6 Fakta Menakjubkan Soal Bokong Manusia yang Tak Pernah Anda Duga Sebelumnya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 16 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Pada dasarnya, bokong manusia berfungsi sebagai bantalan untuk tulang ekor, yaitu tulang yang menopang Anda saat duduk. Selain itu, bokong juga menjadi tempat yang ideal untuk menyimpan cadangan lemak. Nah, di luar fungsinya yang unik bagi tubuh manusia, masih ada berbagai fakta menarik soal bokong yang harus Anda ketahui. Langsung saja simak informasinya di bawah ini.

1. Orang dengan bokong besar bisa jadi lebih sehat

Anda yang punya bokong besar seharusnya merasa lebih percaya diri. Ini karena menurut sebuah penelitian dari University of Oxford dan Churchill Hospital di Inggris, orang dengan bokong yang besar justru memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah.

Mereka juga cenderung memproduksi lebih banyak hormon yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan kadar gula dalam darah.  

Menurut para ahli, bokong yang besar memang bisa menandakan bahwa sistem penyimpanan lemak dalam tubuh Anda bekerja dengan baik. Pasalnya, lemak yang disimpan dalam tubuh bagian bawah memang biasanya bersifat lebih stabil daripada lemak yang disimpan dalam bagian tubuh. Inilah mengapa orang yang menyimpan banyak lemak di bokong umumnya lebih sehat daripada mereka yang menyimpan lemak di perut.

2. Wanita cenderung punya bokong lebih besar

Sejumlah penelitian membuktikan kalau ukuran atau lingkar bokong wanita biasanya lebih besar daripada pria. Penyebabnya belum diketahui secara pasti.

Akan tetapi, para ahli menduga bahwa fenomena ini diakibatkan oleh tingginya kadar hormon estrogen pada tubuh wanita. Hormon estrogen diduga kuat sangat memengaruhi bagaimana serta di mana lemak akan disimpan dalam tubuh Anda.

3. Fungsi rambut di bokong manusia

Ada dua teori kuat yang bisa menjelaskan alasan bokong manusia bisa ditumbuhi rambut halus. Yang pertama adalah rambut ini berfungsi untuk melindungi kedua sisi bokong Anda dari gesekan kulit ketika Anda berjalan atau beraktivitas.

Teori yang kedua menduga bahwa rambut yang tumbuh di area anus dan bokong bisa meredam bunyi yang muncul ketika Anda buang angin (kentut). Namun, sampai saat ini memang fungsi rambut di bokong dan anus manusia masih terus dipelajari oleh para pakar.

4. Otot-otot di bokong adalah kumpulan otot terbesar pada tubuh manusia

Jangan salah, otot terbesar pada tubuh manusia itu letaknya bukan di lengan atau kaki. Justru kumpulan otot bernama gluteus yang ada di bokong Anda yang jadi juaranya. Kumpulan otot ini bertanggung jawab untuk menopang tubuh Anda saat bangun, duduk, naik tangga, berjalan, atau berjongkok setiap harinya.

5. Rata-rata, manusia buang angin sebanyak ini dalam sehari

Coba tebak, berapa kali kira-kira manusia buang angin dalam sehari? Ternyata, orang yang sehat akan buang angin sebanyak 14 sampai 23 kali setiap harinya. Hal ini tergolong normal karena dalam tubuh Anda memang terdapat gas dalam jumlah banyak.

Nah, kalau Anda susah buang angin atau justru terlalu sering buang angin, itu artinya ada yang salah dengan sistem pencernaan Anda.

6. Bokong manusia terbesar dalam sejarah

Seorang wanita asal Amerika Serikat, Mikel Ruffinelli, tercacat memiliki bokong terbesar di dunia pada tahun 2013. Menurut World Record Academy, lingkar bokong Mikel bahkan mencapai dua meter. Mikel diyakini mengidap kondisi langka yang disebut lipedema.

Lipedema adalah gangguan yang menyebabkan lemak di tubuh berkumpul di satu atau dua titik tertentu. Misalnya di bokong atau di kaki. Kondisi ini berbeda dengan obesitas (kegemukan). Pasalnya, hanya bagian tubuh tertentu saja yang akan membesar secara tidak proporsional.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mie Instan atau Nasi Putih, Mana yang Lebih Sehat untuk Dikonsumsi?

Keduanya sama-sama karbohidrat, tapi apakah benar nasi lebih baik dari mie? Cari tahu lebih lanjut sebelum menentukan pilihan.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Fakta Gizi, Nutrisi 24 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Mengungkap Serba-serbi Micellar Water, Amankah Bagi Wajah?

Micellar water populer di kalangan makeup artist dan pencinta produk skincare. Namun, apakah produk ini aman dan bermanfaat?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 24 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

5 Fakta Mengagumkan Soal Lutut Manusia yang Tangguh Tapi Rawan Cedera

Lutut manusia bertugas untuk menopang aktivitas Anda sehari-hari. Yuk, cari tahu berbagai fakta menarik soal kesehatan lutut berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Kesehatan Muskuloskeletal, Gangguan Muskuloskeletal 24 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

BAB Sering Berdarah? Hati-hati, Bisa Jadi Tanda Kanker pada Saluran Cerna

Penyebab BAB berdarah bukan cuma ambeien alias wasir saja. Darah pada feses bisa jadi pertanda adanya kanker pada salah satu organ saluran cerna Anda.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Ivena
Kanker, Kanker Lambung 24 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

bahaya mie instan

Bahaya Mie Instan Jika Terlalu Sering Dikonsumsi

Ditinjau oleh: Hello Sehat Medical Review Team
Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
penyakit dari tikus

Hati-hati! Ini 6 Penyakit Berbahaya yang Disebabkan Oleh Tikus

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit
keluar air mani

Tiba-tiba Keluar Air Mani Padahal Tidak Terangsang, Kok Bisa?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
efek bleaching gigi

Efek Bleaching untuk Memutihkan Gigi, Adakah yang Perlu Diwaspadai?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit