7 Solusi Alami untuk Mengatasi Nyeri Punggung

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 17/12/2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Anda mungkin akan mengalami nyeri punggung pada suatu waktu di hidup Anda. Terkadang, kondisi tersebut bisa menjadi serius: punggung Anda terasa sakit bukan main sampai menjalar ke kaki yang bikin mati rasa. Akibatnya Anda tidak bisa melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasanya. Dalam situasi ini, Anda harus menemui dokter terlebih dahulu. Namun, tidak semua kondisi nyeri punggung memerlukan resep. Anda dapat mengatasi nyeri punggung secara alami.

Berbagai cara mengatasi nyeri punggung tanpa harus berobat ke dokter

Kompres punggung

Saat bangun di pagi hari, nyeri punggung bisa menjadi lebih serius. Anda akan merasakan sakit dan kaku, dan Anda bahkan tidak bisa bangun untuk duduk.

Anda bisa mencoba menempatkan kompres panas di bawah punggung saat Anda berbaring terlentang atau di atas punggung saat Anda berbaring telungkup. Panas tersebut akan membantu menghangatkan otot, meredakan kekakuan, dan darah dapat mengalir ke punggung dengan lebih mudah. Namun, jangan gunakan panas yang terlalu tinggi karena dapat merusak jaringan kulit.

Lakukan yoga tertawa

Yoga tertawa adalah jenis yoga yang membantu orang memperbaiki kondisi kesehatan dengan cara tertawa. Saat Anda tertawa, tubuh bisa mendapat lebih banyak oksigen, mengurangi stres dan memproduksi lebih banyak hormon endorfin (hormon yang membantu meredakan nyeri secara alami).

Selain itu, yoga tertawa merupakan latihan fisik ringan yang bisa Anda lakukan jika latihan lain terlalu menyakitkan dan sulit untuk punggung Anda.

Pijat punggung

Anda dapat melakukan pijat secara teratur di rumah atau di pusat kesehatan. Pijatan membantu mengurangi stres, mengendurkan otot, dan mendorong tubuh memproduksi lebih banyak hormon endorfin. Anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan pijat di atas meja pijat atau kursi pijat. Ini tergantung pada kebutuhan Anda. Santai saja dan pijatan akan membantu mengatasi nyeri punggung Anda.

Ubah posisi tidur

Posisi tidur bisa memengaruhi kondisi nyeri punggung. Beberapa posisi dapat meningkatkan rasa sakit, dan beberapa posisi lainnya mengurangi. Anda harus mencoba beberapa posisi untuk mencari tahu posisi apa yang paling baik untuk Anda. Tidur pada posisi bersandar bisa membantu. Anda juga bisa mencoba tidur di kursi atau tempat tidur khusus untuk sokongan yang lebih baik.

Lakukan peregangan

Tuntutan hidup sering memaksa orang-orang untuk duduk lama di meja kerja sepanjang hari menyelesaikan pekerjaan atau belajar. Namun, jangan mempertahankan posisi duduk untuk terlalu lama. Setiap 20 menit, Anda harus berdiri dan meregangkan tubuh, seperti punggung, kaki, atau lengan Anda. Olahraga ringan bisa menjadi pilihan yang bagus karena membantu mengendurkan otot dan menghangatkan tubuh.

Pertahankan kekuatan otot

Menjaga kekuatan otot adalah cara yang baik untuk mengatasi nyeri punggung. Otot-otot pinggul dan panggul yang kuat memberikan sokongan yang lebih baik untuk punggung Anda.

Anda bisa merasakan nyeri punggung Anda berkurang dengan melakukan cara-cara di atas. Tapi untuk kasus nyeri punggung yang lebih serius, cara-cara mengatasi nyeri punggung di atas mungkin tidak begitu efektif. Oleh karena itu, mencari bantuan medis adalah pilihan yang terbaik.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Nyeri Pada Otot Paha? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Sebagai salah satu bagian penopang tubuh, paha juga dapat mengalami kondisi nyeri otot. Simak apa saja penyebab dan cara mengatasi nyeri otot paha!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Gangguan Muskuloskeletal, Health Centers 20/05/2020 . Waktu baca 6 menit

5 Penyebab Mulut Anda Terasa Pahit Saat Puasa

Penyebab mulut terasa pahit saat puasa biasanya tidak berbahaya. Bisa jadi, mulut terasa pahit karena Anda lalai melakukan hal yang satu ini! Apa ya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hari Raya, Ramadan 19/05/2020 . Waktu baca 3 menit

Beragam Penyebab Nyeri Otot Punggung dan Cara Mengatasinya!

Nyeri otot di bagian punggung bisa terjadi saat ada kerusakan pada bagian otot Anda. Cari tahu lebih banyak mengenai penyebab serta cara mengatasinya!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Gangguan Muskuloskeletal, Health Centers 19/05/2020 . Waktu baca 7 menit

4 Cara Mencegah Keluar Air Mani Saat Puasa

Bagi beberapa pria, air mani bisa bocor bahkan saat sedang tidak dirangsang. Ada beberapa cara mudah untuk mencegah air mani keluar saat puasa.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hari Raya, Ramadan 17/05/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

penyebab cantengan; kuku cantengan

Mengapa Kuku Bisa Cantengan dan Bagaimana Mengobatinya?

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 5 menit
yoga untuk pria

Tidak Hanya Wanita, Inilah 7 Manfaat Yoga untuk Pria

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 10/06/2020 . Waktu baca 7 menit
perbedaan stres dan depresi, gangguan kecemasan

Cara Membedakan Stres, Depresi, dan Gangguan Kecemasan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 09/06/2020 . Waktu baca 6 menit
nyeri otot dada

Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Otot di Dada

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 24/05/2020 . Waktu baca 6 menit