🔥 Diskusi Menarik

Mengapa Luka Diabetes Magnumtogel Susah Sembuh?

mengapa luka diabetes sangat susah sembuh ? apakah gula mempersulit penyembuhan pada luka atau bagaimana ya dok?

2
44k
2 komen

2 komentar

Halo, terima kasih atas pertanyaan anda.


Secara umum, terdapat beberapa hal yang menyebabkan luka sulit sembuh, baik basah maupun kering seperti berikut.

1. Peredaran darah terganggu -> Kadar gula darah tinggi pada penderita diabetes dapat membuat pembuluh darah arteri lama-lama mengeras dan menyempit. Hal ini menyebabkan aliran darah dari jantung menuju seluruh tubuh jadi terhambat. Penyempitan arteri akhirnya menghambat suplai darah yang kaya oksigen dan nutrisi. Padahal, oksigen dan nutrisi sangat penting dalam proses penyembuhan luka. Itu sebabnya, tubuh orang diabetes pun kesulitan memperbaiki kerusakannya dengan cepat.

2. Daya tahan tubuh lemah -> Selain karena penyempitan pembuluh darah, luka pada tubuh diabetesi (sebutan untuk pasien diabetes) susah sembuh karena daya tahan tubuh yang cenderung melemah. Menurut penelitian dalam International Journal Of Molecular Sciences (2017), kadar gula darah yang tinggi pada pasien diabetes dapat memengaruhi kinerja sel darah putih. Padahal, sel darah putih ini berperan penting sebagai tentara yang melawan penyakit yang disebabkan oleh virus maupun bakteri. Melemahnya daya tahan tubuh pasien diabetes ini dapat meningkatkan risiko infeksi pada luka yang tetap terbuka dan basah. Luka kemudian malah tak kunjung sembuh atau bahkan bertambah parah.

3. Masalah saraf -> Diabetes juga dapat menyebabkan neuropati diabetik, yaitu kerusakan saraf yang cukup serius pada pasien diabetes. Hal ini dikarenakan glukosa darah yang tidak terkontrol dapat merusak saraf, sehingga menyebabkan sensasi mati rasa di area tertentu. Gangguan saraf ini dapat mempengaruhi penyembuhan luka. Pasien diabetes yang mengalami luka atau cedera pada kaki mereka mungkin tidak menyadarinya. Dengan demikian, mereka mungkin tidak menerima perawatan segera sehingga mengakibatkan luka yang dialami semakin parah. Penanganan yang terlambat dan berkurangnya sensitivitas pada area luka secara signifikan dapat meningkatkan risiko infeksi pasien diabetes.


Sekian dan terima kasih

2 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Luka pada penderita diabetes sulit sembuh karena adanya beberapa faktor yang mempengaruhi proses penyembuhan. Salah satu faktor utama adalah tingginya kadar gula dalam darah (hiperglikemia) yang sering dialami oleh penderita diabetes. Gula yang tinggi dalam darah dapat merusak pembuluh darah dan saraf, sehingga mengganggu aliran darah dan sensasi pada area luka. Kadar gula yang tinggi juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga membuat tubuh sulit melawan infeksi yang mungkin terjadi pada luka. Infeksi pada luka dapat memperlambat proses penyembuhan dan membuat luka semakin sulit sembuh. Selain itu, penderita diabetes juga cenderung memiliki masalah pada pembuluh darah dan saraf, yang dapat menghambat aliran darah dan sensasi pada area luka. Hal ini membuat proses penyembuhan menjadi lebih lambat dan rentan terhadap komplikasi. Untuk itu, sangat penting bagi penderita diabetes untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil, merawat luka dengan baik, dan mengikuti petunjuk dokter dalam proses penyembuhan luka. Jika luka diabetes sulit sembuh, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Apakah ada pertanyaan lain yang ingin Anda ajukan?
3 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan