home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Inilah Kenapa Lidah Kesemutan dan Baal Setelah Makan Pedas

Inilah Kenapa Lidah Kesemutan dan Baal Setelah Makan Pedas

Anda menyukai makan pedas? Ada beberapa orang yang gemar makan pedas karena tertantang dengan rasanya yang ‘meledak-ledak’ di dalam mulut. Justru sensasi panas, lidah terbakar, kesemutan, hingga menjadi baal adalah hal yang dicari oleh para penyuka makanan pedas. Lalu sebenarnya apa yang menyebabkan lidah kesemutan setelah makan pedas? Berikut adalah penjelasannya.

Mengapa makan pedas bikin lidah baal dan seperti kesemutan?

Jika Anda suka makan pedas, mungkin Anda akan merasakan lidah Anda terasa seperti kesemutan, baal, tidak dapat merasakan rasa. Apalagi jika mengonsumsi makanan pedas dalam jumlah yang banyak. Hal ini sebenarnya disebabkan oleh zat capsaicin yang ada di dalam cabai.

Zat capsaicin ini yang menyebabkan Anda merasakan rasa pedas dalam makanan Anda. Sensasi panas dan nyeri yang awalnya ditimbulkan oleh zat capsaicin ketika masuk ke dalam mulut dianggap sebagai rasa pedas.

Lidah memiliki saraf yang menerima semua rangsangan – dalam bentuk rasa – yang kemudian akan mengantarkan sinyal ke otak untuk memberitahu rasa apa yang dirasakan saat itu. Saat ia menerima makanan asin, manis, pahit, dan asam, lidah memiliki kemampuan khusus untuk menerima rasa tersebut.

Namun, ketika Anda makan pedas, maka tidak berapa lama kemudian saraf akan mengirimkan dua pesan ke otak, yaitu ‘ini adalah rangsangan sakit’ dan ‘ini adalah rangsangan panas’. Apabila Anda makan makanan pedas dalam jumlah yang banyak, maka sinyal yang dikirim ke otak semakin banyak. Sehingga, otak akan menyimpulkan bahwa lidah sedang kesakitan dan kepanasan, akhirnya timbul rasa kesemutan dan baal pada lidah.

Lalu bagaimana mengatasi lidah yang kesemutan dan baal setelah makan pedas?

Beberapa cara yang bisa menolong Anda dari rasa terbakar, baal, dan kesemutan pada lidah yang diakibatkan karena makan pedas:

  • Minum segelas susu, telah terbukti dapat mengatasi rasa sakit yang Anda rasakan setelah makan pedas. Menurut American Chemical Society, protein yang ada di dalam susu dapat mengurangi rangsangan rasa sakit yang diterima saraf lidah.
  • Ambil satu sendok teh gula. Tentu saja makanan manis dapat membantu hilangkan rasa pedas yang Anda rasakan. Gula dapat menyerap dan menetralkan rasa pedas dari capsaicin yang ada di dalam cabai. Tapi, ingat jatah gula Anda dalam sehari telah berkurang karena mengonsumsi gula satu sendok teh dan jangan mengonsumsi gula terlalu banyak.
  • Sepotong cokelat tidak hanya baik untuk mood Anda, tapi juga mampu atasi lidah yang baal. Kandungan lemak yang terdapat di dalam cokelat akan membuat capsaicin menjadi mudah larut, sehingga rangsangan yang diterima saraf lidah berkurang.
  • Anda butuh sepotong roti bila ingin membebaskan lidah Anda dari rasa baal dan kesemutan akibat makan pedas. Sama seperti kerja cokelat, roti ampuh untuk menyerap capsaicin dan membuat lidah tidak terlalu terbakar.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Healthline. (2017). Tongue Burn. [online] Available at: http://www.healthline.com/health/tongue-burn#complications4  [Accessed 29 Mar. 2017].

Scientific American. (2017). Why is it that eating spicy, ‘hot’ food causes the same physical reactions as does physical heat (burning and sweating, for instance)?. [online] Available at: https://www.scientificamerican.com/article/why-is-it-that-eating-spi/  [Accessed 29 Mar. 2017].

Medical Daily. (2014). Dont feel The Burn: 5 Best Remedies To Cool Your Tounge After Eating Spicy Food. [online] Available at: http://www.medicaldaily.com/dont-feel-burn-5-best-remedies-cool-your-tongue-after-eating-spicy-food-279930 [Accessed 29 Mar. 2017].

 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M
Tanggal diperbarui 07/03/2017
x