home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Jalani 4 Rutinitas Sehat Ini di Pagi Hari Agar Lebih Produktif

Jalani 4 Rutinitas Sehat Ini di Pagi Hari Agar Lebih Produktif

Jika akhir-akhir ini Anda merasa produktivitas semakin menurun, sulit berkosentrasi, atau merasa sangat jenuh saat bekerja di siang hari, bisa jadi karena Anda belum siap seutuhnya untuk memulai aktivitas pada pagi harinya. Memanfaatkan waktu dengan melakukan kebiasaan tertentu di pagi hari dapat membantu mempersiapkan tubuh dan pikiran Anda untuk menjalani aktivitas harian yang padat. Cobalah menerapkan rutinitas pagi yang berfokus meningkatkan kondisi kesehatan agar Anda lebih produktif setiap harinya.

Kenapa rutinitas pagi bikin Anda lebih produktif ?

Saat bangun kesiangan, Anda terpaksa harus mandi dan sarapan dengan terburu-buru. Memulai hari dengan perasaan negatif tentunya bisa membuat Anda kehilangan fokus saat bekerja dan semakin merasa stres dengan tekanan pekerjaaan.

Menjalani rutinitas sehat secara teratur di pagi hari dapat membantu menjaga kondisi kesehatan tubuh dan pikiran Anda agar lebih produktif seharian. Dalam keadaan sehat, seseorang bisa lebih optimal dalam menjalankan pekerjaan, termasuk mencapai target-target personal.

Pengaruh kebiasaan harian seperti aktivitas di pagi hari terhadap produktivitas dapat dijelaskan dalam teori kesehatan psikologi, self-efficacy, yaitu kepercayaan seseorang terhadap kemampuan diri dalam menghadapi tantangan dan menyelesaikan pekerjaan. Ketika seseorang bisa menjalani hidup secara teratur (self-regulation) maka kepercayaan atas kemampuan dirinya akan meningkat.

Hasil studi yang dilakukan RAND Europe and the University of Cambridge juga menunjukkan karyawan memiliki performa kerja yang paling produktif dalam kondisi fisik dan psikologis yang sehat.

Penilaian kesehatan karyawan dalam studi ini diukur dalam indeks masa tubuh, gaya hidup, penyakit kronis, serta kondisi kesehatan mental. Sementara tingkat produktivitas ditentukan dengan perbandingan performa saat bekerja dalam kondisi sakit (presenteeism) dan bekerja saat sehat (absenteeism).

Rutinitas pagi yang bisa membuat Anda lebih produktif

wanita bangun pagi kanker

Melakukan rutinitas pagi bukan berarti Anda harus banyak beraktivitas sebelum mulai bekerja. Salah-salah, Anda justru malah kehabisan energi.

Hal yang perlu diingat ketika hendak melakukan rutinitas sehat di pagi hari adalah tujuannya, yaitu membangun kepercayaan diri dan sikap positif. Hal ini mampu mendorong Anda untuk dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih baik.

Lantas, rutinitas apa saja yang bisa Anda coba di pagi hari agar produktif seharian? Ini dia pilihannya:

1. Bangun lebih awal

Bangun lebih pagi membuat Anda memiliki banyak waktu untuk memulai rutinitas pagi agar tetap produktif sepanjang hari. Namun, Anda tak diharuskan bangun terlalu awal atau bahkan sebelum matahari terbit.

Jadwal bangun bisa disesuaikan dengan waktu berangkat bekerja. Setidaknya, berikan jeda yang cukup longgar agar Anda tidak terburu-buru. Cobalah bangun pada waktu yang sama setiap harinya untuk membantu menciptakan ritme atau pola tidur yang lebih teratur.

2. Rileks sejenak untuk menjernihkan pikiran

Setelah bangun, Anda sebaiknya tidak langsung melakukan aktivitas berat yang mengeluarkan banyak energi. Termasuk dengan kegiatan yang membuat otak langsung bekerja keras, seperti mengecek sosial media, membalas email, atau membaca berita.

Menurut ahli penyakit dalam dari Rush University Medical Center, Dokter Maria Reyes, kegiatan ini bisa menaikkan tingkat stres Anda di pagi hari.

Untuk memulai hari dengan lebih positif, Anda perlu membuat tubuh rileks terlebih dahulu. Kegiatan meditasi sangat baik dilakukan untuk menjernihkan pikiran dan menghimpun ketenangan diri. Tak perlu waktu berjam-jam, meditasi cukup dilakukan selama 10 menit dalam rutinitas pagi agar Anda bisa lebih produktif seharian.

3. Gerakan tubuh dengan sedikit olahraga

Berolahraga di pagi hari dapat meningkatkan jumlah pasokan oksigen ke dalam otak sehingga membuat Anda lebih mudah fokus dan mengendalikan stres. Olahraga yang baik dilakukan di pagi hari adalah jogging, bersepeda, atau berjalan selama 30 menit.

Akan tetapi, jika Anda tidak punya banyak waktu, Anda bisa melakukan kombinasi peregangan tubuh, pemanasan singkat, dengan loncat tali atau yoga di dalam rumah selama 7 menit.

4. Minum air putih dan sarapan tinggi protein

Kafein dalam kopi memang bisa membuat Anda lebih fokus untuk bekerja. Namun, satu rutinitas pagi yang juga tak boleh Anda lewatkan pada pagi hari agar tetap produktif adalah minum air putih.

Tidur menurunkan kadar air di dalam tubuh. Agar metabolisme kembali optimal, Anda perlu minum setidaknya 2 gelas air putih. Konsumsi air putih di pagi hari juga baik untuk menghilangkan sisa-sisa racun dalam tubuh.

Jika kebutuhan cairan tercukupi, lantas menu sarapan apa yang baik dikonsumsi? Mengonsumsi makanan kaya protein perlu menjadi bagian dari rutinitas pagi Anda agar dapat menyimpan energi lebih banyak untuk bekerja produktif nantinya. Protein sangat baik dalam melancarakan proses metabolisme tubuh.

Menu makanan untuk sarapan yang disarankan adalah telur, yogurt, gandum, dan kacang-kacangan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

5 Tips for a Healthier Morning | Rush University Medical Center. (2020). Rush.edu. Retrieved 12 May 2020, from https://www.rush.edu/health-wellness/discover-health/5-tips-healthier-morning

Ackerman, C. (2018). What is Self-Efficacy Theory in Psychology?. PositivePsychology.com. Retrieved 12 May 2020, from https://positivepsychology.com/self-efficacy/

Tompa, E. (2002). The impact of health on productivity: empirical evidence and policy implications. The review of economic performance and social progress, 2.

Hafner, M., Christian V.S., Catherine L. S., Joachim K., dan Ben B. (2015). Health, wellbeing and productivity in the workplace: A Britain’s Healthiest Company summary report. RAND. https://www.rand.org/pubs/research_reports/RR1084.html.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Fidhia Kemala Diperbarui 27/05/2020
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
x