Obat Penghilang Rasa Sakit Tidak Akan Mempan Kalau Anda Kurang Tidur

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/11/2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Obat penghilang rasa sakit adalah satu di antara sekian banyak jenis obat yang sering digunakan tanpa resep dokter. Obat ini kerap dikonsumsi ketika seseorang mengalami sakit kepala ringan atau kram menstruasiNah, jika Anda salah satu orang yang sering mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, sebuah penelitian terbaru mengungkapkan hubungan yang tidak terduga antara kurang tidur dengan rasa sensitif terhadap nyeri. Temuan ini mungkin memiliki implikasi yang signifikan terhadap penggunaan obat penghilang rasa sakit. Simak penjelasan selengkapnya dalam artikel ini.

Kurang tidur bikin obat nyeri tak bisa berfungsi

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Nature Medicine, para peneliti melakukan penelitian dengan cara memberi mainan dan berbagai aktivitas pada tikus percobaan agar mereka tetap bangun. Sepanjang periode terjaga tersebut, para peneliti memantau rasa kantuk, tingkat stres, dan rasa sensitif terhadap sakit. Hal ini dilakukan untuk meniru kondisi manusia yang kurang tidur. Setelah lima hari tikus tersebut dibuat kurang tidur, diketahui para tikus ini ternyata menjadi lebih sensitif terhadap rasa sakit.

Lalu para peneliti memberikan obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen dan morfin untuk melihat apakah kedua obat itu menghambat rasa sakit ekstra yang diakibatkan kurang tidur. Hasilnya ternyata ibuprofen tidak membantu menurunkan rasa sakit. Selain itu, morfin yang sering digunakan untuk menghilangkan nyeri hebat, juga tidak terlalu efektif.

Nah, hal ini memunculkan anggapan bahwa orang yang menggunakan obat-obatan serupa untuk menghilangkan rasa sakit namun di lain sisi mereka juga kurang tidur, mungkin harus meningkatkan dosisnya agar efeknya terasa. Namun, hal ini memunculkan kekhawatiran yang akan terjadi dari efek samping bila obat dipakai pada dosis tinggi.

Kafein dan modafinil ternyata mampu meredakan rasa sakit

Saat mengantuk dan kurang semangat, biasanya secangkir kopi bisa membantu untuk membuat kita “bangun” lagi. Namun selain membuat kita terjaga, kopi mungkin memiliki kegunaan lain juga. Berdasarkan penelitian tersebut, kafein diyakini bisa membantu menghilangkan rasa sakit.

Tetapi saat para peneliti memberikan obat-obatan agar mereka terjaga, seperti kafein dan modafinil, ternyata keduanya justru bisa memblokir rasa sakit yang dipicu kurang tidur. Kafein dan modafinil memicu produksi dopamin di otak, yang mungkin memiliki peran untuk menghilangkan sakit.  Meski begitu, bagaimana kafein dan modafinil bisa bekerja untuk meredakan rasa sakit masih belum jelas.

Itu sebabnya, dari penelitian tersebut disimpulkan bahwa tidur cukup dan mengkonsumsi zat yang membuat kita terjaga, seperti kopi, bisa menjadi strategi jitu untuk menghilangkan rasa sakit kronis. Namun masih diperlukan riset lebih jauh terhadap manusia untuk menentukan berapa lama tidur yang dibutuhkan agar rasa sakit berkurang dan apakah kafein bisa membantu menghilangkannya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

6 Penyebab Nyeri Sendi Bahu dan Cara Mengobatinya

Sendi bahu bisa terasa nyeri atau sakit karena macam-macam penyebab. Cari tahu apa penyebabnya dan cara mengobatinya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Gangguan Muskuloskeletal, Health Centers 21/04/2020 . Waktu baca 7 menit

Menyiasati Jadwal Minum Obat saat Puasa Ramadan

Puasa di bulan Ramadan wajib bagi umat muslim. Keharusan minum obat secara rutin bisa disiasati agar tetap bisa menjalankan puasa dengan tenang.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Hari Raya, Ramadan 19/04/2020 . Waktu baca 4 menit

7 Gejala Umum dari Nyeri Sendi, dan yang Muncul Khas Sesuai Penyakit Penyebab

Ketika persendian Anda cedera, gejala yang paling pertama muncul adalah nyeri sendi. Namun, nyeri sendi juga bisa jadi gejala suatu penyakit.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Gangguan Muskuloskeletal, Health Centers 18/04/2020 . Waktu baca 8 menit

8 Vitamin yang Efektif Meredakan Nyeri Sendi

Tidak hanya untuk menjaga kesehatan, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen atau vitamin untuk meredakan nyeri sendi. Cari rekomendasinya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Nyeri Kronis, Health Centers 17/04/2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

ngantuk saat puasa

Kenapa Kita Sering Ngantuk Saat Puasa?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Angga Maulana
Dipublikasikan tanggal: 07/05/2020 . Waktu baca 5 menit
menghilangkan kantuk saat menyetir

Tips Menghilangkan Kantuk Saat Menyetir Selama Mudik Pulang Kampung

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 26/04/2020 . Waktu baca 6 menit
mengatasi nyeri sendi

6 Cara Mengatasi Nyeri Sendi di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 23/04/2020 . Waktu baca 6 menit
sendi rahang sakit

Sendi Rahang Sakit? Cari Tahu Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 23/04/2020 . Waktu baca 6 menit