home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

7 Manfaat Pasak Bumi Bagi Kesehatan Pria

7 Manfaat Pasak Bumi Bagi Kesehatan Pria

Tanaman herbal pasak bumi sudah lama dikenal banyak orang karena disebut-sebut bisa meningkatkan vitalitas serta gairah seksual pria. Tapi tahukah Anda kalau ternyata tak hanya itu saja manfaat pasak bumi? Herbal yang punya nama lain tongkat ali ini memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan. Apa saja?

Berbagai manfaat pasak bumi untuk kesehatan pria

1. Tak hanya bikin ‘tahan lama, pasak bumi bisa mengatasi disfungsi seksual

Tanaman herbal yang banyak ditemukan di daerah Asia ini telah terbukti dapat meningkatkan libido dan gairah seksual pria. Maka tak jarang ekstrak tanaman herbal ini dijadikan sebagai obat kuat alami untuk menolong para pria yang bermasalah dengan kesuburannya, dan pria yang mengalami disfungsi ereksi.

Hal ini telah dibuktikan dalam studi yang diterbitkan dalam Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine. Pada studi tersebut, ditemukan kalau sebanyak 109 pria yang menjadi respondennya terbukti mengalami peningkatan gairah seksual, masalah impotensi teratasi, jumlah air mani, dan kualitas sperma semakin baik.

2. Bisa membantu pria yang tidak subur

Sebuah penelitian telah membuktikan kalau ekstrak pasak bumi mampu membantu pria yang mengalami masalah kesuburan. Penelitian yang diterbitkan dalam Asian Journal of Andrology pada tahun 2010 ini menyatakan kalau pria yang tidak subur yang diberikan sebanyak 200 mg ekstrak pasak bumi selama 3-9 bulan, mengalami peningkatan jumlah sperma, air mani, bahkan kualitas sperma lebih baik dari sebelumnya.

3. Meningkatkan energi

Pasak bumi adalah obat herbal yang terbukti bisa meningkatkan energi dan vitalitas pria sehingga bisa lebih tahan lama di atas ranjang. Pasak bumi dapat meningkatkan aliran darah ke penis, mengatasi disfungsi ereksi, sekaligus membantu meningkatkan produksi sperma dan memperbaiki kualitasnya.

4. Bisa turunkan kadar stres

Apakah Anda mudah merasa stre? Mungkin Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi ekstrak pasak bumi. Pasalnya, dalam Journal of the Interational Society of Sports Nutrition, disebutkan kalau sebanyak 63 orang yang mengonsumsi suplemen herbal ini memiliki tingkat stres yang lebih stabil. Di akhir penelitian diketahui kalau tongkat ali ternyata menurunkan hormon penyebab stres dan meningkatkan hormon anti-stres.

5. Membantu membentuk dan membesarkan otot

Bisa dibilang, pasak bumi adalah tanaman herbal yang dapat memenuhi kebutuhan seorang pria. Sebab, tanaman herbal ini ternyata juga bisa membantu Anda untuk mendapatkan otot yang besar dan berbentuk.

Meski begitu, Anda tetap harus melakukan olahraga berat serta menerapkan pola makan yang sehat, namun pasak bumi dapat meningkatkan energi, vitalitas, dan kekuatan fisik pria, sehingga lebih mudah untuk Anda mendapatkan otot yang kuat, besar, serta terbentuk.

Penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine, mengungkapkan kalau konsumsi 100 mg ekstrak pasak bumi per hari, selama 5 minggu berturut-turut, dapat meningkatkan massa otot para atlet yang sedang menjalani training.

6. Meningkatkan libido alias gairah seksual pria

Jika Anda memiliki masalah dengan nafsu seks yang rendah, ekstrak tumbuhan pasak bumi juga bisa jadi solusinya. Penelitian yang dilakukan oleh School of Pharmaceutical Sciences, University of Science Malaysia, menemukan bahwa tumbuhan ini berhasil meningkatkan libido pada pria, bahkan tanpa perlu rangsangan seksual secara fisik.

7. Mencegah penuaan dini pada pria

Tongkat ali juga punya kemampuan untuk mencegah penuaan dini pada pria. Hal ii ditunjukkan pada sebuah penelitian yang menyatakan ekstrak tongkat ali sebanyak 200 mg per hari, bisa mencegah penurunan testosteron pada pria yang dewasa. Penurunan testosteron adalah salah satu hal yang akan dialami pria ketika ia bertambah usia dan kondisi ini akan memengaruhi kehidupan seksualnya.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Mohamed, A., Vejayan, J., & Yusoff, M. (2015). Review on Eurycoma longifolia Pharmacological and Phytochemical Properties. Journal Of Applied Sciences, 15(6), 831-844. http://dx.doi.org/10.3923/jas.2015.831.844

Hamzah, S, Yusof, A. The ergogenic effects of Eurycoma longifolia Jack: a pilot study. British Journal of Sports Medicine 2003;37(5):465-466.

Talbott, S., Talbott, J., George, A. and Pugh, M. (2013). Effect of Tongkat Ali on stress hormones and psychological mood state in moderately stressed subjects. Journal of the International Society of Sports Nutrition, 10(1), p.28.

Webmd.com. (2017). EURYCOMA LONGIFOLIA: Uses, Side Effects, Interactions and Warnings – WebMD. [online] Available at: http://www.webmd.com/vitamins-supplements/ingredientmono-1132-eurycoma%20longifolia.aspx?activeingredientid=1132&activeingredientname=eurycoma%20longifolia  [Accessed 13 Sep. 2017].

Verywell. (2017). How Does Tongkat Ali Affect Male Conditions?. [online] Available at: https://www.verywell.com/the-benefits-of-tongkat-ali-89588  [Accessed 13 Sep. 2017].

Gallagher, E. (2015). The Benefits of Tongkat Ali. [online] LIVESTRONG.COM. Available at: http://www.livestrong.com/article/116210-benefits-tongkat-ali/  [Accessed 13 Sep. 2017].

http://www.mdpi.com/1420-3049/21/3/331/htm

 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M
Tanggal diperbarui 20/11/2017
x