5 Cara Mudah untuk Menghilangkan Komedo

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/11/2019
Bagikan sekarang

Komedo adalah hal yang umum. Orang pada usia berapapun dapat memiliki masalah ini. Meskipun komedo tidak menyebabkan nyeri, kemerahan, pembengkakan, atau gejala menyebalkan lain seperti jerawat, komedo dapat memengaruhi penampilan dan membuat Anda merasa tidak nyaman. Maka dari itu, coba berbagai cara untuk menghilangkan komedo di bawah ini.

Apa itu komedo?

Komedo terdiri dari dua jenis yaitu komedo terbuka atau blackheads, dan komedo tertutup alias whiteheads. Komedo disebabkan oleh folikel rambut yang membesar dan tersumbat. Jika berada di bawah kulit, komedo ini disebut komedo tertutup. 

Komedo terbuka atau blackheads terjadi ketika komedo muncul ke permukaan kulit dan terbuka. Minyak berlebih dari komedo kemudian akan terpapar udara dan teroksidasi, menyebabkan perubahan warna yang menggelap. Itulah kenapa komedo blackheads berwarna hitam. Jadi, warna hitam pada komedo bukan disebabkan oleh kotoran yang tersumbat, melainkan hasil oksidasi minyak. 

Komedo tidak menyebabkan nyeri, atau pembengkakan, tetapi dapat berada di kulit untuk jangka waktu yang lama, dan menghilangkan komedo juga bukan merupakan hal yang mudah.

Bagaimana cara menghilangkan komedo?

Komedo memengaruhi penampilan kulit, maka menghilangkannya adalah salah satu pertimbangan penting untuk kulit yang terlihat lebih sehat. Berikut beberapa cara menghilangkan komedo yang bisa Anda coba.

1. Pore strips

Pore strips dapat ditemukan dengan mudah di berbagai toko dan apotek. Bentuknya seperti stiker yang Anda tempel ke bagian yang berkomedo, biasanya hidung.

Anda dapat menempelkan strip ke area yang bermasalah dan tunggu selama sekitar 15 hingga 20 menit. Kemudian, lepaskan strip tersebut. Ketika Anda menarik strip tersebut, Anda akan menarik keluar komedo juga. Anda mungkin perlu menggunakan toner untuk membantu mengurangi ukuran pori-pori. Gunakan pore strips satu kali seminggu, diikuti dengan perawatan kulit yang baik.

Namun, ingatlah bahwa pore strips hanya dapat membantu menghilangkan komedo ketika komedo telah terbentuk di kulit. Pore strips tidak dapat membantu mencegah komedo.

2. Pembersih wajah dengan asam salisat atau asam glikolik

Menjaga kebersihan kulit selalu penting, baik bagi kulit yang sempurna dan tidak sempurna. Asam salisat atau asam glikolik membantu mengangkat sel-sel kulit mati dari lapisan teratas kulit. Kedua asam ini juga dapat menghilangkan kemerahan dan pembengkakan.

Pembersih ini harus digunakan satu atau dua kali seminggu. Selalu ikuti petunjuk pada label. Jika Anda tidak yakin tentang cara untuk menggunakannya dengan benar, tanyakan pada dokter atau dermatologis.

Anda juga harus memeriksa reaksi alergi Anda sebelum mencobanya pada wajah. Jangan biarkan pembersih menyentuh mata, mulut, hidung, atau kulit yang rusak untuk menghindari iritasi. Terapkan pembersih pada kulit yang basah dan pijatkan dengan lembut, jangan menggosok kulit Anda.

3. Masker yang mengandung tanah liat, pepaya, atau arang

Beberapa jenis masker yang mengandung tanah liat, pepaya, atau arang juga dapat membatu mengangkat komedo. Masker juga dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh, meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Anda dapat menggunakan masker ini satu atau dua kali seminggu.

4. Sikat kulit mekanik

Beberapa orang mungkin menemukan bahwa sikat kulit mekanik adalah yang paling efektif untuk menghilangkan komedo. Tidak hanya membersihkan komedo, sikat ini juga membersihkan bagian lainnya di wajah. Anda dapat merasa seakan wajah Anda sedang dipijat sewaktu menggunakannya.

5. Kunjungi dermatologis

Jika Anda tidak melihat adanya perkembangan setelah Anda menggunakan pengobatan di atas, Anda mungkin perlu menemui dermatologis. Dokter akan memeriksa kulit Anda dan memberikan beberapa resep yang efektif.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Muncul Ruam dan Gatal Sebelum Melahirkan? Itu Adalah PUPPP

PUPPP atau PUPPS adalah masalah kulit yang sering terjadi pada ibu hamil. Namun, apa yang membuat kondisi ini terjadi dan bagaimana cara mengatasinya?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi

4 Penyakit yang Menimbulkan Bentol Berair pada Kulit Bayi

Bentol berair pada kulit bayi tidak hanya terjadi akibat lecet saja. Namun, pada juga muncul akibat masalah kesehatan tertentu. Apa saja? Baca di sini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kulit Bayi, Parenting 14/03/2020

4 Penyebab Bercak Putih Pada Kulit Bayi dan Cara Mengatasinya

Bercak putih pada kulit bayi bisa menandakan masalah kesehatan. Apa saja, ya? Lantas, bagaimana cara mengibatinya? Baca di sini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kulit Bayi, Parenting 28/02/2020

Biang Keringat pada Bayi: Penyebab, Ciri-Ciri, Cara Mengatasi, dan Tips Mencegahnya

Biang keringat jadi masalah kulit yang paling umum terjadi pada bayi. Yuk, pelajari lebih dalam tentang penyebab, gejala, hingga perawatannya berikut ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kulit Bayi, Parenting 20/02/2020

Direkomendasikan untuk Anda

obat untuk infeksi jamur kulit

Cara Memilih Obat untuk Kulit yang Gatal Karena Infeksi Jamur Kulit

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 26/05/2020
glass skin

5 Langkah Wujudkan Kulit Bening Bercahaya ala Glass Skin

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 03/05/2020
merawat kulit saat karantina

Penyebab Masalah Kulit Saat Karantina dan Cara Merawatnya

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 27/04/2020
manfaat minyak biji rosehip

8 Manfaat Minyak Rosehip untuk Kecantikan Kulit

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 14/04/2020