Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Apa Efeknya Kalau Pakai Insulin yang Sudah Kedaluwarsa?

Apa Efeknya Kalau Pakai Insulin yang Sudah Kedaluwarsa?

Insulin bisa menjadi obat andalan bagi pengidap diabetes tipe 1 untuk membantu mengendalikan gula darah. Namun sama seperti jenis obat lainnya, insulin lama-lama bisa basi. Lantas, apa efeknya jika tetap pakai insulin kedaluwarsa?

Apa jadinya jika tetap pakai insulin kedaluwarsa?

Pada dasarnya, memakai obat yang kedaluwarsa atau basi membuat efek pulih dari obat jadi kurang manjur, begitu pula dengan insulin.

Tubuh Anda mungkin tidak langsung bereaksi dalam beberapa hari pertama setelah pemakaian insulin yang sudah basi.

Namun, lambat laun insulin yang sudah basi tidak akan bekerja sebaik mestinya untuk mengontrol gula darah.

Pada akhirnya, pakai insulin kedaluwarsa membuat gula darah Anda makin melonjak naik atau justru naik-turun tidak terkontrol.

Hal ini terjadi karena zat obat insulin telah rusak sehingga efektivitasnya jadi menurun.

Selain itu, efek samping lain yang timbul pada pasien diabetes akibat memakai insulin kedaluwarsa, yakni:

  • pembengkakan lengan dan kaki,
  • berat badan naik,
  • reaksi di area suntikan,
  • gula darah turun drastis, dan
  • perubahan kulit di tempat suntikan (lipodistrofi).

Dalam kasus yang lebih parah, mengutip studi terbitan Clinical Diabetes (2016), suntik insulin kedaluwarsa bisa menyebabkan kondisi bernama ketoasidosis diabetik.

Ketoasidosis diabetik adalah kondisi darah yang terlalu asam akibat senyawa keton. Kondisi ini muncul saat tubuh tidak mendapatkan insulin yang mencukupi.

Saat insulin terlalu rendah, tidak bisa memecah gula darah menjadi energi. Akhirnya, tubuh pun memilih memecah lemak sebagai sumber energi.

Proses ini akan menghasilkan keton yang bisa membuat darah terlalu asam. Ketoasidosis diabetik bisa menyebabkan Anda mengalami kondisi berikut.

  • Haus parah.
  • Buang air kecil terus-menerus.
  • Mual dan muntah.
  • Sakit perut.
  • Lelah dan lemas.
  • Napas pendek.
  • Napas bau asam.
  • Kebingungan.

Oleh sebab itu, pastikan Anda selalu cek dan mengingat tanggal kedaluwarsa pada insulin sebelum digunakan.

Insulin yang sudah rusak sebaiknya dibuang

insulin degludec

Semua obat memiliki tanggal kedaluwarsa, termasuk insulin.

Tanggal habis pakai pada insulin dibuat untuk memberi tahu pengguna bahwa produk tersebut hanya efektif digunakan sampai batas waktu yang telah ditentukan.

Lewat dari tanggal kedaluwarsa, maka potensi insulin yang terkandung di dalamnya makin berkurang hingga hilang sama sekali.

Tak hanya itu, perubahan komposisi kimia yang terkandung di dalam insulin juga dapat menyebabkan kemunculan efek samping yang berbeda dan tidak diinginkan dalam tubuh Anda.

Meski tidak semua obat insulin yang lewat tanggal kedaluwarsa kondisinya masih tampak bagus, sebaiknya jangan lagi digunakan.

Segera buang ke tempat sampah dan belilah persediaan insulin yang baru.


Anda atau keluarga hidup dengan diabetes?

Anda tidak sendiri. Ayo gabung bersama komunitas pasien diabetes dan temukan berbagai cerita bermanfaat dari pasien lainnya. Daftar sekarang!


Cara tepat menyimpan insulin agar tidak cepat rusak

Insulin harus disimpan dengan cara yang tepat agar tidak cepat kedaluwarsa. Inilah cara penyimpanan yang tepat.

1. Letakkan di dallam kulkas

Idealnya, insulin yang masih tersegel rapat harus disimpan di dalam kulkas dengan temperatur antara 2–8º Celsius.

Mengutip situs Diabetes Action Network, suhu insulin yang sejuk akan mempertahankan kadar protein di dalamnya sehingga tidak mudah rusak.

Jika protein insulin rusak akibat suhu, bakteri akan tumbuh dan memecah protein insulin sehingga tak lagi bekerja dengan baik.

Selama kemasan belum dibuka, insulin dapat bertahan hingga masa kedaluwarsa berakhir.

2. Jangan bekukan insulin

efek samping insulin

Jangan simpan insulin segel di dalam lemari pembeku (freezer) atau dekat dengan kompartemen freezer.

Insulin yang membeku sudah tidak bisa digunakan lagi meskipun nantinya dicairkan.

Jika tidak memungkinkan bagi Anda menyimpan insulin baru dan masih tersegel di dalam kulkas, boleh saja menyimpannya di tempat lain asal pada suhu ruangan.

Sebagai contoh, simpan di kotak obat di atas meja rias atau di atas meja makan.

Namun, insulin yang disimpan pada suhu ruangan, baik yang masih tersegel maupun sudah dibuka, hanya dapat digunakan hingga 28 hari.

3. Hindari meletakkan insulin yang sudah dibuka ke kulkas

Insulin yang sudah dibuka tidak direkomendasikan untuk disimpan di dalam kulkas. Beda jenis insulin mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda.

Itu sebabnya, pastikan Anda selalu membaca petunjuk pemakaian dan penyimpanan insulin yang tercantum pada kemasannya.

Insulin kedaluwarsa akan mengurangi efektivitasnya dalam mengendalikan gula darah.

Untuk itu, selalu simpan insulin dengan benar dan baca petunjuk kemasan.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Verifying...

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Can you take expired insulin? – SidmartinBio. (2021). Retrieved 6 April 2022, from https://www.sidmartinbio.org/can-you-take-expired-insulin/#What_happens_if_insulin_is_out_of_date

Diabetic ketoacidosis: MedlinePlus Medical Encyclopedia. (2022). Retrieved 6 April 2022, from https://medlineplus.gov/ency/article/000320.htm

Diabetic ketoacidosis – Symptoms and causes. (2022). Retrieved 6 April 2022, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/diabetic-ketoacidosis/symptoms-causes/syc-20371551

Trief, P., Cibula, D., Rodriguez, E., Akel, B., & Weinstock, R. (2016). Incorrect Insulin Administration: A Problem That Warrants Attention. Clinical Diabetes, 34(1), 25-33. doi: 10.2337/diaclin.34.1.25

Storage and Expiry of Insulins. (2022). Retrieved 6 April 2022, from https://www.herefordshireccg.nhs.uk/your-services/medicines-optimisation/prescribing-guidelines/diabetes/1914-insulin-expiries-reference-guide-april-2018/file

Grajower, M., Fraser, C., Holcombe, J., Daugherty, M., Harris, W., & De Felippis, M. et al. (2003). How Long Should Insulin Be Used Once a Vial Is Started?. Diabetes Care, 26(9), 2665-2669. doi: 10.2337/diacare.26.9.2665

Information Regarding Insulin Storage and Switching Between Products in an Emergency | FDA. (2018). Retrieved 6 April 2022, from https://www.fda.gov/drugs/emergency-preparedness-drugs/information-regarding-insulin-storage-and-switching-between-products-emergency

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Risky Candra Swari Diperbarui 3 weeks ago
Ditinjau secara medis oleh dr. Jimmy Tandradynata, Sp.PD