🔥 Diskusi Menarik

Diabetes

Dok, kulit yang menghitam karna gula apakah bisa kembli normal?

0
44k
2 komen

2 komentar

Halo, terima kasih atas pertanyaan anda.


Apabila anda mempunyai riwayat gula darah tinggi atau diabetes maka kulit yang menghitam ini disebabkan karena akantosis nigrikans. Akantosis nigrikans (acanthosis nigricans) adalah gangguan kulit yang menyebabkan satu atau beberapa bagian kulit menjadi lebih gelap, tebal, dan betekstur seperti beludru. Kondisi ini sering ditemukan pada orang yang mengalami resistensi insulin terkait obesitas, yang sekaligus merupakan penyebab utama dari diabetes tipe 2.


akantosis nigrikans membuat kulit penderitanya mengalami penebalan, khususnya pada bagian lipatan tubuh. Kondisi ini bukanlah gangguan kulit yang berbahaya, juga tidak menular. Namun, ini bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan serius yang membutuhkan pengobatan medis. Akantosis nigrikans merupakan ciri dari prediabetes, yaitu kondisi saat kadar gula darah tinggi melebihi batas normal tapi belum sampai digolongkan sebagai diabetes melitus. Kebalnya sel-sel tubuh terhadap hormon insulin (resistensi insulin) akibat penumpukan lemak inilah yang menyebabkan munculnya prediabetes. Namun, prediabetes menyebabkan seseorang berisiko tinggi mengalami diabetes. akantosis nigrikans bahkan sering ditemukan pada penderita diabetes tipe 2 dari setiap kalangan usia, jenis kelamin, dan ras. Selain bisa menjadi penanda kadar gula darah tinggi, gangguan kulit ini juga bisa dialami oleh orang yang mengalami obesitas atau kegemukan. Meskipun jarang terjadi, kondisi ini juga bisa menjadi tanda peringatan dari munculnya tumor atau sel kanker pada organ-organ internal, seperti perut atau hati.


Perubahan kulit adalah satu-satunya tanda-tanda akantosis nigrikans, khususnya di lipatan tubuh seperti ketiak, pangkal paha, buku-buku jari, siku, lutut, dan leher. Anda akan melihat kulit menjadi berikut.

- Menggelap dan berubah warna menjadi kecokelatan atau kehitaman.

- Permukaan kulit menebal.

- Tekstur kulit menjadi kasar atau seperti kain beludru.

- Kulit terasa gatal atau terkadang berbau tak sedap.


beberapa faktor risiko yang menyebabkan seseorang mengalami akantosis nigrikans, antara lain:

- resistensi insulin,

- gangguan hormon akibat masalah pada kista ovarium, kelenjar tiroid, atau kelenjar adrenal,

- obat-obatan atau suplemen tertentu, dan

- kanker.


Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memulihkan kondisi kulit yang menghitam dan menebal akibat akantosis nigrikans, yaitu:

1. Menurunkan berat badan -> Jika akantosis nigrikans disebabkan oleh obesitas, menurunkan berat badan dan menjalankan diet sehat dan seimbang dapat membantu pemulihan kulit sekaligus mencegah diabetes melitus.

2. Menghentikan konsumsi obat atau suplemen -> Jika gangguan kulit ini terkait dengan konsumsi obat atau suplemen yang Anda gunakan, dokter akan menyarankan agar Anda berhenti menggunakan obat dan suplemen tersebut.

3. Terapi laser -> Penebalan kulit bisa sedikit demi sedikit dihilangkan melalui terapi laser. Terapi laser merupakan prosedur perawatan kulit secara medis yang harus dilakukan oleh dokter spesialis kulit secara langsung.

4. Obat oles retinoid -> Dokter bisa meresepkan obat topikal seperti salep retinoid untuk memulihkan kondisi kulit yang rusak akibat akantosis nigrikans. Obat-obatan lain yang mungkin diberikan dokter adalah antibiotik jika memang disertai peradangan akibat infeksi bakteri dan asam salisilat.

5. Pengobatan diabetes -> Apabila kondisi ini disebabkan oleh diabetes, dokter mungkin akan menyarankan untuk menjalani pengobatan diabetes, baik melalui perubahan gaya hidup sehat untuk menyeimbangkan kadar gula darah maupun mengonsumsi obat.


Namun untuk lebih jelasnya, anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin untuk penanganan lebih lanjut.


Sekian dan Terima Kasih

1 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Berdasarkan informasi yang Anda berikan, kulit yang menghitam karena gula pada diabetes dapat disebabkan oleh kondisi yang disebut akantosis nigrikans. Akantosis nigrikans adalah kondisi di mana kulit menjadi menghitam dan menebal, biasanya terjadi pada orang dengan diabetes tipe 2 yang juga mengalami obesitas atau resistensi insulin. Untuk mengembalikan kulit yang menghitam karena gula kembali normal, langkah-langkah yang dapat dilakukan antara lain adalah mengontrol kadar gula darah dengan baik melalui diet sehat, olahraga teratur, dan pengaturan obat-obatan sesuai petunjuk dokter. Selain itu, perawatan kulit yang tepat seperti menggunakan pelembap dan krim yang direkomendasikan oleh dokter juga dapat membantu memperbaiki kondisi kulit. Namun, penting untuk diingat bahwa proses mengembalikan kulit yang menghitam karena gula kembali normal mungkin memerlukan waktu dan konsistensi dalam menjalankan perawatan yang disarankan. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan saran dan perawatan yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.
1 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan