Perhatikan Hal ini Sebelum Membeli Alat Cek Gula Darah (Glukometer)

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 28 September 2020 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Orang dengan diabetes melitus pasti sudah akrab dengan alat cek gula darah. Pasalnya, alat ini sangat penting untuk memantau kadar glukosa darah Anda. Banyak jenis alat pengukur gula darah yang tersedia di pasaran. Lantas, mana yang terbaik? Jika Anda bingung, berikut adalah panduan untuk memilih alat cek gula darah dengan hasil paling akurat dan tentunya praktis digunakan.

Apa itu alat ukur gula darah?

baca hasil cek gula darah

Glukometer atau alat cek gula darah adalah perangkat digital yang berfungsi menghitung kadar glukosa di dalam darah. Bentuknya yang kecil dan mudah dibawa memungkinkan penggunanya membawa alat ini ke mana pun sehingga pemantauan kadar gula darah dapat tetap bisa terus dilakukan.

Pemeriksaan kadar gula darah secara menerus melalui glukometer membantu seseorang mengendalikan kadar gula darahnya agar selalu dalam batas gula darah normal. Menurut American Diabetes Association, pengukuran kadar gula darah secara rutin sangat penting dalam menentukan kesuksesan pengobatan diabetes melitus.

Naik dan turunnya kadar gula darah penderita diabetes dapat dipengaruhi oleh berbagai hal, seperti pola makan, olahraga, obat-obatan seperti insulin, ataupun stres yang tidak terkelola dengan baik.

Penderita diabetes melitus (diabetesi) diharuskan memeriksa gula darahnya beberapa kali dalam sehari. Oleh karena itu, diabetesi sebaiknya memang memiliki glukometer sendiri.

Bagi Anda yang sehat atau memiliki prediabetes, pengukuran dengan alat cek gula darah juga penting dilakukan untuk mewaspadai jika sewaktu-waktu kadar gula darah naik drastis (hiperglikemia) atau bahkan turun terlalu rendah (hip0glikemia).

Memahami Cara Cek Gula Darah Sendiri di Rumah dan Kapan Waktu Terbaiknya

Tips membeli dan memilih alat cek gula darah

Ada banyak jenis alat cek gula darah yang tersedia di pasaran, mulai dari alat yang hanya membaca hasil pemeriksaan gula darah sampai versi lebih canggih yang mana menawarkan fitur memori untuk menyimpan informasi. Dengan begitu, Anda bisa menyimpan hasil pengukuran gula darah Anda dari waktu-ke waktu.

Alat pengukur gula darah dengan fitur yang lebih canggih memang harganya yang lebih mahal. Meskipun canggih, harga tetap perlu dipertimbangkan. Begitupun dengan biaya jangka panjangnya.

Pelajari apa saja fitur yang disediakan dalam berbagai produk alat cek gula darah. Sebelum memutuskan untuk membeli perangkat alat gula darah untuk cek gula darah di rumah, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan beberapa hal berikut ini.

1. Harga

Pilihlah glukometer yang memiliki harga terjangkau dengan kualitas terbaik. Dengan begitu, alat menjadi lebih tahan lama dan memberikan hasil pengukuran akurat. Ingat juga, sejumlah perangkat memiliki strip yang dijual secara terpisah dan strip perlu diisi ulang. Biaya untuk pembelian strip secara berkala ini juga harus Anda pertimbangkan.

2. Kemudahan penggunaan dan perawatan

Banyaknya jenis alat pemeriksaan gula darah membuat masing-masing perangkat tersebut memiliki perbedaan dalam pengoperasiannya. Pastikan untuk memilih alat tes yang mudah digunakan dan mudah dirawat.

Indikatornya adalah hasil tes dapat terlihat dengan jelas pada layar, ukurannya yang mudah dibawa, strip pemngukuran mudah didapatkan, dan seberapa banyak darah yang dibutuhkan untuk melakukan pengecekan.

Jika Anda sering bepergian dan akan sering membawa alat ini, pilihlah alat cek gula darah yang lebih kecil dan mudah dibawa.

4. Penyimpanan data

Data hasil pengukuran dari alat cek gula darah berguna untuk mengevaluasi apakah pengendalian kadar gula darah yang Anda lakukan telah berjalan dengan baik

Oleh karena itu, pelajari bagaimana glukometer menyimpan data. Alat yang memiliki fitur penyimpanan data secara otomatis tentunya akan lebih mempermudah Anda. Sebagian besar glukometer kini sudah memiliki fitur memori untuk menyimpan data hasil pengukuran gula darah.

5. Fitur khusus

Terdapat beberapa glukometer yang memiliki fitur-fitur khusus, misalnya tombol yang lebih besar atau layar yang dapat menyala sehingga memudahkan Anda untuk melihatnya dalam keadaan gelap. Ada juga yang memiliki fitur audio untuk membacakan hasil pengukuran. Sesuaikan fitur dari alat cek gula darah dengan kebutuhan Anda

Bisakah glukometer memberikan hasil yang keliru?

cek kadar gula darah

Sejauh ini, glukometer dapat memberikan hasil yang cukup akurat dalam mengukur kadar gula darah. Meski begitu, hasil yang ditampilkan pada layar bisa saja salah dikarenakan beberapa alasan.

Keakuratan hasil tes tergantung pada sejumlah faktor, termasuk kualitas alat dan strip, serta cara penggunaan alat. Berikut adalah faktor-faktor yang dapat memengaruhi hasil pengukuran dari alat cek gula darah.

1. Kesalahan penggunaan

Kesalahan penggunaan masih menjadi alasan nomor satu untuk hasil pengukuran yang tidak akurat. Pastikan Anda memahami dengan benar mengenai penggunaan alat tes ini. Berdiskusilah dengan dokter Anda mengenai cara yang tepat membaca serta menggunakan alat tes gula darah Anda.

2. Pengambilan sampel darah dari jari yang kotor

Pengambilan sampel darah untuk pengecekan kadar gula darah biasanya dilakukan di ujung jari. Jari yang tidak steril, seperti tertinggalnya sisa makanan, minuman, atau pelembap dapat memengaruhi hasil pemeriksaan glukometer. Pastikan Anda membersihkan menggunakan tisu beralkohol dan membiarkannya kering sebelum mengambil sampel darah ke strip pengukur.

3. Keadaan lingkungan

Kelembapan dan suhu sekitar dapat memengaruhi pengukuran alat pengukur gula darah Anda. Tubuh Anda atau mungkin strip yang Anda gunakan dapat terpengaruh akibat keadaan lingkungan. Beberapa glukometer menyediakan instruksi mengenai cara penggunaan alat tes tersebut pada situasi tertentu. Pastikan Anda membacanya secara saksama.

4. Test strip glukometer tidak sesuai

Harga strip pengukur bisa jadi mahal sehingga Anda mungkin mencari alternatif lainnya yang lebih murah. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua strip bisa digunakan untuk glukometer, selain strip bawaannya.

Hal ini tentu dapat memengaruhi pembacaan hasil pemeriksaan gula darah. Pastikan pula strip yang Anda gunakan belum habis masa berlakunya.

Untuk memastikan hasil pembacaan yang akurat, bacalah petunjuk yang disediakan oleh dalam kemasan. Anda juga bisa membawa alat pengukur Anda ke dokter dan memintanya mengajarkan penggunaan dasar alat ini.

Coba bandingkan juga hasil pemeriksaan Anda dengan alat cek gula darah yang ada di klinik atau rumah sakit. Hal ini akan membantu Anda untuk memastikan seberapa akurat hasil pengukuran dari glukometer yang Anda miliki.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Efek Makan Mi untuk Penderita Diabetes dan Tips Aman Mengonsumsinya

Meski populer, mi instan sering dicap sebagai makanan tidak sehat. Lantas, apakah diabetesi boleh makan mie instan? Jika boleh, bagaimana tips amannya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit Diabetes, Diabetes Tipe 2 22 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

5 Penyakit yang Banyak Menyerang Lansia di Indonesia

Semakin bertambah usia seseorang, pada umumnya semakin banyak penyakit yang diderita. Apa saja penyakit pada lansia yang sering terjadi?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Hidup Sehat, Tips Sehat 12 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

Begini Trik Mudah untuk Mengurangi Konsumsi Gula

Mengurangi gula tak semudah berhenti minum teh pakai gula atau menghindari makan cake. Ada banyak makanan sehari-hari yang ternyata mengandung gula tinggi.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Tips Sehat 12 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Kanker Tiroid

Kanker tiroid dapat terjadi baik dengan atau tanpa gejala. Supaya lebih mengenal gejala, penyebab, dan pengobatannya, simak ulasannya berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kanker, Penyakit Kanker Lainnya 5 Oktober 2020 . Waktu baca 10 menit

Direkomendasikan untuk Anda

10 Cara Ampuh Mencegah Penyakit Jantung dan Kekambuhannya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 21 November 2020 . Waktu baca 12 menit
Konten Bersponsor
mencegah diabetes sejak dini

3 Langkah Lindungi Keluarga untuk Mencegah Diabetes Sejak Dini

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 20 November 2020 . Waktu baca 5 menit
Konten Bersponsor
mencegah diabetes pada keluarga

Ibu, Ini Cara Cegah Risiko Diabetes pada Keluarga Tercinta Sejak Dini

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 20 November 2020 . Waktu baca 11 menit
bisul atau abses

Bisul

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 9 November 2020 . Waktu baca 10 menit