home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Kunci Agar Vagina Tidak Terasa Sakit Saat Berhubungan Seks

5 Kunci Agar Vagina Tidak Terasa Sakit Saat Berhubungan Seks

Terkadang, seks bisa menimbulkan rasa sakit pada vagina. Mungkin hal ini kerap kali Anda alami. Awalnya Anda bergairah untuk bercinta dengan pasangan, tapi ketika sesinya dilakukan justru rasa sakit yang Anda dapatkan. Jangan sampai hal ini merusak hubungan Anda dan pasangan. Yuk, atasi vagina sakit saat berhubungan seks dengan beberapa cara ini.

Tips mengatasi vagina sakit saat berhubungan seks

Munculnya rasa nyeri pada vagina dapat disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari kurangnya pemanasan sebelum seks atau juga menandakan adanya masalah pada kesehatan Anda. Ikuti beberapa tips berikut untuk meringankan rasa tidak nyaman dan nyeri pada vagina saat berhubungan intim, seperti:

1. Minta pasangan Anda lakukan foreplay

seks setelah keguguran

Ketimbang pria, wanita cenderung lebih lambat untuk terangsang. Itu sebabnya, sebagian besar wanita butuh lebih banyak pemanasan sebelum penetrasi. Jika Anda melakukan seks dengan terburu-buru, vagina belum terlalu ‘basah’ dan akhirnya justru menimbulkan nyeri karena gesekan. Hal ini tentu tidak menyenangkan untuk dirasakan, bukan?

Nah, untuk mengatasinya mintalah pasangan untuk melakukan foreplay. Menambahkan foreplay sebelum seks, bisa memperlancar aliran darah ke organ intim sehingga menghindari munculnya rasa nyeri. Ini bisa dilakukan dengan banyak cara, mulai dari berpelukan, sentuhan, ciuman, bahkan dengan cara main jari atau fingering.

2. Gunakan pelumas seks

pakai pelumas seks

Vagina sakit saat berhubungan seks bisa terjadi karena kondisi vagina yang kering. Jadi, Anda harus membuat vagina menjadi basah dan licin sehingga rasa sakit saat penetrasi dapat berkurang. Untuk membuat vagina cukup basah, Anda bisa lakukan foreplay dan menggunakan pelumas atau lubrikan.

Ingat, memilih pelumas juga tidak boleh sembarangan. Di pasaran, Anda akan menemukan banyak jenis pelumas, seperti berbahan dasar air, silikon, dan minyak. Pelumas berbasis air atau silikon air dianggap sebagai pilihan pelumas terbaik untuk seks.

3. Tubuh harus rileks

mandi malam

Stres membawa pengaruh buruk pada kesehatan dan juga kehidupan seks Anda. Permasalahan yang terus berputar pada otak Anda bisa membuat Anda tegang dan menyebabkan vagina sakit saat berhubungan. Untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan relaksasi dan melepaskan stres yang membebani Anda sebelum seks.

Menghilangkan ketegangan sebelum seks bisa dilakukan dengan mandi air hangat, melakukan latihan pernapasan, atau meditasi yang Anda pelajari di kelas yoga, atau cobalah untuk mengobrol santai dengan pasangan.

4. Ubah posisi seks

mencoba seks anal

Ukuran penis yang besar bisa jadi penyebab rasa sakit. Pasalnya, penis bisa menekan leher rahim dan menimbulkan rasa nyeri. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba untuk mengubah posisi seks. Cobalah posisi women on top, ini memberikan kontrol besar pada wanita untuk mengatur seberapa dalam dan cepat gerakan.

5. Lakukan pemeriksaan lebih lanjut pada dokter

berhubungan seks setelah pap smear

Nyeri vagina saat seks bisa disebabkan oleh penyakit. seperti infeksi jamur vagina atau vulvodynia. Selain rasa sakit, vagina juga bisa membengkak disertai rasa gatal dan munculnya sensasi terbakar. Jika kondisi ini terjadi, melakukan pemeriksaan ke dokter menjadi jalan terbaik.

Obat-obatan dan perawatan lainnya bisa mengurangi gejala dan dokter juga bisa memberikan masukan mengenai seks yang lebih aman untuk Anda. Pada kasus seperti kekeringan vagina akibat berkurangnya produksi hormon estrogen, dokter mungkin akan merekomendasikan terapi hormon.

Pada kasus parah, Anda mungkin disarankan untuk tidak melakukan seks sementara waktu sebelum kondisi Anda membaik. Selama dan sesudah perawatan, Anda harus ekstra menjaga kebersihan organ intim dan menerapkan aktivitas seks yang aman, menggunakan kondom misalnya.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

8 Reasons It Hurts During Sex. https://www.womenshealth.com.au/why-it-hurts-during-sex. Diakses pada 8 Oktober 2018.

Painful Sex in Women. https://www.webmd.com/sexual-conditions/guide/female-pain-during-sex#1. Diakses pada 8 Oktober 2018.

Persistence Is Key to Treating Sexual Pain. https://well.blogs.nytimes.com/2012/08/06/persistence-is-key-to-treating-vaginal-pain/. Diakses pada 8 Oktober 2018.

 


Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Aprinda Puji
Tanggal diperbarui 19/10/2018
x