Bagaimana Cara Memilih Sabun Mandi yang Paling Baik untuk Kulit?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 7 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Memang sih, tiap orang memiliki selera pribadi dalam memilih sabun mandi. Tapi, pemilihan sabun mandi yang tepat sesuai dengan jenis kulit Anda merupakan salah satu cara untuk merawat kesehatan kulit, lho!

Jadi, tidak hanya asal wangi saja, pemilihan sabun mandi pun juga harus disesuaikan dengan kebutuhan kulit Anda. Terlebih bagi Anda yang memang memiliki jenis kulit cenderung sensitif, kering, atau justru terlalu berminyak. Lantas, bagaimana cara memilih sabun mandi yang aman dan sehat? Baca selengkapnya dalam artikel ini.

Tips memilih sabun mandi sesuai jenis kulit

1. Kulit sensitif

Jenis kulit yang satu ini memang bisa dibilang sedikit “rewel” untuk masalah perawatan. Jika salah memilih sabun, bisa-bisa kulit Anda justru iritasi. Nah, untuk mencegah timbulnya iritasi, sebaiknya Anda yang memang memiliki kulit sensitif menggunakan sabun mandi yang tidak mengandung pewarna dan parfum. Selain itu, pastikan sabun yang Anda pilih memiliki kandungan tingkat pH yang seimbang (pH balanced).

Anda juga bisa mencari sabun yang mengandung bahan-bahan organik. Pasalnya, sabun yang memiliki bahan-bahan organik cenderung tidak memiliki bahan pengawet untuk mengurangi efek samping yang buruk bagi kulit Anda.

Tapi ingat, tidak semua kandungan dalam sabun khusus kulit sensitif cocok untuk Anda. Pasalnya, jenis kulit orang berbeda-beda, walaupun sudah banyak sabun untuk kulit sensitif beredar di pasaran, tapi tidak menjamin sabun tersebut langsung cocok untuk kulit Anda. Jika Anda ragu, cara terbaik adalah dengan berkonsultasi ke dokter spesialis kulit.

2. Kulit berminyak

Punya kulit berminyak memang sebuah masalah yang tiada akhir jika tidak ditangani dengan tepat. Pasalnya, kulit berminyak membuat makeup mudah luntur, rentan berjerawat, bahkan jadi ingin mandi setiap saat karena merasa badan lengket dan berminyak.

Nah, jika Anda memiliki kulit jenis ini, Anda bisa menggunakan sabun antibakteri berbahan lembut seperti gliserin. Selain itu, pilihlah produk sabun yang tidak mengandung bahan kimia dan detergen untuk menghindari iritasi dan minyak berlebih. Jangan lupa pakai sabun mandi yang berlabel oil-free adalah pilihan yang baik untuk membersihkan kulit berminyak.

4. Kulit kering

Apabila Anda salah satu orang yang memiliki jenis kulit kulit kering, pastikan bahan dalam sabun mandi yang Anda pilih mengandung pelembap. Anda bisa memilih sabun yang mengandung gliserin. Gliserin memiliki khasiat pelembap dan bisa menyerap air yang ada di udara. Nah, kandungan tersebut akan membuat kulit Anda lembab untuk waktu yang lebih lama.

Selain memilih gliserin, Anda juga bisa memilih sabun mandi yang mengandung bahan-bahan organik seperti minyak zaitun, cocoa butter, lidah buaya, minyak kelapa, minyak jojoba dan alpukat jika kulit Anda kering.

Hindari juga pemakaian sabun berbahan deterjen atau antibakteri, kedua bahan ini dapat mengiritasi kulit sehingga kulit cenderung meradang dan dapat mengurangi produksi minyak alami di kulit.

Jika memiliki kulit kering, selain memilih sabun yang cocok, Anda juga sebaiknya menghindari mandi dengan air panas.

5. Kulit kombinasi

Karena terdiri atas kulit kering dan berminyak, kulit kombinasi perlu dibersihkan secara khusus dengan menggunakan produk yang berbeda-beda. Gunakan pembersih yang lembut dan mengandung sedikit bahan kimia

Pada area yang kering, Anda perlu menggunakan pelembap, sementara itu Anda memerlukan sabun pembersih yang mengandung benzoyl peroxide pada area kulit berminyak untuk mencegah peradangan atau kemunculan jerawat di dada, punggung, atau bagian tubuh lainnya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Manfaat Kesehatan yang Bisa Anda Dapat dari Buah Mangga

Kandungan mangga yang manis dan asam menyegarkan menjadikan buah musiman ini bintangnya rujak. Apa saja manfaat mangga untuk kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Fakta Gizi, Nutrisi 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit

9 Bahaya yang Bisa Terjadi Jika Nekat Bikin Tato di Mata

Tertarik ingin mata Anda berwarna tidak hanya warna putih saja? Tato mata bisa jadi jawabannya. Sebelum lakukan, cari tahu dulu bahayanya di sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Kesehatan Mata, Penyakit Mata 3 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

5 Langkah untuk Berhenti Merokok

Berhenti merokok memang bukan perkara mudah. Mulailah dengan 5 langkah berikut.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Berhenti Merokok, Hidup Sehat 3 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Apakah Produk Pembersih di Rumah Anda Sebabkan Masalah Pernapasan?

Kandungan dalam berbagai produk pembersih rumah bisa menimbulkan masalah kesehatan. Bagaimana cara memilih dan mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 3 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

berhenti minum pil kb

7 Hal yang Bisa Terjadi Pada Tubuh Jika Anda Berhenti Minum Pil KB

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
gaya pengasuhan

Kenali Tanda dan Cara Mengatasi Anak Hiperaktif

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit
mudah dihipnotis

Mengapa Sebagian Orang Mudah Dihipnotis, Sementara yang Lain Tidak?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
jenis jerawat umum

Jenis Jerawat dan Berbagai Macam Penyebabnya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 8 menit