🔥 Diskusi Menarik

Kendala

Apa penyebab perempuan yang selesai melahirkan sudh 1 bulan tidak dapat mengeluarkan kencing

1
44k
3 komen

3 komentar

Hai Sobat Sehat,

Terimakasih atas pertanyaannya.


Ketidakmampuan untuk buang air kecil satu bulan setelah melahirkan bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut adalah beberapa penyebab yang mungkin terjadi:

Trauma atau Cedera pada Saluran Kemih:

  • Proses persalinan dapat menyebabkan trauma atau cedera pada saluran kemih atau jaringan di sekitar kandung kemih dan uretra, yang bisa mengganggu fungsi normal buang air kecil.

Infeksi Saluran Kemih (ISK):

  • Infeksi saluran kemih adalah penyebab umum masalah buang air kecil setelah melahirkan. Gejala ISK meliputi rasa sakit atau terbakar saat buang air kecil, sering ingin buang air kecil, dan urine keruh atau berbau.

Retensi Urin:

  • Kondisi ini terjadi ketika seseorang tidak dapat mengosongkan kandung kemih sepenuhnya. Hal ini bisa disebabkan oleh perubahan fisik dan hormonal setelah melahirkan yang mempengaruhi fungsi kandung kemih.

Kelemahan Otot Panggul:

  • Otot-otot panggul bisa melemah setelah persalinan, terutama jika persalinan berlangsung lama. Kelemahan otot-otot ini bisa menyebabkan masalah dalam mengontrol buang air kecil.

Obstruksi atau Penyempitan Uretra:

  • Pembengkakan atau jaringan parut akibat persalinan bisa menyebabkan penyempitan atau obstruksi pada uretra, menghambat aliran urin.

Masalah Saraf:

  • Kerusakan saraf yang mengontrol fungsi kandung kemih selama persalinan bisa menyebabkan retensi urin. Ini bisa terjadi akibat tekanan yang berlebihan pada saraf selama persalinan.


Langkah-langkah yang Bisa Dilakukan

Segera Konsultasikan dengan Dokter:

  • Jika mengalami kesulitan buang air kecil, segera periksa langsung dan konsultasikan dengan dokter untuk evaluasi dan pengobatan yang tepat. Dokter mungkin melakukan pemeriksaan fisik, tes urine, dan mungkin juga pencitraan untuk menentukan penyebabnya.

Penggunaan Kateter:

  • Dalam beberapa kasus, dokter mungkin merekomendasikan penggunaan kateter sementara untuk membantu mengosongkan kandung kemih hingga kondisi membaik.

Latihan Kegel:

  • Melakukan latihan Kegel secara teratur dapat membantu memperkuat otot-otot panggul dan meningkatkan kontrol kandung kemih.

Perawatan Infeksi:

  • Jika terdapat infeksi saluran kemih, dokter akan meresepkan antibiotik untuk mengatasi infeksi tersebut.


Semoga membantu.

Salam, dr. Syifa.

2 bulan yang lalu
Suka
Balas
1
@dr. Laila Syifa

Terima kasih dokter

2 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Tidak cukup data untuk menjawab pertanyaan tersebut. Jika seseorang mengalami kesulitan dalam mengeluarkan kencing setelah melahirkan, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter atau bidan untuk evaluasi dan penanganan yang tepat. Apakah Anda memiliki pertanyaan lain?
2 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.