitif cukup mengganggu Anda ketika makan atau minum. Apabila kondisi ini Anda alami, Anda perlu tahu bagaimana cara merawat gigi sensitif agar tidak sering kambuh.

Cara merawat dan mencegah gigi sensitif kambuh

gigi sensitif

Rasa sakit yang disebabkan gigi sensitif seringkali datang secara tiba-tiba. Ngilu akan muncul ketika gigi terkena suatu zat atau temperatur tertentu. Contohnya rasa ngilu muncul ketika Anda mengonsumsi makanan panas atau minuman dingin.

Dengan alasan tersebut, gigi sensitif perlu dirawat untuk mengurangi dan menekan ngilu agar tidak sering kambuh. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk merawat gigi sensitif.

Menjaga kesehatan enamel untuk merawat gigi sensitif

Gigi sensitif dapat disebabkan akibat terkikisnya enamel gigi. Enamel gigi merupakan pelindung keras yang membantu gigi menghadapi berbagai jenis makanan atau minuman. Ketika terkikis, saraf tepi menjadi terekspos sehingga menyebabkan ngilu. Untuk mencegah sekaligus merawat gigi sensitif karena enamel gigi terkikis, hal yang dapat Anda lakukan adalah:

  • Jangan menggosok gigi terlalu keras
  • Hindari makanan dan minuman yang mengandung asam, seperti soda dan permen
  • Hindari melakukan perawatan pemutihan gigi

Gunakan pasta gigi khusus gigi sensitif

Pasta gigi khusus untuk gigi sensitif pada umumnya mengandung bahan-bahan yang aman bagi kesehatan gigi dan gusi. Selain itu, komposisi dari kandungan yang ada di dalam pasta gigi tersebut dapat membantu mengurangi rasa ngilu pada gigi sensitif.

Anda juga dapat memilih pasta gigi dengan kandungan herbal seperti eucalyptus dan fennel yang aman digunakan. Selain mengurangi rasa ngilu, pasta gigi herbal dapat membantu menyegarkan napas juga.

Lalu, pilih sikat gigi dengan bulu yang lembut dan bersihkan gigi secara perlahan. Dengan memilih produk perawatan secara tepat, Anda dapat membantu mengurangi rasa ngilu akibat gigi sensitif.

Mengatasi kondisi kesehatan penyebab gigi sensitif

penyebab gigi sensitif

Terkadang gigi sensitif merupakan gejala dari kondisi kesehatan dalam mulut dan gigi sehingga Anda perlu merawat kondisi yang menyebabkan gugi menjadi sensitif. Di antaranya seperti:

Penyusutan gusi secara alami

Penyusutan gusi biasanya terjadi ketika menginjak usia 40 tahun yang mengakibatkan akar gigi tidak terlindungi. Akar gigi tidak memiliki enamel sehingga lebih sensitif dan akan menyebabkan ngilu jika terpapar suatu zat. Anda perlu segera menemui dokter jika mengalami kondisi ini.

Penyakit gusi

Penyakit gusi dapat muncul akibat penumpukan plak dan karang gigi. Gusi yang tertarik atau menyusut bisa menjadi penyebabnya. Untuk mengatasinya, dokter mungkin perlu merawat gigi sensitif dan mencegah penyakit gusi dengan cara scaling atau bahkan mungkin perlu pengobatan.

Retak pada gigi

Retakan dapat memanjang hingga akar gigi sehingga Anda dapat merasakan ngilu ketika berada pada suhu rendah atau dingin. Anda perlu berkonsultasi pada dokter untuk mengatasi gigi retak.

Gigi masih dapat ditambal apabila retakan tidak terlalu parah, tapi jika sudah melewati batas garis gusi, dokter mungkin akan mencabut gigi Anda.

Gigi sensitif cukup umum ditemukan dan dapat terjadi pada siapa saja. Rasa ngilu yang ditimbulkan mungkin akan sangat mengganggu, misalnya seperti saat Anda mengonsumsi makanan.

Lakukan beberapa cara merawat gigi sensitif yang sudah dijelaskan di atas dengan tujuan untuk mencegah dan mengurangi ngilu.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Wyatt Jr., DMD, A. D. (Ed.). (2018). What Can You Do About Sensitive Teeth? Retrieved March 30, 2020, from https://www.webmd.com/oral-health/guide/tooth-sensitivity#1

Gotter, A. (2018). Sensitive Teeth: Causes, Symptoms, Treatments, and More. Retrieved March 30, 2020, from https://www.healthline.com/health/sensitive-teeth#7

Burgess, L. (2019). Home remedies for sensitive teeth plus causes and prevention. Retrieved March 30, 2020, from https://www.medicalnewstoday.com/articles/324731#common-causes

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Roby Rizki Diperbarui 05/06/2020
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto
x