Kabar Baik Buat Pria, Seks Ternyata Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 24 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Seks bukan cuma nikmat, tapi juga terbukti bisa memberikan berbagai manfaat kesehatan. Selain bisa melepas stres dan meredakan sakit kepala, seks terbukti mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Luar biasa, bukan? Lebih jelasnya soal manfaat seks bagi jantung, simak penjelasan di bawah ini. 

Apa hubungan antara seks dan kesehatan jantung?

Dilansir dari Everyday Health, sebuah riset tahun 2010 yang dalam American Journal of Cardiology menemukan bahwa laki-laki yang berhubungan seks paling tidak sebanyak dua minggu sekali punya risiko penyakit jantung yang lebih rendah dibandingkan mereka yang hanya melakukan seks sekali dalam sebulan.

Seorang spesialis jantung di Fairview Hospital, Amerika Serikat, dr. Dean Nukta mengatakan dalam Everyday Health bahwa seks dan kesehatan jantung saling memengaruhi satu sama lain. Misalnya, jika Anda punya jantung yang sehat, Anda mungkin jadi lebih sering bercinta. Selain itu, seks juga bisa mengurangi risiko terkena serangan jantung. 

Dilansir dari Medical Daily, melakukan kegiatan seksual bisa mengurangi homosistein, sebuah zat kimia sulfur yang mengandung asam amino serta ditemukan dalam darah. Semakin tinggi kandungan homosistein, semakin tinggi pula risiko terjadinya penyumbatan pembuluh darah atau sklerosis. Padahal, aliran darah yang lancar sangat dibutuhkan oleh jantung supaya bisa menjalankan fungsinya dengan baik. 

Sebuah riset lain dilakukan pada tahun 2005 hingga 2006 oleh National Health and Nutrition Examination Survey di Amerika Serikat. Riset ini melibatkan 2.000 laki-laki dan perempuan berumur antara 20 hingga 59 tahun. Mereka menjalani tes kadar homosistein dalam darah serta mengisi kuesioner mengenai kegiatan seksual mereka.

Kuesioner tersebut memperlihatkan bahwa laki-laki dengan kadar homosistein rendah melakukan seks dua minggu sekali sedangkan orang dengan kadar homosistein tinggi melakukan seks hanya sebulan sekali. Namun, pada perempuan tidak ditemukan perbedaan yang signifikan.

Manfaat seks untuk jantung pria yang sudah terbukti

Seks memang baik untuk kesehatan jantung. Namun, bagaimana tepatnya seks mencegah atau mengurangi risiko penyakit jantung pada pria? Ini dia tiga manfaat seks untuk jantung Anda.

1. Seks menurunkan tekanan darah

Menurut sejumlah penelitian, berhubungan seks terbukti mampu menurunkan tekanan darah sistolik atau tekanan darah “atas”. Selain itu, seks juga mampu mengurangi kadar homosistein pada darah sehingga dapat mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah. Pembuluh darah yang lancar berarti Anda jadi lebih aman dari serangan jantung

2. Seks dapat mengurangi stres

Selain untuk mengusahakan keturunan, seks juga dilakukan untuk melepas penat dan mengungkapkan cinta. Karenanya, seks dapat mengurangi hormon stres. Pasalnya, terlalu banyak hormon stres dalam tubuh bisa memacu kerja jantung terus-terusan dan meningkatkan tekanan darah. Akibatnya, Anda jadi lebih rentan mengalami penyakit jantung. 

3. Seks bagus untuk kesehatan emosi

Seks yang dilakukan secara rutin merupakan bentuk saling mendukung serta rasa sayang satu sama lain dalam hubungan emosional. Pada umumnya, bentuk saling mendukung dan rasa sayang atau cinta baik untuk jantung karena menjauhi Anda dari stres, kemarahan, kecemasan, hingga kesepian. Menurut berbagai penelitian, hal-hal tersebut berkontribusi sama banyak terhadap risiko serangan jantung seperti merokok dan kolesterol yang tinggi.

Kalau begitu, apakah bercinta saja bisa melindungi saya dari penyakit jantung?

Seks memang dapat meningkatan kesehatan jantung. Namun, bukan berarti Anda terus-menerus melakukan seks hingga lupa memerhatikan hal lain. Kegiatan seks bisa menularkan penyakit kelamin, sehingga Anda harus tetap berhubungan seks seaman mungkin. Misalnya dengan tidak gonta-ganti pasangan seksual karena malah meningkatan risiko tertularnya penyakit. Jangan sampai karena ingin jantung sehat, Anda malah terkena penyakit baru.

Selain itu, menjaga kesehatan jantung adalah usaha yang menyeluruh. Maksudnya, Anda masih perlu menjaga pola makan seimbang, menjalani gaya hidup sehat, istirahat yang cukup, dan rutin berolahraga. Bila Anda memang punya risiko penyakit jantung, tak ada salahnya untuk selalu memeriksa dan mengendalikan tekanan darah.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Berbagai Cara Agar Pria Tahan Lama Saat Berhubungan Seks

Pria kadang suka "keluar" duluan. Adakah cara agar seks menjadi lebih lama? Yuk simak berbagai cara tahan lama pria saat berhubungan seks di bawah ini.

Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Seksual, Tips Seks 19 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Mengapa Wanita Lebih Sering Mendesah di Ranjang Dibanding Pria?

Menurut penelitian, desahan wanita belum jadi jaminan kalau ia merasa cukup terangsang. Lalu apa artinya? Ini dia jawaban dari para ahli!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Seksual, Tips Seks 18 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Untuk Para Suami, Ini 10 Trik Memanjakan Istri Agar Lebih Bergairah

Pasangan Anda belum cukup luwes dan percaya diri saat berhubungan intim? Tenang, ini dia berbagai cara merangsang istri yang ampuh dan penuh kehangatan.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Seksual, Tips Seks 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

4 Hal yang Harus Langsung Dilakukan Wanita Setelah Seks

Tiap wanita mungkin punya kebiasaan yang berbeda. Namun, ada empat hal yang wajib wanita lakukan setelah seks, demi kesehatannya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kesehatan Seksual, Tips Seks 14 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Seks setelah haid

Berhubungan Seks Sehari Setelah Haid, Apakah Bisa Hamil?

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 2 menit
menguji keperawanan wanita

Bisakah Mengetahui Keperawanan Wanita Lewat Ciri Fisiknya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
impotensi

Impotensi (Disfungsi Ereksi)

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit
buah zakar gatal

4 Penyebab Buah Zakar Anda Gatal dan Ingin Terus Digaruk

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit