backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

2

Tanya Dokter
Simpan

Sudah Tahu Belum? Ini Dampak Penggunaan Antibiotik pada Vagina!

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Adhenda Madarina · Tanggal diperbarui 28/07/2023

Sudah Tahu Belum? Ini Dampak Penggunaan Antibiotik pada Vagina!

Penggunaan antibiotik biasanya untuk mengobati gangguan atau masalah kesehatan infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Antibiotik bekerja dengan cara membunuh bakteri atau mempersulit bakteri untuk tumbuh dan berkembang biak. Nah, ternyata tanpa disadari, penggunaan antibiotik dapat berpengaruh pada kesehatan vagina. Berikut penjelasan lengkapnya!

Pengaruh penggunaan antibiotik pada vagina

Sebuah studi dilakukan di Italia untuk mengevaluasi pengaruh penggunaan antibiotik terhadap prevalensi radang vagina.

Studi melibatkan 684 wanita yang sudah punya gejala radang vagina dan 901 responden yang tidak (subyek kontrol).

Hasilnya, penggunaan antibiotik sebulan sebelum pengujian menunjukkan angka 19,3% (132/684) pada pasien infeksi radang vagina.

Angka ini lebih tinggi jika disandingkan dengan nilai pada subjek kontrol yang hanya mencapai 11,9% (107/901).

Penggunaan antibiotik dapat menyebabkan infeksi jamur karena antibiotik membunuh “bakteri baik” yang dapat mengganggu keseimbangan jamur dan bakteri di vagina, sehingga jamur lebih mudah berkembang biak. 

Tidak hanya itu, karena membunuh bakteri baik, membuat pH vagina akan mengalami perubahan dari pH balance 3.5-4.5 menjadi 5-7 (lebih basa).

Hal ini menyebabkan gejala lain timbul, seperti gatal, perih, bau tidak sedap atau bahkan nyeri saat berhubungan seks. 

Antibiotik dalam pengobatan sehari-hari

Antibiotik umumnya digunakan saat kondisi tubuh mengalami flu dan radang tenggorokan. Penggunaan obat ini diperlukan agar bakteri yang menyebabkan penyakit bisa dimusnahkan sehingga organ tubuh dapat berfungsi normal kembali. 

Pada masalah kesehatan area intim, umumnya kondisi infeksi vagina akan disarankan untuk mengonsumsi antibiotik yang dapat berbentuk tablet atau krim. 

Seperti yang diketahui, infeksi vagina dapat disebabkan oleh perubahan flora vagina yang memungkinkan pertumbuhan jenis bakteri tertentu menjadi lebih cepat.

Hal ini dilakukan untuk mengatasi kondisi infeksi vagina, di mana keluar cairan encer berwarna putih keabu-abuan dengan bau yang tidak sedap.

Pengobatan dengan antibiotik ini dapat berlangsung selama satu hingga tujuh hari, tergantung pada jenis obat yang digunakan, dosisnya, serta tingkat keparahan gejalanya.

Pencegahan infeksi vagina akibat penggunaan antibiotik

Agar tidak memperburuk keadaan efek samping akibat penggunaan antibiotik pada vagina, berikut beberapa langkah pencegahan yang dapat dilakukan.

  • Hindari pakaian dalam yang ketat

Jaga kebersihan area intim dengan menggunakan pakaian dalam yang tidak ketat guna mencegah tingkat kelembapan yang berlebih pada vagina.

  • Rutin mengganti dan menggunakan celana dalam yang bersih

Agar menghindari pertumbuhan bakteri, disarankan untuk mengganti pakaian dalam minimal 2 kali dalam sehari.

Pastikan juga untuk mencuci pakaian dalam sesuai petunjuk yang tertera pada masing-masing jenis bahan agar bersih secara menyeluruh.

  • Bersihkan vagina dengan tepat

Lengkapi juga perawatan area intim dengan mengetahui cara membersihkan vagina yang benar, yaitu menyekanya dari bagian depan ke bagian belakang

Supaya lebih maksimal, kebersihan area intim bisa ditambahkan dengan penggunaan sabun pembersih kewanitaan, seperti Andalan Feminine Care Intimate Wash Natural White.

Andalan Feminine Care Intimate Wash Natural White merupakan sabun pembersih kewanitaan yang mengandung:

  1. Prebiotik berupa asam laktat yang dapat membantu menjaga keseimbangan pH vagina serta menyediakan kondisi yang cocok untuk pertumbuhan bakteri baik seperti Lactobacillus
  2. Ekstrak susu untuk melembutkan dan mencegah kulit kering di area intim
  3. Aloe vera dan chamomile yang berfungsi menenangkan dan melembabkan kulit di sekitar vagina

Andalan Feminine Care Intimate Wash Natural White membantu menyeimbangkan pH balance saat menggunakan antibiotik untuk membantu mencegah terjadinya infeksi. Rekomendasi penggunannya yaitu : 

  • Digunakan sehari 2x 
  • Minimal digunakan selama 7 hari saat menggunakan antibiotik 
  • Cara menggunakannya, tuang secukupnya ke telapak tangan. Lalu usapkan perlahan ke area intim dengan arah dari depan ke belakang. Biarkan selama beberapa detik dan bilas sampai bersih dengan air. 

    Jadi, mulai sekarang sebaiknya perhatikan konsumsi obat-obatan, khususnya antibiotik yang dapat berpengaruh pada vagina. 

    Hindari efek sampingnya dengan menjaga kesehatan vagina bersama Andalan Feminine Care Intimate Wash Natural White. Tersedia di supermarket, apotek dan E-Commerce (Shopee, Tokopedia and Lazada) kesayangan Anda.

    Catatan

    Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Carla Pramudita Susanto

    General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


    Ditulis oleh Adhenda Madarina · Tanggal diperbarui 28/07/2023

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan