home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Sering Nyeri dan Kesemutan di Jari? Waspada Sindrom Guyon!

Sering Nyeri dan Kesemutan di Jari? Waspada Sindrom Guyon!

Sering merasa nyeri atau kesemutan pada anggota gerak kedengarannya sepele dan bukan merupakan perkara serius bagi sebagian orang. Biasanya kesemutan terjadi karena bagian tubuh tertentu ditekan atau dibebani dalam waktu yang cukup lama. Akan tetapi, sering kesemutan disertai dengan nyeri pada jari kelingking dan sebagian jari manis juga bisa jadi gejala penyakit. Penyakit yang biasa ditandai dengan gejala-gejala tersebut dikenal dengan istilah sindrom Guyon.

Apa itu sindrom Guyon?

Sindrom Guyon memiliki nama lain ulnar tunnel syndrome serta handlebar palsy. Seperti namanya, gangguan ini merupakan akibat dari terjepitnya saraf ulnaris pada sebagian jari manis serta jari kelingking. Sindrom Guyon lebih berisiko terjadi pada orang yang melakukan pekerjaan berulang-ulang menggunakan kekuatan tangan dan pergelangan tangan.

Penyebab sindrom Guyon

Ada beberapa penyebab yang menyebabkan jepitan pada saraf ulnaris. Untuk mengetahui apa penyebab pasti dari sindrom yang Anda alami, segera periksa ke dokter. Beberapa kemungkinan penyebabnya adalah:

1. Gerakan berulang pada pergelangan tangan

Aktivitas atau pekerjaan yang menuntut penggunaan pergelangan tangan secara aktif berisiko membuat tekanan pada saraf ulnaris. Contoh aktivitas tersebut antara lain, mengulek bumbu, mengoperasikan alat tertentu, hingga menggunakan komputer secara berlebihan.

Apabila Anda memiliki faktor risiko tersebut, ada baiknya mengistirahatkan pergelangan tangan setiap jangka waktu tertentu. Pada saat tidur, usahakan juga agar kepala tidak sampai menindih atau menumpu pergelangan tangan.

2. Tekanan eksternal

Tekanan dari luar tubuh manusia juga berhubungan dengan aktivitas maupun pekerjaan tertentu yang terus-menerus sehingga menekan daerah perjalanan saraf ulnaris dan menimbulkan berbagai gejala sindrom ini.

3. Tumor

Tumor bisa tumbuh pada area sekitar saraf ulnaris di pergelangan tangan. Tumor yang sering muncul pada daerah tersebut, antara lain ganglion (tumor pada persendian), lipoma (tumor jaringan lemak), neuroma (tumor jaringan saraf), dan lain-lain. Apabila ukurannya semakin membesar, maka tumor tersebut akan menekan saraf ulnaris.

Ciri-ciri dan gejala sindrom Guyon

Gangguan sensorik

Fenomena yang termasuk gangguan sensorik, antara lain rasa kesemutan, baal, atau nyeri pada daerah saraf ulnaris, yaitu pada jari kelingking dan setengah bagian jari manis.

Otot melemah

Selain gangguan sensorik, sindroma Guyon juga dapat menyebabkan otot pada daerah tersebut menjadi lemah sehingga jari kelingking menjadi sulit digerakkan.

Claw hand (jari-jari keriting)

Akibat kelemahan otot tadi, maka pada tahap selanjutnya tangan penderita dapat terlihat seperti cakar (claw) karena jari kelingking serta jari manis berada dalam posisi menekuk. Beberapa orang juga menyebut gejala ini sebagai jari-jari keriting.

Bagaimana cara mengatasi sindrom Guyon?

Secara umum, sindrom ini bisa ditangani dengan langkah-langkah pencegahan hingga operasi pada kasus yang serius. Berikut adalah hal-hal meliputi tindakan konservatif dan operatif.

  • Meminimalisasi faktor risiko
  • Kurangi dulu gerakan atau aktivitas yang bisa memicu kambuhnya rasa nyeri atau kesemutan
  • Obat-obatan, misalnya pereda nyeri yang diresepkan dokter
  • Operasi

Prosedur operasi merupakan pilihan terakhir apabila cara-cara penyembuhan biasa gagal atau dipastikan terdapat tumor pada area tersebut.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Brown CK, Stainsby B, Sovak G. Guyon Canal Syndrome: lack of management in a case of unresolved handlebar palsy. J Can Chiropr Assoc. 2014;58(4):413-420.

Depukat P, Mizia E, Kuniewicz M, Bonczar T, Mazur M, Pelka P, et. al. Syndrome of canal of Guyon – definition, diagnosis, treatment and complication. Folia Medica Cracoviensia. 2015;55(1):17-23.

Woo A, Bakri K, Moran SL. Management of Ulnar Nerve Injuries. The Journal of Hand Surgery. 2015;40(1):173-181.

Hoogvliet P, Coert JH, Fridén J, et al. How to treat Guyon’s canal syndrome? Results from the European HANDGUIDE study: a multidisciplinary treatment guideline. Br J Sports Med. 2013, doi: 10.1136/bjsports-2013-092280.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh dr. William
Tanggal diperbarui 06/02/2018
x