3 Olahraga yang Dapat Meredakan Sakit Punggung Anda

Oleh

Nyeri punggung adalah salah satu jenis nyeri otot yang paling umum dan mempengaruhi jutaan orang setiap tahunnya. Hal ini sering disebabkan dari mengangkat beban yang berat, gangguan muskuloskeletal, dan gaya hidup (menghabiskan sebagian besar waktu dengan duduk dan tidak aktif bergerak). Jika Anda mengalami sakit punggung, Anda dapat berolahraga untuk membantu meringankannya.

Olahraga adalah cara yang bagus untuk memperkuat otot-otot Anda. Sebelum memulai olahraga apapun, ada beberapa hal yang Anda harus tahu.

  • Pakai pakaian yang nyaman.
  • Jangan memaksakan tubuh untuk melakukan hal yang lebih dari kemampuannya. Olahraga seharusnya tidak menyakitkan.
  • Perlahan-lahan beradaptasi dengan olahraga. Jangan mulai dengan tiba-tiba. Gerakan yang tiba-tiba dapat merobek otot.
  • Berlatih pada permukaan yang datar dan bersih dan cukup besar untuk menampung pergerakan.
  • Tahan peregangan ¬†untuk memungkinkan otot dan sendi menjadi tidak kaku.

Berikut adalah 3 jenis olahraga yang dapat membantu Anda mengatasi rasa sakit:

Peregangan

Penelitian telah menunjukkan bahwa peregangan membantu mengurangi gejala nyeri punggung serta mencegah cedera lebih lanjut. Banyak pasien sakit punggung menderita ketegangan di bagian punggung dan kekakuan pada pagi hari. Melakukan beberapa peregangan di pagi hari dapat membantu mengurangi nyeri punggung, mengurangi rasa tidak nyaman, dan mengembalikan fleksibilitas pada pasien.

Anda bisa mulai dengan peregangan sederhana dengan berbaring telentang, biarkan kaki Anda sedikit menekuk pada bagian lutut. Pinggul dan lutut harus menyentuh tanah. Angkat siku Anda sehingga tangan Anda akan terangkat. Saat dalam posisi ini, tarik bahu Anda dan angkat dada Anda dari tanah. Tahan selama 20 sampai 30 detik kemudian perlahan-lahan kembali ke posisi awal. Ingatlah untuk menjaga pernapasan Anda dan tidak memaksakan diri terlalu keras.

Yoga

Yoga adalah latihan yang bagus dengan menggabungkan gerakan peregangan dan keseimbangan pada saat yang sama. Hal ini diyakini membantu Anda melepaskan asam berbahaya di dalam tulang punggung. Ada banyak gerakan yoga untuk sakit punggung, tapi salah satu yang paling mudah untuk pemula disebut child pose. Untuk memulai, Anda duduk dalam posisi berlutut, turunkan bokong Anda dan posisikan sejajar dengan tumit Anda. Meregangkan seluruh tubuh Anda ke depan dan membungkuk. Ketika Anda merasa nyaman, istirahatkan lengan Anda di lantai di sepanjang sisi Anda dan istirahatkan kepala Anda di atas matras. Posisi ini akan meregangkan lengan, bahu, tulang belakang, hingga bokong Anda.

Pilates

Pilates meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, dan kelenturan otot. Latihan pilates meningkatkan daya tahan otot yang berkontribusi dalam mengurangi nyeri punggung. Anda dapat mencoba latihan sederhana ini. Berbaring telentang dan letakkan tangan di samping tubuh. Biarkan lutut sedikit menekuk dan lebarkan kaki Anda sejajar dengan pinggul. Ingat untuk meratakan tulang belakang ke matras dan menjaga perut Anda agar rata. Kemudian Anda dapat mengangkat pinggul Anda dan selipkan ke arah tulang iga Anda; Anda bisa merasakan punggung Anda mendorong di atas matras. Tahan posisi ini selama 5 detik dan kemudian lepaskan.

Latihan hanya bisa membantu jika Anda melakukannya secara teratur. Jangan menyerah setengah jalan dan jangan biarkan punggung Anda kerja berlebih. Jika Anda ingin tahu olahraga apa yang cocok untuk Anda, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda.

Yang juga perlu Anda baca