🔥 Diskusi Menarik

Tanya drg. Maurany Seputar Kesehatan Gigi & MulutTanya drg. Maurany Seputar Kesehatan Gigi & Mulut
Mulai14/04/2024
Berakhir30/06/2024

Tanya drg. Maurany Seputar Kesehatan Gigi & Mulut

Kebanyakan orang pernah merasakan sakit gigi. Terkadang, sakitnya hanya muncul sesaat lalu menghilang dengan sendirinya. Namun, sakit gigi juga bisa berlangsung cukup lama dan tak kunjung sembuh walau sudah minum obat pereda nyeri.


Apa penyebabnya, ya?


Kamu punya pertanyaaan seputar sakit gigi dan kesehatan gigi & mulut lainnya?


Yuk tanya drg. Maurany di Komunitas Gigi & Mulut Hello Sehat.

2
42k
4 komen

4 komentar

Dokter, gigi saya sakit, bagian belakang dekat tenggorokan.itu giginya sudah habis tinggal bagian bawah, rasanya nut....nut..

Gusinya juga sakit.obat gigi apa yang paling manjur dok.

1 bulan yang lalu
Suka
Balas
@drg. Maurany Annisa Haque

Terima kasih dok,ini sangat bermanfaat

1 bulan yang lalu
Suka
Balas

Halo @Cerina peres, terima kasih atas pertanyaannya.


Gigi yang sudah habis dan tinggal bagian bawah nya, kemungkinan adalah kondisi sisa akar gigi ya. Kondisi gigi sisa akar umumnya didahului dari gigi yang karies atau berlubang dan tidak segera ditambal, sehingga menyebabkan infeksi bakteri penyebab gigi berlubang, salah satunya Steptococcus mutans, berlanjut mengnvasi hingga ke lapisan gigi yang terdalam, yaitu pulpa yang berisi saraf gigi dan pembuluh darah. Kondisi ini akan menyebabkan keradangan pada pulpa, yang disebut Pulpitis irrervesible, ditandai dengan munculnya rasa sakit spontan dan terus menerus, bahkan pada beberapa kasus yang lebih parah rasa sakit dapat menyebar ke gigi-gigi di sekitarnya, ke kepala, leher, telinga, atau pundak.


Infeksi yang telah mengenai pulpa juga dapat mempengaruhi vitalitas gigi dan mengganggu suplai darah serta nutrisi pada gigi. Akibatknya gigi akan mengalami kematian atau disebut nekrosis dan mahkota gigi menjadi lebih rapuh, sehingga keropos sedikit demi sedikit hingga menyisakan akar gigi saja. Kondisi sisa akar ini merupakan fokus infeksi, karena bakteri yang berkembang biak pada saluran akar gigi dapat keluar ke jaringan lain, seperti jaringan pendukung gigi (jaringan periodontal) yang tdd gusi, sementum, ligamen periodontal, dan tulang alveolar. Komplikasi lain adalah bakteri dapat masuk ke sirkulasi darah sistemik dan menyebabkan infeksi pada organ yang lain. Pada kondisi sisa akar gigi, tindakan perawatan umumnya adalah dilakukan pencabutan gigi, selanjutnya pasca pencabutan gigi, Anda perlu membuat gigi tiruan, untuk mengembalikan fungsi pengunyahan, fungsi bicara, dan estetika.


Untuk saat ini, berikut hal-hal yang dapat diterapkan di rumah untuk mengurangi keluhan Anda :

  1. Menjaga kebersihan rongga mulut dengan menyikat gigi 2 kali sehari, yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur
  2. Gunakan pasta gigi mengandung fluoride dan bulu sikat yang lembut
  3. Sikat gigi dengan tekanan ringan dan dengan gerakan vertikal dari arah gusi ke gigi
  4. Gunakan benang gigi untuk membersihkan daerah sela antar gigi.
  5. Dapat menggunakan obat kumur yang mengandung antiseptik
  6. Istirahatkan gigi yang dikeluhkan dari gerakan menggigit dan mengunyah sementara waktu.
  7. Konsumsi makanan yang halus dan lunak
  8. Hindari makanan/minuman yang terlalu panas/dingin/manis/asam untuk mengurangi rangsangan pada gigi
  9. Mulai pola hidup sehat dengan menghindari merokok dan minuman beralkohol dan perbanyak konsumsi makanan dengan gizi seimbang.
  10. Kompres hangat pada daerah yang sakit selama 15 menit dn dapat diulang 1-2 jam sekali.
  11. Dapat mengkonsumsi obat Paracetamol atau Asam mefenamat untuk mengurangi rasa sakit Anda, namun sebelumnya pastikan Anda tidak memiliki alergi atau kondisi tubuh yang kontraindikasi terhadap obat tersebut


Saran saya sebaiknya Anda dapat segera memeriksakan kondisi gigi Anda ke Dokter Gigi terdekat, agar segera mendapat penanganan/perawatan yang komprehensif sesuai dengan kondisi Anda dan mencegah komplikasi semakin parah.


Demikian, semoga membantu

1 bulan yang lalu
Suka
Balas
1

wahhh

1 bulan yang lalu
Suka
Balas
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.