home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Bahaya Kutu Kasur di Tempat Tidur Anda

Bahaya Kutu Kasur di Tempat Tidur Anda

Gatal digigit nyamuk adalah cerita bangun tidur yang menyebalkan untuk setiap orang. Tapi bagaimana jika rasa gatal tersebut nyatanya masih ada walau Anda telah menggunakan losion antinyamuk? Bisa jadi ini adalah ulah kutu kasur; kutu berbadan pipih yang suka menghuni barang berbahan katun dan kayu!

Apa itu kutu kasur?

gigitan kutu kasur

Cimex lectularius adalah kutu yang biasanya menghuni kasur atau sofa manusia. Kutu ini meminum darah dari hewan berdarah panas (seperti manusia) sebagai sumber energi.

Untuk dapat hidup dan berkembang biak dengan baik, kutu ini hidup pada habitat dengan suhu 21-26oC.

Kutu kasur adalah serangga yang cukup “bandel, karena masih tetap bertahan hidup jika tidak ada darah, atau jika berada pada suhu di bawah 12oC dengan cara menjadi lebih pasif dalam pergerakannya.

Kutu yang telah dewasa panjangnya dapat mencapai 0,5 cm dan berwarna coklat tua. Pada betina, mereka dapat mengeluarkan sebanyak 300 telur seumur hidupnya.

Telur kutu yang berwarna putih ini akan menempel pada permukaan tempat tidur dan sulit dideteksi, terutama jika permukaan kasur berwarna terang.

Bagaimana kutu dapat hinggap di tempat tidur?

Lingkungan yang kotor tak selalu jadi pertanda keberadaan kutu yang satu ini. Mereka dapat tinggal di kondisi tempat tidur yang kotor maupun bersih. Kutu juga cenderung berada di tempat tidur yang biasanya dihuni secara bergantian, seperti tempat tidur di hotel.

Dengan badannya yang pipih dan kecil, mereka dapat berpindah secara cepat dari satu tempat ke tempat lain. Misalnya saja, mereka mampu berpindah dengan cara menumpang pada pakaian yang dibawa oleh pendatang yang menginap di hotel.

Kutu yang menumpang pada pakaian akan berpindah dari tempat tidur hotel ke tempat tidur rumah setelah manusia tersebut pulang kembali ke rumahnya.

Selain itu, ketika kutu kasur hidup pada suatu kamar yang tidak dihuni manusia, kutu kasur mampu berpindah ke kamar lain melalui celah bangunan.

Walaupun begitu, tidak seperti kutu rambut yang menjadi parasit pada tubuh manusia, kutu di tempat tidur tidak akan menetap di bagian tubuh manusia yang berambut.

Apa tandanya jika tempat tidur atau sofa Anda ada kutunya?

Pada tempat tidur yang dihuni oleh serangga ini, biasanya ada bercak-bercak hitam pada permukaan tempat tidur. Bercak-bercak hitam ini adalah kotoran kutu yang sudah mengering dan menempel pada tempat tidur.

Kulit kering berwarna kecoklatan yang menumpuk pada suatu bagian dari tempat tidur menjadi ciri lain pada kasur yang dihuni oleh serangga kecil ini.

Kutu ini juga akan menggigit bagian kulit yang terekspos pada manusia, bisa jadi di wajah, tangan, kaki, punggung, dan bagian lainnya.

Bedanya dengan gigitan nyamuk, kutu kasur cenderung menggigit dengan suatu pola garis lurus, sedangkan nyamuk cenderung acak dalam menghisap darah manusia.

Bercak darah pada permukaan tempat tidur juga dapat mengindikasikan adanya kutu kasur yang hidup. Darah ini ada karena kutu terhimpit badan manusia sehingga tubuhnya remuk hancur.

Selain itu, kutu ini dapat menimbulkan bau yang menyengat di tempat tidur. Namun, biasanya bau ini baru akan tercium bila kutu berjumlah banyak.

Maka dari itu, jika tempat tidur Anda sudah mulai berbau, bisa jadi kasur Anda telah menjadi istana tempat si kutu tinggal.

Efek yang ditimbulkan ketiga digigit kutu kasur

Walau tidak akan menimbulkan masalah yang serius, tapi gigitannya tetap dapat meninggalkan jejak seperti bentol. Bentol yang terasa gatal ini akan sembuh dalam waktu seminggu setelah pengolesan krim antihistamin.

Pada beberapa kasus, ada orang yang sampai mengalami bercak kemerahan pada kulit, bahkan bentol berair. Kasus lainnya adalah munculnya infeksi ketika bentol digaruk. Efek yang lebih serius ini dapat disembuhkan dengan pemberian antibiotik.

Meski demikian, kehadiran hewan kecil ini tetap saja dapat mengganggu aktivitas Anda di kasur. Tidur Anda bisa terganggu saat tergigit oleh kutu ini, bukan tak mungkin Anda jadi kurang tidur. Maka dari itu, Anda harus segera membasmi kutu ini.

Cara membasmi kutu kasur

Mematikan lampu kamar di pagi hari dan menyalakan lampu kamar di malam hari ternyata tidak dapat mengecoh kutu kasur. Kutu akan menyesuaikan jatah makan malamnya dengan waktu tidur manusia.

Jadi walaupun Anda pikir serangga ini nocturnal atau hanya hidup di malam hari, nyatanya Anda salah besar. Penggunaan losion antinyamuk juga tidak efektif dalam mengatasi gigitan kutu.

Penggunaan vacuum cleaner untuk menyedot habis kutu dan telurnya dapat dilakukan. Sayangnya, cara ini belum tentu bisa langsung membasmi kutu 100 persen. Masih dibutuhkan penggunakan insektisida khusus untuk membunuh kutu kasur.

Namun, Anda harus berhati-hati, insektisida yang digunakan secara berlebih dapat membuat kutu kasur menjadi lebih kebal, sehingga lebih sulit untuk membasmi mereka di kemudian hari. Maka dari itu, gunakan intektisida secukupnya atau sesuaikan dengan yang dianjurkan.

Penguapan dan pembekuan dapat menjadi alternatif efektif lain untuk membasmi kutu. Untuk cara yang satu ini, Anda bisa melakukannya dengan menyewa jasa layanan dari para pembasmi serangga.

Ada kemungkinan kutu yang ada di tempat tidur terbawa dari tempat liburan Anda. Untuk mencegahnya, pastikan Anda mencuci pakaian yang Anda bawa saat liburan menggunakan air dengan suhu 60oC.

Tidak membeli kasur bekas juga menjadi salah satu cara untuk mencegah pembentukan koloni dari kutu kasur ini, loh! Tetap peka terhadap lingkungan Anda untuk hidup lebih bersih dan sehat.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Bedbugs. (2019). National Health Service. Retrieved 8 July 2021, from http://www.nhs.uk/conditions/bed-bugs/Pages/Introduction.aspx

Bed Bugs. (2020). Entomology of the University of Kentucky. Retrieved 8 July 2021, from https://entomology.ca.uky.edu/ef636

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Gadis Rima Astari Diperbarui 16/07/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Satya Setiadi
x