3 Waktu yang Tepat untuk Membersihkan Vagina, Selain Setelah Buang Air

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 14 September 2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Vagina tentu wajib dibersihkan setiap kali habis kencing dan buang air besar. Namun di luar itu, Anda juga tetap perlu membersihkan vagina lho! Lantas, pada waktu apa saja seharusnya wanita membersihkan vagina? Berikut ulasannya untuk Anda.

Waktu untuk wanita membersihkan vagina

Kebersihan vagina sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh Anda. Oleh karena itu, kebersihan organ intim yang satu ini sangat perlu dijaga agar tetap sehat dan Anda pun terhindar dari berbagai infeksi yang mengancam kesehatan.

Saat buang air kecil dan buang air besar, Anda wajib membersihkan vagina. Tujuannya agar kotoran yang menempel di area dekat vagina dari urine dan feses terbilas dengan bersih. Dengan begitu, tidak akan ada kesempatan untuk kotoran ini masuk dan menginfeksi tubuh.

Selain setelah buang air, ini dia jadwal waktu yang tepat kapan harus membersihkan vagina:

Setelah berhubungan seks

seks menurunkan kolesterol

Setelah berhubungan seks, Anda perlu membersihkan vagina. Dengan membersihkan vagina, Anda akan terhindar dari iritasi dan berbagai infeksi.

Tak perlu menggunakan sabun kewanitaan. Anda hanya perlu membilas vagina dengan air saja. Membersihkan vagina dengan sabun justru bisa meningkatkan risiko infeksi. Ini karena sabun dapat mengubah pH vagina normal.

Vagina punya kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri. Oleh karena itu, membilasnya dengan air saja sudah cukup. Kalau pun ada, gunakan air hangat untuk membantu membersihkan area luar vagina dengan lebih maksimal.

Jika ingin menggunakan sabun, pilihlah yang tidak berpewangi dan berwarna.

Saat mandi

mandi saat keringatan

Kapan pun waktu Anda mandi, jangan lupa untuk membersihkan area vagina. Namun tak seperti anggota badan yang lain, Anda tak perlu menyabuninya. Cukup bilas dengan air mengalir dan usap dari depan ke arah belakang.

Jangan melewatkan area vagina saat mandi, apalagi jika seharian Anda sudah banyak berkeringat. Untuk memudahkan membersihkan vagina, Anda bisa membilasnya dengan air sambil berjongkok atau duduk.

Vagina berada di area yang tertutup dan diapit paha. Oleh karena itu, jangan hanya mengandalkan kucuran air saat mandi saja tetapi bersihkan juga secara khusus area tersebut.

Jangan lupa untuk mengeringkannya dengan handuk khusus, bukan handuk mandi Anda. Pasalnya handuk mandi cenderung memiliki lebih banyak bakteri sehingga bisa mengancam kesehatan vagina.

Saat mengganti pembalut

pembalut bikin susah hamil

Saat mengganti pembalut baru, jangan lupa untuk membersihkan vagina Anda dengan air mengalir. Tak jarang darah haid menempel hingga kering di area sekitar vagina dan paha. Darah yang kering ini perlu dibersihkan dan sebaiknya tak terlalu lama didiamkan.

Oleh karenanya, kapan pun dan di mana pun Anda mengganti pembalut jangan lupa untuk membersihkan vagina juga. Setiap kali Anda mencuci pembalut, saat itu pula Anda perlu membersihkan vagina. Meski tidak sambil buang air, membilas vagina dan area di sekitarnya tetap wajib agar Anda terhindar dari masalah di organ intim.

Mulai sekarang jangan hanya membersihkan vagina kapan pun Anda mau. Rutinlah juga membersihkan vagina di tiga waktu ini untuk menjaga kesehatannya.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Panduan Lengkap Seputar Anatomi Vagina

Tahukah Anda bahwa yang namanya vagina sebenarnya hanya lubang jalan lahir bayi saja? Lalu apa nama organ-organ di sekitarnya? Simak anatomi vagina di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Kesehatan Wanita, Penyakit pada Wanita 26 November 2020 . Waktu baca 6 menit

5 Kebiasaan Saat Seks yang Ternyata Membahayakan Vagina

Vagina adalah salah satu bagian tubuh yang paling sensitif. Sayangnya, banyak yang tak sadar dan malah melakukan hal-hal saat seks yang membahayakan vagina.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Kesehatan Seksual, Tips Seks 25 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Ciri-ciri Hormon Estrogen Terlalu Rendah Pada Wanita

Hormon estrogen berfungsi mengatur tumbuh kembang remaja perempuan selama puber dan selama kehamilan. Apa akibatnya jika perempuan kekurangan hormon ini?

Ditulis oleh: Priscila Stevanni
Kesehatan Wanita, Penyakit pada Wanita 19 November 2020 . Waktu baca 5 menit

Bahayakah Jika Terdapat Jerawat di Daerah Kewanitaan Vagina?

Jerawat di wajah, punggung, dan dada adalah hal yang umum. Tapi jerawat juga bisa muncul di vagina. Apa sebabnya muncul jerawat di vagina?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Jerawat, Kesehatan Kulit 4 November 2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

setelah seks

4 Hal yang Harus Langsung Dilakukan Wanita Setelah Seks

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
endometriosis adalah, penyakit endometriosis, operasi endometriosis, gejala endometriosis, penyebab endromentriosis, kista endometriosis

Endometriosis

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 3 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit
perawatan luka perineum cara merawat jahitan setelah melahirkan

Panduan Merawat Luka Jahitan Perineum dan Vagina Setelah Melahirkan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 28 Desember 2020 . Waktu baca 9 menit
Servisitis adalah

Servisitis

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 19 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit