backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Manfaat Larutan Penyegar, Apa Benar Ampuh untuk Panas Dalam?

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Reikha Pratiwi · Tanggal diperbarui 5 hari lalu

Manfaat Larutan Penyegar, Apa Benar Ampuh untuk Panas Dalam?

Selama ini, masyarakat Indonesia selalu mengaitkan larutan sebagai salah satu minuman yang berkhasiat untuk menyembuhkan dan mencegah panas dalam.

Akan tetapi, apa benar manfaat larutan dapat menyembuhkan panas dalam? Apa sebenarnya larutan pencegah panas dalam itu? Ketahui jawabannya melalui ulasan berikut. 

Apa yang dimaksud dengan minuman larutan?

Dari tampilannya, larutan ini tak memiliki warna atau jernih selayaknya air putih yang Anda konsumsi setiap hari. Rasanya pun tak berbeda dengan air putih pada umumnya. Larutan sendiri memiliki komposisi yang berbeda-beda. 

Namun, komposisi utama dari minuman ini adalah gypsum fibrosum, yaitu mineral yang tidak beracun dan memiliki banyak manfaat. 

Di pasaran, umumnya, minuman ini mengandung 3,25% atau sekitar 180 mg gypsum fibrosum. Manfaat larutan utamanya didapat dari gypsum fibrosum ini.

Meski bukan tanaman herbal, gypsum fibrosum sudah digunakan sebagai komponen utama obat-obatan tradisional dari Cina. Lantas, apa sih gypsum fibrosum itu? 

Gypsum fibrosum sendiri adalah mineral yang terdiri dari kalsium, sulfur, zat besi, dan beberapa jenis mineral lainnya.

Mineral ini tidak memiliki warna atau bening, rapuh, serta mudah dihancurkan. Anda bisa menemukan gypsum fibrosum di dasar laut atau batuan sedimen, seperti batu kapur. Gypsum fibrosum umum digunakan untuk hiasan ornamen atau perhiasan.

Namun, mineral ini juga memiliki manfaat kesehatan sebagai zat utama dalam larutan yang disebut dapat menjadi obat panas dalam. Benarkah?

Apakah minuman larutan bisa menyembuhkan panas dalam?

minuman panas dalam, larutan panas dalam

Sebelum mengetahui jawabannya, Anda perlu memahami dulu bahwa panas dalam adalah serangkaian gejala dari suatu penyakit yang dapat menyerang mulut, tenggorokan, dan sistem pencernaan.

Gejala yang bisa dikenali di antaranya sariawan, bibir pecah-pecah, tenggorokan sakit, dan perut terasa panas.

Umumnya, panas dalam disebabkan oleh kondisi yang dapat meningkatkan suhu tubuh seseorang, seperti:

  • makan makanan pedas,
  • mengalami infeksi, atau
  • berolahraga secara intens. 

Lalu, adakah minuman yang bisa menyembuhkan panas dalam? Faktanya, ada minuman yang bisa Anda konsumsi untuk membantu atasi panas dalam.

Meski begitu, larutan ini mungkin tidak efektif pada beberapa orang atau kondisi panas dalam tertentu.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab dan penanganan panas dalam yang tepat atau menggunakan larutan dari bahan alami di rumah.

Manfaat gypsum fibrosum untuk bantu atasi panas dalam

Dalam pengobatan Cina, gypsum fibrosum termasuk dalam kategori zat yang dapat menghilangkan panas.

Zat-zat yang termasuk ke dalam kategori ini umumnya digunakan untuk menyembuhkan radang atau infeksi, yaitu salah satu penyebab dari panas dalam.

Ini karena zat-zat tersebut umumnya memiliki sifat antibakteri dan virus. Dengan begitu, bakteri dan virus yang menjadi penyebab panas dalam bisa dilawan dan suhu tubuh dapat kembali normal.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tikus di jurnal Frontiers in Pharmacology, diketahui bahwa gypsum fibrosum berhasil menurunkan suhu tubuh tubuh tikus secara signifikan. 

Kalsium yang menjadi kandungan utama zat ini dipercaya dapat terserap ke dalam usus dan meningkatkan kadar kalsium di dalam darah.

Hal inilah yang bisa membantu mengatur ulang kembali suhu tubuh dan menurunkan demam.  

Dari penjelasan ini dapat disimpulkan bahwa gypsum fibrosum memiliki fungsi sebagai zat antipiretik yang bisa menurunkan demam dan nyeri.  

Ini artinya, manfaat minuman yang mengandung gypsum fibrosum bisa menyembuhkan gejala panas dalam yang timbul karena infeksi yang terjadi pada tubuh.

Sementara itu, panas dalam yang disebabkan oleh kondisi lain belum dapat dipastikan apakah juga bisa diatasi menggunakan minuman mengandung gypsum fibrosum.

Dosis gypsum fibrosum yang dianjurkan untuk panas dalam

air hangat untuk sakit tenggorokan

Tentunya, untuk mendapatkan manfaat yang optimal, sebaiknya konsumsi gypsum fibrosum disesuaikan dengan dosis yang dianjurkan. Dosis yang direkomendasikan adalah 9 – 30 gram per hari.

Penggunaannya harus dihancurkan terlebih dahulu dan ditumbuk menjadi bubuk. Agar lebih mudah, Anda bisa membeli larutan mengandung gypsum fibrosum yang dijual di pasaran, 

Pilih larutan pencegah panas dalam yang telah dipercaya keluarga Indonesia selama lebih dari 80 tahun. Larutan ini menggunakan resep turun temurun terpercaya yang mengandung batu mineral alami, yaitu gypsum fibrosum dan calcitum.

Seperti yang telah disampaikan, gypsum fibrosum bermanfaat dalam membantu mengatur ulang suhu tubuh, meredakan peradangan dan infeksi sehingga dapat menyembuhkan tenggorokan kering dan sariawan.

Sementara itu, calcitum terdiri dari calcium dan magnesium yang memiliki manfaat hampir mirip dengan gypsum fibrosum, seperti membantu menurunkan panas dalam.

Kombinasi batu mineral alami ini akhirnya dapat memberikan sensasi dingin dan membantu badan terasa lebih segar. 

Anda tidak perlu khawatir lagi dalam melakukan segala aktivitas yang mengundang panas dalam. Sebab, sekarang ada minuman yang bisa Anda konsumsi setiap hari sebagai teman lawan panas untuk mencegah panas dalam, sariawan, dan tenggorokan kering.

Pastikan untuk mengonsumsi minuman pencegah panas dalam sesuai dengan aturan yang tertera pada kemasan. Umumnya, berikut pembagian dosis sesuai usia. 

  • Dewasa: setengah hingga satu botol, diminum tiga kali sehari. 
  • Anak-anak: seperempat hingga setengah botol, diminum tiga kali sehari. 

Untuk anak-anak, Anda bisa memilih minuman dengan berbagai rasa agar lebih menarik dan enak untuk diminum. 

Konsultasikan kepada dokter jika larutan ini dan obat panas dalam alami lain tak mampu mengatasi kondisi Anda.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Reikha Pratiwi · Tanggal diperbarui 5 hari lalu

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan