Bagaimana Cara Membedakan Gejala Multiple Sclerosis Dengan Stroke?

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/11/2019
Bagikan sekarang

Sekilas, penyakit stroke dan multiple sclerosis (MS) memiliki banyak kesamaan. Walaupun demikian, dua kondisi ini merupakan penyakit yang berbeda dan penyebabnya pun berbeda. Mengapa keduanya memiliki gejala yang hampir sama? Adakah perbedaannya? Simak penjelasan berikut mengenai perbedaan gejala multiple sclerosis dengan stroke.

Kenapa penyakit multiple sclerosis dan stroke sangat mirip?

Multiple sclerosis adalah penyakit autoimun, tepatnya ketika sistem imun menyerang sumsum tulang belakang dan saraf di otak. Orang yang mengalami masa serangan MS, beberapa bagian sistem sarafnya berhenti bekerja karena peradangan berlebih.

Penyakit stroke pun sama-sama memengaruhi sistem saraf. Namun, penyakit ini disebabkan adanya bekuan darah atau kebocoran pada pembuluh darah sehingga memotong aliran darah ke otak dan membuat bagian otak tersebut berhenti bekerja.

Penyakit ini terlihat sama karena keduanya menimbulkan masalah serupa, yaitu memengaruhi fungsi sistem saraf dan membahayakan otak.

Gejala multiple sclerosis dan stroke yang sama

Menurut WebMD, gejala multiple sclerosis dan stroke yang ditimbulkan bergantung pada bagian mana dari otak mengalami kerusakan. Namun, keduanya dapat menimbulkan gejala yang sama, misalnya:

  • Linglung, tidak bisa berpikir jernih, dan tidak fokus
  • Pusing dan muncul perasaan akan pingsan
  • Sakit kepala
  • Merasa kedinginan atau lemah pada lengan, wajah, atau tungkai
  • Terjadi gangguan atau kehilangan kemampuan untuk berbicara
  • Sulit berjalan
  • Gangguan penglihatan

Bagaimana kedua penyakit ini dibedakan dan didiagnosis?

Walaupun sulit, penting untuk mengetahui perbedaan antara gejala multiple sclerosis dengan stroke. Sebab ini akan memengaruhi pengobatan dan perawatan yang dilakukan. Tes MRI memungkinkan dokter untuk mengetahui perbedaan penyakit keduanya. Dokter juga akan menanyakan seputar gejala yang pasein alami. Beberapa petunjuk berikut dapat mempermudah dokter untuk menentukan diagnosis, seperti:

Seberapa cepat gejalanya muncul?

Gejala multiple sclerosis cederung muncul lebih lambat, biasanya lebih dari berjam-jam atau berhari-hari. Sementara stroke terjadi dengan cepat atau mendadak; suatu saat Anda merasa sehat tapi tiba-tiba gejala muncul.

Gejala multiple sclerosis sering muncul dan tambah parah, tapi bisa juga membaik (pasang surut gejala). Ini membantu pasien dalam melaporkan keluhan gejala yang dialami.

Perhatikan gejala yang tidak biasa

Kehilangan kemampuan untuk berbicara bisa terjadi pada keduanya. Namun, ini bukan gejala multiple sclerosis yang umum. Jadi, kemungkinan ini bisa menjadi tanda peringatan untuk penyakit stroke.

Selain itu, ada gejala yang muncul pada multiple sclerosis dan tidak muncul pada stroke. Gejala tersebut meliputi kejang otot dan rasa nyeri. Pasien juga bisa mengembangkan penyakit multiple sclerosis pada usus dan kandung kemih.

Penyakit stroke biasanya menyerang orang yang usianya di atas 50 tahun, sementara penyakit multiple sclerosis biasanya tidak terjadi pada kisaran usia tersebut.

Kemudian, bila pasien memiliki riwayat penyakit diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi (hipertensi), dan kadar kolesterol tinggi, ini menunjukkan pasien lebih berisiko terkena stroke.

Kapan harus memeriksakan diri ke dokter?

Jangan menunggu terlalu lama jika Anda mengalami gejala stroke ataupun gejala multiple sclerosis. Sebab, stroke merupakan kondisi yang serius dan harus mendapatkan perawatan medis segera. Ini dapat mencegah masalah jangka panjang dan kematian akibat stroke.

Sementara untuk multiple sclerosis, mematuhi anjuran dari dokter dapat membantu mengelola dan mengurangi kambuhnya gejala, juga penyakit lain akibat komplikasi. Sebaiknya, selalu cek kesehatan dengan rutin dan menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai risiko penyakit.

You are already subscribed to notifications.

Baca Juga:

Sumber

The Difference Between a Stroke & MS. https://www.webmd.com/multiple-sclerosis/multiple-sclerosis-stroke-symptoms#1. Diakses pada 26 Februari 2018.

You Wanted to Know: Stroke Versus MS. http://blog.doctoroz.com/you-wanted-to-know/you-wanted-to-know-stroke-versus-ms. Diakses pada 26 Februari 2018.

Yang juga perlu Anda baca

Kenapa Saya Sakit Perut Setelah Buka Puasa?

Pernahkah Anda sakit perut setelah buka puasa? Bisa jadi ini karena pengaruh makanan yang Anda konsumsi saat berbuka. Apa lagi sebab lainnya?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Hari Raya, Ramadan 07/05/2020

4 Tips Mencegah Maag Kambuh Saat Puasa

Puasa menjadi tantangan tersendiri untuk Anda yang memiliki maag. Namun, jangan khawatir, berikut tips-tips mencegah maag saat puasa.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hari Raya, Ramadan 07/05/2020

5 Tips Lancar Puasa Bagi Anda yang Punya Tekanan Darah Tinggi

Punya masalah hipertensi alias tekanan darah tinggi saat puasa tentu memberikan tantangan sendiri. Agar puasa tetap lancar, ikuti tips ampuhnya berikut ini!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Hari Raya, Ramadan 04/05/2020

Bolehkah Kita Donor Darah Saat Puasa? Apa Saja Risikonya?

Donor darah sebaiknya dilakukan teratur. Tapi bagaimana jika jadwal donor darah Anda selanjutnya jatuh di bulan Ramadan? Bolehkah donor darah saat puasa?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hari Raya, Ramadan 02/05/2020

Direkomendasikan untuk Anda

Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 26/05/2020
Rutin Minum Madu Saat Sahur Bisa Memberikan 5 Kebaikan Ini

Rutin Minum Madu Saat Sahur Bisa Memberikan 5 Kebaikan Ini

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 17/05/2020
3 Buah Selain Kurma yang Baik untuk Berbuka Puasa

3 Buah Selain Kurma yang Baik untuk Berbuka Puasa

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Monika Nanda
Dipublikasikan tanggal: 14/05/2020
7 Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Fit Saat Puasa

7 Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Fit Saat Puasa

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 09/05/2020