3 Cara Ampuh Atasi Ketombe dengan Minyak Serai

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 5 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Masalah ketombe dapat diatasi dengan sampo antiketombe atau menggunakan bahan alami, seperti minyak serai. Lalu, bagaimana caranya mendapatkan manfaat serai yang satu ini untuk mengatasi ketombe? Yuk, lihat ulasannya berikut ini!

Manfaat minyak serai untuk mengatasi ketombe

rambut berketombe

Munculnya serpihan putih di rambut termasuk tanda rambut berketombe. Kondisi ini tidak menular dan biasanya tidak menandakan masalah serius. Akan tetapi, gejalanya yang menimbulkan rasa gatal di kulit kepala bisa sangat mengganggu.

Melansir Mayo Clinic, ketombe ringan dapat diobati dengan rutin keramas. Jika tidak berhasil, Anda perlu beralih ke sampo khusus sebagai obat ketombe. Selain itu, menggunakan serai atau sereh juga bisa membantu Anda untuk terbebas dari ketombe.

Sebuah studi yang diterbitkan pada jurnal Complementary Medicine Researchmenunjukkan manfaat serai untuk rambut berketombe. Peneliti menemukan aktivitas antijamur pada sampo tonik yang mengandung minyak serai konsentrasi rendah.

Dalam penelitian ditemukan bahwa serai bekerja lebih efektif mengatasi ketombe ketimbang tea tree oil. Perlu Anda ketahui bahwa salah satu penyebab umum dari ketombe adalah terlalu aktifnya jamur Malassezia di kulit kepala.

Selain itu, minyak serai diketahui dapat mengurangi proses pengelupasan stratum korneum (bagian kulit paling atas), menyeimbangkan produksi minyak, sekaligus mengurangi rasa gatal.

Ragam Penyakit Kulit Kepala yang Umum dan Perlu Anda Waspadai

Cara memanfaatkan minyak serai untuk mengatasi ketombe

Jika Anda tertarik pada manfaat sereh untuk mengatasi rambut berketombe, Anda harus tahu cara yang tepat untuk menggunakannya. Anda hanya membutuhkan minyaknya saja dari serai.

Namun, perlu diperhatikan bahwa Anda tidak boleh mengoleskan langsung minyak serai ke kulit kepala. Itu karena minyak serai punya senyawa yang bersifat iritan. Senyawa tersebut dapat menimbulkan reaksi saat dioleskan langsung ke kulit kepala.

Jika Anda sembarangan menggunakan minyak serai, kemungkinan kondisi kulit kepala yang berketombe akan semakin parah.

Sebelum menggunakannya, Anda perlu memastikan lebih dahulu bahwa Anda tidak punya alergi pada minyak serai. Lakukan uji sensitivitas dengan mengoleskan sedikit minyak sereh ke kulit dan diamkan setidaknya satu jam untuk melihat reaksinya.

Supaya tidak salah, di bawah ini merupakan cara menggunakan minyak serai mengatasi ketombe.

1. Pakai sampo dengan kandungan minyak serai

Ini merupakan cara termudah untuk mendapatkan manfaat serai untuk mengobati rambut berketombe. Pilih sampo yang mengandung minyak serai sekitar 10% dan gunakanlah secara rutin.

Memakai sampo ini selama 2 minggu efektif mengurangi ketombe hingga 81 persen. Gunakan produk sampo secukupnya agar efeknya tidak terlalu keras di kulit kepala.

Tips Mengatasi Kulit Kepala Gatal Berdasarkan Penyebabnya

2. Campurkan minyak dengan sampo atau kondisioner

Jika Anda belum menemukan sampo yang tepat, Anda bisa menggunakan minyak serai untuk mengobati ketombe. Caranya, tuangkan minyak pada sampo atau produk kondisioner sesuai petunjuk pemakaian yang ada di kemasan.

Kemudian, pijatkan campuran tersebut ke kulit kepala dan diamkan beberapa saat agar kandungan sampo dan minyak menyerap ke kulit dengan maksimal. Terakhir, bilas dengan air hingga bersih.

3. Tambahkan air dan oleskan ke rambut

Selain dicampurkan dengan sampo maupun kondisioner, Anda juga bisa mencampurkan 3 – 4 tetes minyak serai dengan air. Selanjutnya, oleskan larutan ini pada kulit kepala Anda secara rutin.

Pastikan Anda menerapkan cara-cara tersebut ketika rambut Anda bersih alias setelah keramas. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Trik Jitu Mengatasi Ketombe di Rumah

Ketombe memang menyebalkan, karena membuat kepala terasa gatal seharian. Bagaimana mengatasi ketombe? Simak 10 cara mengatasinya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 19 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Bahayakah Tidur dengan Rambut Basah?

Sering tidur dengan kondisi rambut masih basah? Kebiasaan tersebut ternyata bisa menyebabkan masalah kesehatan. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 27 Agustus 2020 . Waktu baca 3 menit

3 Khasiat Masker Pisang untuk Rambut yang Lebih Indah dan Kuat

Siapa bilang pisang hanya untuk dimakan? Pisang juga bisa diolah menjadi masker yang baik untuk rambut. Apa saja manfaat masker pisang untuk rambut?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Hidup Sehat 16 Desember 2019 . Waktu baca 5 menit

3 Resep Olahan Minuman Sereh yang Segar dan Menyehatkan

Tidak hanya menyegarkan, resep minuman sereh kali ini juga membantu melindungi Anda dari serangan penyakit tertentu karena sifat antioksidan dari sereh.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Resep Sehat, Nutrisi 18 September 2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

sereh untuk asam lambung

Mengenal Air Sereh dan Kandungan Antioksidannya untuk Asam Lambung

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 16 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
obat ketombe

Obat Ketombe yang Ampuh dan Mudah Digunakan di Rumah

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 23 November 2020 . Waktu baca 6 menit
apa itu ketombe

Ketombe

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Dipublikasikan tanggal: 23 November 2020 . Waktu baca 9 menit
jarang cuci rambut penyebab ketombe

Benarkah Jarang Keramas Bikin Rambut Jadi Ketombean?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 23 November 2020 . Waktu baca 4 menit