Benarkah Pasak Bumi Bisa Bikin Pria Tahan Lama? Ini Bukti-buktinya

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Saat ini sudah banyak sekali obat-obatan, baik yang kimia atau herbal, untuk meningkatkan performa dan ketahanan pria saat berhubungan seks. Salah satu obat herbal yang menjanjikan stamina meningkat dan ereksi yang tahan lama adalah pasak bumi. Apakah pasak bumi sudah terbukti ampuh secara medis untuk membuat pria tahan lama? Simak penjelasannya di bawah ini. 

Mengenal pasak bumi

Pasak bumi (Eurycoma longifolia) adalah tumbuhan yang diyakini ampuh meningkatkan daya tahan pria dalam berhubungan intim. Tanaman ini tumbuh di Asia Tenggara dan juga dikenal sebagai tongkat ali, longjack, atau ginseng malaysia. 

Tanaman ini diyakini merupakan afrodisiak alami yang ampuh. Afrodisiak sendiri adalah makanan atau minuman dengan kandungan zat-zat tertentu yang mampu membangkitkan gairah seksual.

Selain efek gairah seksual, tanaman ini  juga meningkatkan produksi sperma dan berfungsi sebagai pemicu ereksi. Di samping itu, tanaman ini juga diyakini dapat mencegah ejakulasi dini sehingga Anda bisa ereksi lebih lama.

Efek pasak bumi untuk membuat pria tahan lama 

Jika memang pasak bumi diyakini banyak pria ampuh dalam meningkatkan kualitas seksual pria dan membuatnya mampu tahan lama, bagaimana pandangan medis terkait hal ini?

Meningkatkan perkembangan organ-organ reproduksi pria

Dilansir dari Drugs, telah dilakukan sebuah riset yang dilakukan pada tikus. Tikus-tikus tersebut diberikan ekstrak pasak bumi dua kali sehari dengan dosis 200, 400, dan 800 mg/kg berat badan. Riset ini berlangsung selama satu bulan. Ternyata, hasilnya menunjukkan bahwa pemberian pasak bumi mendorong pertumbuhan dan perkembangan prostat serta organ vesikel seminalis. Organ-organ tersebut adalah organ reproduksi pria. Dengan berkembangnya organ tersebut, maka berkembang pula kualitas seksual pria sehingga pasak bumi bisa membuat pria tahan lama. 

Meningkatkan kadar testosteron pada banyak pria

Ada sebuah studi dalam jurnal Andrologia pada tahun 2012 dengan 76 responden pria. Dari banyaknya responden tersebut, hanya 35% di antaranya yang memilki testosteron dalam kadar normal. Sisanya, testosteron mereka di bawah kadar normal. Setelah mereka diminta minum suplemen pasak bumi selama satu bulan, presentase orang yang memiliki kadar testosteron normal bertambah menjadi 90%.

Seperti yang telah Anda ketahui, testosteron adalah hormon yang penting pada setiap pria. Hormon ini berfungsi untuk meningkatkan kemampuan reproduksi ketika seorang laki-laki telah mengalami masa pubertas. Selain itu, testosteron juga meningkatkan perkembangan dari kekuatan otot hingga tulang pria. Sehingga, meningkatnya testosteron tentu akan membuat pria tahan lama di ranjang.

Meningkatkan fungsi ereksi, gairah, dan volume air mani

Riset eksperimental yang dipublikasikan dalam NCBI pada tahun 2012 yang menggunakan 109 responden pria berusia antara 30 hingga 55 tahun ini berhasil membuktikan hal tersebut. Dalam 12 minggu para pria dibagi dua kelompok. Satu kelompok minum ekstrak pasak bumi 300 miligram dan kelompok lainnya diberi plasebo.

Plasebo adalah zat yang tidak memiliki kandungan apa pun sehingga biasa digunakan sebagai kelompok pembanding. Hasilnya, mereka yang meminum pasak bumi mampu meningkatkan fungsi ereksi, gairah seksual sebesar 14% hingga volume air mani sebesar 18%.  Sudah jelas, semakin kuat fungsi ereksi, libido dan volume air mani pada pria, tentu akan semakin meningkatkan kualitas seksualnya.

Jadi intinya, pasak bumi mungkin bisa membantu Anda meningkatkan performa seksual, meski tidak bisa digunakan untuk mengobati disfungsi ereksi. Namun, jangan lupa untuk mengecek kandungan dari herbal pasak bumi yang Anda konsumsi serta mengetahui aturan-aturan pakainya.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengenal Fungsi Testis, Anatomi, dan Risiko Penyakit yang Menyertainya

Fungsi testis sangat penting sebagai salah satu bagian organ reproduksi pria. Kenali anatomi testis normal dan risiko penyakit yang menyertai berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Kesehatan Pria, Kesehatan Penis 19 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Semua Hal yang Penting Diperhatikan Pasca Operasi Usus Buntu

Pasca operasi usus buntu Anda tidak dianjurkan kembali beraktivitas. Anda juga perlu menghindari beberapa pantangan setelah operasi usus buntu.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kesehatan Pencernaan, Radang Usus Buntu 19 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Segudang Manfaat Daun Sirih Hijau dan Merah yang Sayang Dilewatkan

Anda pasti sudah akrab dengan manfaat daun sirih untuk hentikan mimisan. Meski begitu, masih ada banyak lagi khasiat daun sirih untuk kesehatan. Penasaran?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 19 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit

Manfaat Buah Stroberi yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Tahukah Anda, buah stroberi dapat membantu mencegah katarak dan menurunkan tekanan darah? Apalagi manfaat buah merah asam ini untuk kesehatan tubuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Fakta Gizi, Nutrisi 19 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara tahan lama

Berbagai Cara Agar Pria Tahan Lama Saat Berhubungan Seks

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
hidung meler

7 Penyebab Hidung Meler serta Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit
urat menonjol pada orang muda

6 Penyebab Urat Anda Menonjol dan Terlihat Jelas di Kulit

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
pertolongan pertama keracunan makanan

Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Keracunan Makanan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Ivena
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit