Cara Mengatasi Ulkus Lambung

Oleh

Sakit ulkus lambung bisa terasa menyakitkan dan dapat mempengaruhi kegiatan sehari-hari Anda. Untungnya, ada banyak perawatan untuk ulkus lambung Anda. Untuk ulkus lambung yang ringan, Anda dapat mengobatinya di rumah, tetapi untuk ulkus lambung yang lebih parah Anda mungkin perlu mencari perawatan medis. Pengobatan tergantung pada penyebab dan tingkat keparahan ulkus lambung Anda, pilihan pengobatan Anda mungkin salah satu atau kombinasi dari pengobatan berikut:

Anda dapat mengelola ulkus lambung dengan penggunaan obat

Antasid yang beredar di pasaran dan blocker asam yang dapat meredakan beberapa atau semua rasa sakit, tapi rasa lega hanya sementara. Dengan bantuan dokter, Anda dapat menemukan bantuan untuk mengatasi rasa sakit ulkus lambung, serta obat seumur hidup dari penyakit ini.

Blocker histamin

Blocker histamin, juga dikenal sebagai pengurang asam, dapat mengurangi rasa sakit ulkus lambung Anda dengan mengurangi jumlah asam lambung Anda. Obat ini termasuk ranitidine, famotidine dan cimetidine. Untuk penggunaan paling efektif dari obat ini, pastikan untuk menggunakannya sekitar 15 menit sebelum makan. Anda mungkin atau mungkin tidak mengalami efek samping.

Beberapa efek samping dapat mencakup:

  • Diare
  • Sakit kepala
  • Pusing
  • Ruam
  • Kelelahan.

Proton pump inhibitor (PPI)

Seperti blocker histamin, proton pump inhibitor juga dapat mengurangi jumlah asam dalam perut Anda, mencegah kerusakan lebih lanjut akibat ulkus lambung. Proton pump inhibitor bekerja dengan menghambat pompa proton yang terletak di lapisan perut Anda. Pompa proton ini bertanggung jawab untuk memompa asam dalam perut Anda. Bila Anda memiliki ulkus lambung, pompa proton biasanya terlalu aktif.

PPI meliputi obat-obatan seperti omeprazole, pantoprazole dan lansoprazole. Beberapa efek samping dapat mencakup:

  • Sakit kepala
  • Diare atau sembelit
  • Merasa sakit
  • Nyeri abdomen (perut)
  • Pusing
  • Ruam

Untuk hasil yang paling efektif, Anda harus menggunakan proton pump inhibitor setidaknya 30 menit sebelum makan.

Antibiotik

Dokter mungkin meresepkan antibiotik hanya jika Anda telah diuji positif untuk infeksi H. pylori, yaitu infeksi bakteri yang menyebabkan radang perut. Beberapa antibiotik yang umum digunakan adalah amoxicillin, clarithromycin dan metronidazole. Beberapa antibiotik mungkin memiliki efek samping yang lebih daripada yang lain. Beberapa efek samping yang umum mungkin termasuk:

  • Mual
  • Diare
  • Rasa logam di mulut Anda.

Untuk semua antibiotik, penting untuk tidak melewatkan dosis dan menyelesaikan penggunaan penuh seperti yang dianjurkan oleh dokter Anda. Melalui cara ini akan mencegah resistensi antibiotik dan infeksi pulih kembali. Selain itu, penting untuk menghindari alkohol saat penggunaan metronidazol. Antibiotik ini dapat menyebabkan reaksi panas yang akan muncul di pipi Anda. Dianjurkan untuk menghindari alkohol setidaknya 3 hari setelah selesai Anda menggunakan metronidazol.

Anda akan diperiksa kembali setidaknya empat minggu setelah menyelesaikan penggunaan antibiotik Anda telah selesai untuk melihat apakah infeksi bakteri H. pylori benar-benar hilang. Jika dokter Anda masih mendeteksi bakteri, Anda mungkin perlu menggunakan antibiotik lain untuk  mengobati ulkus lambung perut Anda secara efektif .

Pengobatan alami yang dapat membantu meringankan rasa sakit ulkus lambung Anda

Madu

Madu merupakan antibakteri yang kuat, yang dapat berisi hingga 200 elemen, termasuk polifenol dan antioksidan lainnya. Madu bisa menjadi obat terbaik untuk meringankan Anda.

Bawang putih

Ekstrak bawang putih mampu menghambat pertumbuhan H. pylori pada manusia. Bawang putih dapat mengencerkan darah Anda, sehingga berkonsultasilah dengan dokter Anda sebelum menggunakannya jika Anda menggunakan warfarin atau obat resep pengencer darah lainnya.

Buah, sayuran, dan biji-bijian

Buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian tidak hanya baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan, tetapi juga dapat membantu tubuh Anda menyembuhkan ulkus lambung. Makanan yang mengandung polifenol, antioksidan melindungi Anda dari ulkus lambung dan dapat menyembuhkannya. Makan lebih banyak buah dan sayuran sehari-hari dapat menjadi solusi yang baik untuk ulkus lambung Anda.

Tips gaya hidup untuk mengelola ulkus lambung

  • Jangan menggunakan suplemen zat besi overdosis. Meskipun penderita ulkus lambung mengalami perdarahan yang dapat menjadi anemia dan mungkin perlu menggunakan zat besi sebagai pengobatan, penggunaan zat besi terlalu banyak dapat mengiritasi lapisan lambung dan ulkus lambung. Tanyakan kepada dokter Anda berapa banyak zat besi yang Anda butuhkan.
  • Hindari stres dan belajar bagaimana menghadapi stres. Berlatihlqh teknik relaksasi, seperti teknik pernapasan dalam, sugesti yang dibimbing, latihan moderat, dan yoga dapat membantu meringankan stres dan membantu penyembuhan.
  • Jangan merokok. Jika Anda merokok, dianjurkan untuk berhenti.
  • Hindari alkohol. Mengurangi jumlah asupan alkohol bisa membantu ulkus lambung Anda.
  • Melakukan lebih banyak olahraga untuk meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.
  • Ingatlah untuk mengunjungi dokter segera jika ada masalah serius terjadi pada ulkus lambung Anda.

Ada banyak cara untuk mengelola dan mengurangi ulkus lambung yang direkomendasikan oleh dokter. Jika Anda mengikuti resep dokter, mungkin diperlukan 1 atau 2 bulan untuk menyembuhkan ulkus lambung. Yang paling penting adalah bagaimana Anda melakukan pengobatan Anda secara tertib. Anda sebaiknya tidak mengobati ulkus lambung sendiri tanpa terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter Anda.

Share now :

Direview tanggal: Oktober 31, 2016 | Terakhir Diedit: Maret 11, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca