Bukannya Mengatasi Jerawat, Lemon Justru Bisa Memperparah Kondisi Kulit!

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Lemon, si buah kecut berwarna kuning cerah ini memiliki manfaat kesehatan yang sudah tidak diragukan lagi, termasuk untuk kecantikan. Banyak orang mengoleskan langsung lemon ke kulitnya untuk menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam. Namun, apakah benar lemon untuk jerawat adalah perawatan yang efektif? Cari tahu jawabannya dalam artikel ini.

Bolehkah pakai lemon untuk jerawat?

Berbagai senyawa yang terkandung dalam lemon menjadikannya pilihan yang tepat untuk perawatan kulit. Astrigent alami yang terkandung dalam lemon dapat membantu mengurangi minyak di wajah.

Asam sitrat yang terkandung pada lemon bertindak sebagai zat exfoliant untuk menghilangkan sel mati (yang menutupi pori-pori dan sering menyebabkan infeksi dan iritasi) pada lapisan luar kulit. Lemon juga memiliki sifat antibakteri yang membuatnya dapat menciptakan lingkungan asam sehingga bakteri tidak berkembang biak.

Selain itu, lemon juga kaya akan vitamin C. Vitamin C atau asam askorbat sering digunakan dalam banyak produk perawatan kulit. Vitamin C adalah bahan antipenuaan dan antioksidan yang luar biasa. Pasalnya, vitamin C dapat membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan peradangan, mencerahkan kulit, dan mengurangi bekas kerutan di wajah. Tidak hanya itu, vitamin C juga merupakan vitamin penting yang membantu memproduksi kolagen untuk kulit yang lebih lembut dan kenyal.

Tidak hanya itu, lemon juga memiliki sifat antiseptik dan antiradang yang baik untuk kesehatan kulit. Namun, jangan sembarangan menggunakan lemon untuk jerawat. Alih-alih mendapatkan kulit yang mulus dan bersih, lemon justru dapat memperparah jerawat Anda, bahkan membuat kulit Anda semakin rusak.

Lemon dapat menyebabkan iritasi kulit

manfaat lemon

Sayangnya, menggunakan sari lemon secara langsung ke kulit bukanlah cara terbaik untuk mendapatkan semua manfaat lemon seperti yang sudah disebutkan di atas, termasuk untuk mengatasi jerawat. Ingat, meski lemon adalah bahan alami, bukan berarti lemon aman untuk kulit Anda.

Lemon mengandung asam yang tinggi dengan pH 2. Padahal, pH alami kulit wajah manusia berkisar antara 4,-5,5 saja. Itulah sebabnya, lemon berkali-asam dari pH kulit, dan sebenarnya bisa 100 kali lebih asam dari kulit Anda. Kok bisa begitu? Pada penurunan satu skala pH, tingkat keasaman suatu senyawa juga akan meningkat menjadi 10 kali lipat.

pH lemon yang cenderung rendah ini dapat menyebabkan luka bakar kimia. Bahkan jika tidak membakar kulit Anda, lemon juga berisiko menyebabkan dermatitis kontak, ruam, dan iritasi kulit.

Tidak hanya itu, lemon dan semua buah citrus pada dasarnya akan membuat kulit Anda menjadi lebih sensitif terhadap matahari. Lemon dapat memicu jenis ruam yang parah yang disebut phytophotodermatitis. Phytophotodermatitis merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika bahan kimia yang terkandung dalam jenis tanaman tertentu menyebabkan kulit terbakar atau meradang saat kena sinar matahari.

Ternyata, furocoumarins yang terkandung dalam lemon memang bisa menyebabkan kerusakan kulit jika terpapar sinar ultraviolet A (UVA). Selain lemon, zat tersebut juga terkandung dalam buah dan sayuran lainnya seperti wortel, seledri, ubi jalar, buah-buahan citrus (misalnya jeruk mandarin, limau, jeruk nipis, dan jeruk bali), minyak esensial tertentu, bahkan rumput dan gulma.

Tips aman menggunakan lemon untuk kulit

lemon dan madu

Lemon mungkin bukan obat jerawat alami yang Anda cari. Namun jika digunakan dengan hati-hati, Anda dapat merasakan beragam manfaatnya untuk kesehatan kulit Anda. Untuk perawatan kulit, ikuti petunjuk keamanan berikut:

  • Jangan gunakan lemon atau buah citrus lainnya jika Anda memiliki kulit sensitif. Pasalnya lemon sangat mudah mengiritasi kulit Anda.
  • Jangan mengoleskan sari perasan lemon langsung di kulit Anda karena paparan cahaya matahari setelahnya dapat menyebabkan kondisi seperti yang sudah dijelaskan di atas.
  • Selalu cuci tangan dengan sabun dan air sampai bersih setelah memasak, menghabiskan waktu di luar rumah, atau berkebun. Mencuci tangan merupakan cara terbaik untuk menghilangkan bahan kimia yang terkandung dalam tanaman dari kulit.
  • Jika Anda ingin menggunakan lemon untuk jerawat, campurkan lemon dengan bahan lain untuk mengurangi efek samping. Anda dapat menggunakan madu, air mawar, yogurt, ataupun oatmeal.
  • Jangan gunakan lemon untuk wajah terlalu sering. Beberapa kali dalam sebulan mungkin masih aman. Namun, penggunaan lemon yang terlalu sering dapat menyebabkan kulit kering dan rentan terkelupas.
  • Segera hentikan pemakaian jika Anda melihat adanya iritasi atau ruam.

Pada dasarnya, cara terbaik untuk mengatasi jerawat Anda adalah dengan menggunakan perawatan yang memang sudah terbukti ampuh dapat mengatasinya. Jika Anda memiliki masalah kulit yang berkaitan dengan jerawat, berkonsultasilah ke dokter kulit untuk menentukan pengobatan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca