Glukosa Darah (Tes Di Rumah)

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 7 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
Bagikan sekarang

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Definisi

Apa itu glukosa darah (tes di rumah)?

Tes glukosa darah di rumah mengukur jumlah sejenis gula (yang disebut glukosa) dalam darah pada waktu tes. Tes bisa dilakukan di dalam rumah atau di manapun, menggunakan mesin portabel kecil yang disebut meteran glukosa darah. Tes gula darah di rumah bisa berguna untuk mengawasi kadar gula darah. Bicarakan dengan dokter tentang seberapa sering Anda harus memeriksa kadar gula darah. Seberapa sering Anda harus memeriksakannya tergantung pengobatan diabetes, seberapa baik diabetes terkontrol, dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Orang yang menggunakan insulin untuk mengontrol diabetes mungkin perlu memeriksa kadar gula darah sesering mungkin. Tes gula darah di rumah sering disebut pengawasan atau tes diri sendiri kadar gula darah.

Jika Anda jarang atau sama sekali tidak menggunakan insulin, tes gula darah dapat sangat membantu dalam belajar tentang bagaimana tubuh bereaksi terhadap makanan, penyakit, stres, olahraga, obat-obatan, dan aktivitas lainnya. Tes sebelum dan sesudah makan bisa membantu Anda menyesuaikan apa yang Anda makan. Beberapa jenis meteran glukosa bisa menyimpan ratusan data hasil tes glukosa Anda. Ini akan memudahkan Anda mengulas hasil glukosa yang terkumpul sepanjang waktu dan memprediksi kadar glukosa pada saat tertentu, serta mengamati perubahan utama apapun dalam kadar glukosa dengan cepat. Beberapa sistem ini juga bisa mentransfer informasi ke dalam komputer sehingga bisa diubah menjadi grafik atau bentuk yang mudah dianalisis lainnya.

Beberapa model meteran glukosa yang lebih baru dapat berkomunikasi dengan pompa insulin. Pompa insulin adalah mesin yang mengirimkan insulin sepanjang hari. Meter membantu memutuskan berapa banyak insulin yang Anda perlukan untuk menjaga kadar gula darah dalam target jangkauan.

Kapan saya harus menjalani glukosa darah (tes di rumah)?

Dokter akan menasihati Anda tentang seberapa sering Anda harus memeriksa kadar gula darah. Umumnya, frekuensi tes tergantung tipe diabetes yang Anda alami dan rencana pengobatan.

  • Diabetes tipe 1. Dokter mungkin menyarankan tes gula darah sebanyak 4-8 kali sehari jika Anda memiliki diabetes tipe 1. Anda mungkin perlu tes sebelum makan dan ngemil, sebelum dan sesudah olahraga, sebelum tidur, dan sesekali selama malam hari. Anda mungkin juga harus lebih sering memeriksa kadar gula darah jika Anda sakit, mengubah rutinitas harian atau memulai pengobatan baru.
  • Diabetes tipe 2. Jika Anda menggunakan insulin untuk mengatasi diabetes tipe 2, dokter mungkin menyarankan tes gula darah dua atau lebih kali sehari, tergantung tipe dan jumlah insulin yang Anda perlukan. Tes biasanya disarankan sebelum makan, dan terkadang sebelum tidur. Jika Anda mengatur diabetes tipe 2 dengan pengobatan non-insulin atau dengan diet dan olahraga sendiri, Anda mungkin tidak perlu memeriksa kadar gula darah setiap hari.

Pencegahan & peringatan

Apa yang harus saya ketahui sebelum menjalani glukosa darah (tes di rumah)?

Jika Anda merasa hasil tes dari meter berbeda dengan apa yang Anda harapkan, ulangi tes. Kunjungan prenatal rutin dan pengawasan glukosa darah di rumah secara teratur sangat penting bagi wanita hamil dengan diabetes. Wanita yang menjaga kadar gula darah dalam jangkauan yang disarankan meningkatkan peluang memiliki bayi yang lebih sehat dan mengurangi peluang memiliki komplikasi yang terkait dengan diabetes. Tes urin mungkin digunakan untuk memeriksa kondisi serius bernama ketoacidosis diabetes. Darah juga bisa diperiksa untuk keton.

Proses

Apa yang harus saya lakukan sebelum menjalani glukosa darah (tes di rumah)?

Tes gula darah membutuhkan alat elektrik kecil bernama meteran glukosa. Meteran akan membaca jumlah gula dalam sedikit sampel darah, biasanya dari ujung jari, yang Anda tempatkan di atas stik sekali pakai. Anda harus berdiskusi dengan dokter atau ahli diabetes untuk alat yang lebih sesuai. Anda juga harus bertanya kepada dokter atau ahli diabetes untuk mengajarkan Anda cara menggunakan meter.

Bagaimana proses glukosa darah (tes di rumah)?

Instruksi tes sedikit berbeda pada setiap model meter glukosa darah di rumah. Untuk hasil yang akurat, ikuti instruksi untuk meter dengan hati-hati. Ketika memeriksa gula darah dengan meter glukosa darah di rumah:

  • cuci tangan dengan air sabun hangat. Keringkan dengan baik dengan handuk bersih
  • pasang jarum bersih (lancet) ke dalam alat lancet. Alat lancet adalah penahan lancet seukuran pena, yang menahan, mengatur posisi, dan mengontrol kedalaman jarum yang masuk ke dalam kulit
  • keluarkan stik tes dari botolnya. Tutup kembali botol dengan segera setelah mengeluarkan stik untuk mencegah kelembapan mempengaruhi stik lainnya. Stik kadang-kadang disimpan di dalam meteran.
  • siapkan meteran gula darah (glukosa meter). Ikuti instruksi yang terdapat dalam meteran
  • Gunakan alat lancet untuk menusuk sisi sidik jari dengan lancet. Jangan menusuk ujung jari; tusukan akan lebih menyakitkan dan Anda mungkin tidak mendapatkan cukup darah untuk tes secara akurat. Beberapa meteran gula darah yang baru sudah menggunakan alat lancet yang bisa mendapatkan sampel darah dari tempat selain jari, misalnya dari telapak tangan atau lengan atas
  • teteskan darah di titik yang tepat pada stik
  • gunakan bola kapas yang bersih, tekan di mana Anda menusukkan jarum di jari (atau tempat lain) untuk menghentikan perdarahan
  • ikuti arahan dengan meteran gula darah untuk mendapatkan hasil. Beberapa meteran hanya membutuhkan waktu beberapa detik untuk memberikan hasil.

Apa yang harus saya lakukan setelah menjalani glukosa darah (tes di rumah)?

Anda bisa menulis hasil dan waktu tes darah. Namun, kebanyakan meteran akan menyimpan hasil selama beberapa hari atau minggu, jadi Anda bisa mengecek ulang dan mendapatkannya. Anda dan dokter akan menggunakan catatan ini untuk melihat seberapa sering kadar gula darah berada dalam jangkauan yang disarankan. Dokter juga akan menggunakan hasil untuk memutuskan apakah perubahan obat diabetes (insulin atau pil) diperlukan.

Buang lancet dengan aman setelah menggunakannya. Jangan buang ke dalam tempat sampah rumah. Lancet yang dibuang sembarangan mungkin secara tidak sengaja menusuk seseorang. Buang lancet ke dalam kontainer plastik, misalnya botol sabun kosong. Segel tempat jika hampir ¾ penuh. Periksakan dengan agen pembuangan sampah lokal tentang cara membuang lancet yang benar. Beberapa agen memiliki instruksi khusus tentang pembuangan sampah medis. Terkadang kantor dokter akan membuang lancet untuk Anda.

Penjelasan dari Hasil Tes

Apa arti hasil tes yang saya dapat?

Jangkauan di bawah ini menjelaskan di mana kadar gula darah yang seharusnya sepanjang hari. Jangkauan kadar gula darah yang ideal mungkin berbeda dari orang lain dan akan berubah sepanjang hari.

Untuk orang yang tidak hamil dengan diabetes:

  • 70 mg/dl (3,9 mmol/l) sampai 130 mg/dl (7,2 mmol/l) sebelum makan
  • kurang dari 180 mg/dl (10 mmol/l) 1-2 jam setelah mulai makan

Untuk wanita dengan diabetes yang terkait dengan kehamilan (diabetes gestasi):

  • 95 mg/dl (5,3 mmol/l) atau kurang, sebelum sarapan
  • 140 mg/dl (7,8 mmol/l) atau kurang, 1 jam setelah mulai makan, atau 120 mg/dl (6,7 mmol/l) atau kurang dari 2 jam setelah mulai makan

Banyak kondisi bisa mengubah kadar gula darah. Dokter akan mendiskusikan hasil abnormal yang menonjol dengan Anda berhubungan dengan gejala dan kondisi kesehatan masa lampau Anda.

Tanyakan dokter tentang target jangkauan gula darah, dan buat rencana cara menangani hasil gula darah yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dan kapan harus menghubungi dokter.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenali 5 Tanda-Tanda Bayi Akan Lahir Dalam Waktu Dekat

Sekitar 1-4 minggu sebelum persalinan, Anda akan mulai merasakan sejumlah perubahan tubuh yang menjadi tanda bayi akan lahir dalam waktu dekat. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Persiapan Melahirkan, Melahirkan, Kehamilan 22 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Pedoman Jadwal MPASI Bayi 6-11 Bulan yang Paling Ideal

Memasuki usia 6 bulan, MPASI akan diberikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Jadi, mari pahami jadwal MPASI 6 bulan ini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Bayi, Gizi Bayi, Parenting 22 Januari 2021 . Waktu baca 10 menit

Belum Waktunya Haid Tapi Muncul Bercak Kecokelatan, Apa Penyebabnya?

Kemunculan flek cokelat sebelum haid bisa berarti banyak hal. Kenali arti kemunculannya dalam ulasan berikut ini untuk tahu langkah yang perlu dilakukan.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan Wanita, Penyakit pada Wanita 22 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Cara Membedakan Sakit Pinggang Karena Haid dan Hamil

Wanita lebih rentan mengalami sakit pinggang saat haid dan mengandung. Namun, tahukah Anda apa perbedaan antara gejala sakit pinggang saat haid dan hamil?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Kesehatan Wanita, Menstruasi 22 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

penis bengkok

Bisakah Penis yang Bengkok Diluruskan Kembali?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
susah sendawa

Susah Sendawa Bikin Perut Makin Terasa Kembung, Begini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor
mencegah sariawan

Lakukan Hal Ini untuk Mencegah Sariawan di Masa Pandemi

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Nadhila Erin
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
penyebab perut buncit pria

8 Penyebab Perut Buncit yang Sering Kali Tidak Disadari

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit