Inilah Kenapa Lidah Kesemutan dan Baal Setelah Makan Pedas

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 28 September 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Anda menyukai makan pedas? Ada beberapa orang yang gemar makan pedas karena tertantang dengan rasanya yang ‘meledak-ledak’ di dalam mulut. Justru sensasi panas, lidah terbakar, kesemutan, hingga menjadi baal adalah hal yang dicari oleh para penyuka makanan pedas. Lalu sebenarnya apa yang menyebabkan lidah kesemutan setelah makan pedas? Berikut adalah penjelasannya.

Mengapa makan pedas bikin lidah baal dan seperti kesemutan?

Jika Anda suka makan pedas, mungkin Anda akan merasakan lidah Anda terasa seperti kesemutan, baal, tidak dapat merasakan rasa. Apalagi jika mengonsumsi makanan pedas dalam jumlah yang banyak. Hal ini sebenarnya disebabkan oleh zat capsaicin yang ada di dalam cabai.

Zat capsaicin ini yang menyebabkan Anda merasakan rasa pedas dalam makanan Anda. Sensasi panas dan nyeri yang awalnya ditimbulkan oleh zat capsaicin ketika masuk ke dalam mulut dianggap sebagai rasa pedas.

Lidah memiliki saraf yang menerima semua rangsangan – dalam bentuk rasa – yang kemudian akan mengantarkan sinyal ke otak untuk memberitahu rasa apa yang dirasakan saat itu. Saat ia menerima makanan asin, manis, pahit, dan asam, lidah memiliki kemampuan khusus untuk menerima rasa tersebut.

Namun, ketika Anda makan pedas, maka tidak berapa lama kemudian saraf akan mengirimkan dua pesan ke otak, yaitu ‘ini adalah rangsangan sakit’ dan ‘ini adalah rangsangan panas’. Apabila Anda makan makanan pedas dalam jumlah yang banyak, maka sinyal yang dikirim ke otak semakin banyak. Sehingga, otak akan menyimpulkan bahwa lidah sedang kesakitan dan kepanasan, akhirnya timbul rasa kesemutan dan baal pada lidah.

Lalu bagaimana mengatasi lidah yang kesemutan dan baal setelah makan pedas?

Beberapa cara yang bisa menolong Anda dari rasa terbakar, baal, dan kesemutan pada lidah yang diakibatkan karena makan pedas:

  • Minum segelas susu, telah terbukti dapat mengatasi rasa sakit yang Anda rasakan setelah makan pedas. Menurut American Chemical Society, protein yang ada di dalam susu dapat mengurangi rangsangan rasa sakit yang diterima saraf lidah.
  • Ambil satu sendok teh gula. Tentu saja makanan manis dapat membantu hilangkan rasa pedas yang Anda rasakan. Gula dapat menyerap dan menetralkan rasa pedas dari capsaicin yang ada di dalam cabai. Tapi, ingat jatah gula Anda dalam sehari telah berkurang karena mengonsumsi gula satu sendok teh dan jangan mengonsumsi gula terlalu banyak.
  • Sepotong cokelat tidak hanya baik untuk mood Anda, tapi juga mampu atasi lidah yang baal. Kandungan lemak yang terdapat di dalam cokelat akan membuat capsaicin menjadi mudah larut, sehingga rangsangan yang diterima saraf lidah berkurang.
  • Anda butuh sepotong roti bila ingin membebaskan lidah Anda dari rasa baal dan kesemutan akibat makan pedas. Sama seperti kerja cokelat, roti ampuh untuk menyerap capsaicin dan membuat lidah tidak terlalu terbakar.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

6 Cara Mengurangi Rasa Tidak Enak Badan saat Demam

Ketika demam menyerang, Anda pasti tidak enak badan. Mau istirahat atau makan jadi susah. Tenang saja, ini enam solusi yang tepat supaya Anda lebih nyaman.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan, Informasi Kesehatan 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Sehatkah Kalau Makan Makanan yang Sama Terus Setiap Hari?

Adakah dampak kesehatan tertentu jika kita makan makanan yang sama tiap harinya? Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi kebiasaan tersebut?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Tips Makan Sehat, Nutrisi 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Tiba-Tiba Susah Kentut? Tak Perlu Pusing, Begini Cara Mengatasinya

Pernah merasakan tidak bisa kentut? Tentu rasanya sangat mengganggu dan membuat perut terasa sakit. Tenang, atasi masalah susah kentut dengan cara alami ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Kesehatan, Gejala dan Kondisi Umum 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

9 Cara Jitu untuk Mengusir Semut Bandel di Rumah

Setiap rumah pasti ada semutnya. Apalagi rumah yang kotor. Jangan panik dulu, air lemon ternyata bisa jadi cara mengusir semut di rumah yang terjamin ampuh.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

gula darah turun

Habis Makan, Gula Darah Malah Turun Drastis? Apa Sebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Angelina Yuwono
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
mencium bau badan

Kenapa, Sih, Kita Tidak Bisa Mencium Bau Badan Sendiri?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
ciri dan gejala infeksi parasit

Mengenal Jenis-Jenis Parasit dan Penyakit Infeksi yang Disebabkannya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 10 menit
badan sakit setelah olahraga

Badan Sakit Setelah Olahraga, Apakah Artinya Olahraga Anda Ampuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit