home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Pro dan Kontra Asuransi Kesehatan Berbasis Syariah

Pro dan Kontra Asuransi Kesehatan Berbasis Syariah

Di antara banyak jenis asuransi kesehatan yang tersedia, Anda pasti mengenal istilah asuransi kesehatan syariah. Asuransi syariah kerap menjadi pilihan sebagian orang karena dirasa memiliki nilai plus dibandingkan dengan jenis asuransi nonsyariah. Meski begitu, masih banyak pro kontra yang terjadi di masyarakat mengenai asuransi yang satu ini. Lantas, apa saja pro kontra asuransi kesehatan syariah yang masih banyak dibicarakan? Berikut ulasannya.

Apa itu asuransi syariah?

asuransi syariah

Asuransi syariah adalah jenis asuransi dengan menerapkan prinsip usaha tolong menolong (ta’awuni) dan saling melindungi (takafuli) di antara para peserta dengan membentuk kumpulan dana (tabarru) yang dikelola sesuai prinsip syariah untuk menghadapi risiko tertentu.

Dalam asuransi syariah diberlakukan sebuah sistem dimana peserta akan menghibahkan sebagian atau seluruh dana investasinya jika ada peserta lain yang mengalami musibah.

Sehingga, antarpeserta asuransi syariah prinsipnya saling menanggung dan tidak terjadi transfer risiko dari peserta ke perusahaan seperti pada asuransi konvensional. Oleh karena itu, peranan perusahaan hanya sebagai pemegang amanah dalam mengelola dan menginvestasikan dana dari peserta.

Pro dan kontra asuransi kesehatan syariah

Sumber: Realtor News

Meskipun membawa nama syariah tetapi faktanya asuransi yang satu ini tetap memiliki pro kontra. Berikut berbagai pro kontra tentang asuransi kesehatan syariah.

Pro

Berikut berbagai hal yang menjadi nilai unggul asuransi kesehatan syariah yang bernilai positif di mata masyarakat.

Bebas riba

Riba yang menjadi perdebatan paling umum dalam setiap produk perbankan, termasuk asuransi. Namun dalam asuransi syariah secara umum, termasuk kesehatan masalah ini tidak lagi menjadi persoalan. Asuransi syariah telah dijamin bebas dari riba. Oleh karena itu Anda tidak perlu khawatir karena dana yang diserahkan pada perusahaan akan dikelola sesuai dengan persetujuan kedua belah pihak di awal perjanjian.

Pengelolaan dana yang transparan

Dalam asuransi syariah secara umum termasuk kesehatan, pengelolaan dana bersifat transparan. Sehingga Anda sebagai peserta asuransi dapat dengan jelas mengetahui rincian dana yang Anda bayarkan tiap bulannya. Selain itu, dana ini juga dipergunakan sebesar-besarnya untuk mendatangkan keuntungan bagi para pemegang polis asuransi itu sendiri.

Memiliki prinsip gotong royong

Sistem kerja asuransi syariah ialah gotong-royong. Artinya, antara satu peserta dengan yang lainnya bisa saling membantu dengan perantara perusahaan. Misalnya, dana asuransi Anda bisa digunakan dahulu untuk membantu klaim nasabah lainnya. Sehingga peserta bisa memberikan hibah untuk peserta lainnya yang sedang tertimpa musibah.

Klaim dan layanan yang memudahkan

Dalam asuransi kesehatan syariah, peserta bisa memanfaatkan perlindungan biaya rawat inap di rumah sakit untuk semua anggota keluarga. Untuk pembiayaan diterapkan sistem dengan menggunakan kartu (cashless) untuk membayar semua tagihan rumah sakit.

Satu polis asuransi bisa digunakan untuk semua anggota keluarga sehingga biaya preminya pun menjadi lebih ringan. Hal ini berbeda dengan asuransi biasa yang mewajibkan setiap orang memiliki polisnya masing-masing sehingga premi yang dikenakan akan jauh lebih besar.

Selain itu, asuransi syariah juga memungkinkan Anda untuk bisa melakukan double claim. Artinya, Anda akan tetap mendapatkan klaim yang diajukan meskipun telah mendapatkannya melalui asuransi yang lain.

Adil

Salah satu prinsip asuransi syariah yang juga menjadi keunggulan ialah adil. Dalam asuransi syariah tidak boleh ada yang dirugikan. Oleh karenanya, pembagian keuntungan dalam asuransi ini lebih adil. Tidak ada pihak yang menerima untung dengan jumlah lebih besar dibandingkan dengan pihak lainnya.

jenis asuransi, Hospital Cash Plan

Kontra

Tidak semua orang setuju dengan asuransi kesehatan syariah. Sebagian lainnya masih memperdebatkannya. Namun, nilai unggul dan hal positif dari asuransi kesehatan syariah masih lebih banyak ketimbang hal negatifnya. Kelemahan asuransi kesehatan syariah yang masih menjadi perdebatan ialah masih ada yang menganggap asuransi ini haram. Padahal, asuransi syariah berada di bawah pengawasan Dewan Pengawas Syariah (DPS) yang memastikan semua lembaga menjalankan prosedur dengan prinsip syariah yang tepat dan tentu terbebas dari praktik yang haram.

Terlepas dari pro kontra yang terjadi di masyarakat mengenai asuransi kesehatan syariah, hal yang paling penting ialah mencari tahu terlebih dahulu dengan jelas mengenai asuransi yang akan dibuat dan didaftarkan. Cari tahu kelebihan dan kekurangan dari tiap jenis asuransi untuk meminimalkan risiko dan penyesalan di kemudian hari. karena salah memilih asuransi.

 

 

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Ini 6 Keunggulan Asuransi Syariah, Cocok juga Buat Non-Muslim

https://www.moneysmart.id/6-keunggulan-asuransi-syariah/ accessed on August 13th 2018

Pengertian Asuransi Syariah dan Perbedaannya dengan Asuransi Konvensional

https://www.cermati.com/artikel/pengertian-asuransi-syariah-dan-perbedaannya-dengan-asuransi-konvensional accessed on August 13th 2018

Apakah Ada Riba di Asuransi Syariah?

https://finance.detik.com/moneter/d-3903826/apakah-ada-riba-di-asuransi-syariah accessed on August 13th 2018

Asuransi Syariah

http://www.asei.co.id/id/asuransi-syariah/ accessed on August 13th 2018

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Widya Citra Andini Diperbarui 15/08/2018
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x