4 Prinsip Gaya Hidup Sehat yang Wajib Dipatuhi Pengidap Hepatitis

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Selain pengobatan yang ditawarkan oleh dokter, gaya hidup memainkan peran yang penting dalam mengelola hepatitis yang Anda idap. Begini panduan menjalani gaya hidup sehat untuk hepatitis.

Panduan gaya hidup sehat untuk hepatitis

1. Hindari alkohol

Meskipun alkohol bukanlah penyebab hepatitis Anda, Anda harus berhenti minum minuman keras. Ini dikarenakan kerusakan hati Anda bisa memburuk jika Anda tetap mengonsumsi alkohol.

2. Ganti menu makan Anda

Perubahan paling penting dalam pola makan Anda adalah mengurangi asupan garam (sodium). Anda harus memilih makanan yang rendah sodium dan mengurangi jumlah garam dalam resep Anda. Garam yang berlebihan bisa membuat tubuh mempertahankan cairan, sehingga memperparah pembengkakan di perut dan kaki Anda.

Anda harus menambahkan sayuran dan buah-buahan dalam jumlah besar ke dalam diet Anda. Kedua jenis makanan ini paling banyak memberikan asupan vitamin dan mineral untuk meningkatkan pertahanan tubuh.

Hepatitis menyebabkan malnutrisi dan kehilangan massa otot, jadi Anda juga membutuhkan lebih banyak protein. Anda bisa memilih protein tanpa lemak seperti kacang polong, unggas atau ikan. Namun, ingatlah untuk menghindari makanan laut.

3. Berhenti merokok dan mulai rutin olahraga

Mengubah kebiasaan yang merugikan untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan bisa membantu Anda mencegah dan mengatasi gejala hepatitis. Contohnya, berhenti merokok dan berolahraga setiap hari, digabungkan dengan mengonsumsi multivitamin (yang diresepkan oleh dokter). Jangan meminum suplemen zat besi tanpa anjuran dari dokter.

Selain itu, menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan baik bisa mengurangi masalah gigi yang bisa berakibat pada infeksi.

Anda harus yakin bahwa Anda telah melakukan vaksinasi, termasuk vaksin influenza, vaksin hepatitis A dan hepatitis B dan pneumokokus. Jangan lupa untuk bertanya pada dokter seberapa sering Anda harus divaksinasi.

4. Jangan berhubungan seks tanpa pengaman

Selalu gunakan kondom dalam setiap aktivitas seksual (termasuk seks oral dan anal) untuk mengurangi risiko penularan hepatitis ke orang lain. Hepatitis B dan hepatitis C bisa menular melalui aktivitas seksual, jadi melakukan hubungan seks tanpa pengaman bisa meningkatkan risiko jenis hepatitis ini. Tanyakan pada dokter mengenai vaksinasi hepatitis dan cara terbaik untuk melindungi diri dan pasangan Anda.

Gaya hidup sehat bisa memberikan efek yang luar biasa pada penyakit Anda. Mengapa tidak Anda mulai dari sekarang?

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Baca Juga:

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca