Definisi

Apa itu keseleo (terkilir)?

Keseleo adalah kondisi yang sering diakibatkan oleh cedera pada pergelangan kaki, di mana ligamen pergelangan kaki terpelintir dan robek, biasanya akibat paksaan pada sendi. Cedera berkisar dari ringan hingga parah tergantung pada seberapa kerusakan pada ligamen. Ligamen adalah jaringan kuat yang mengikat dan menyambungkan tulang dengan tulang lainnya.

Seberapa umumkah keseleo (terkilir)?

Keseleo pada pergelangan kaki sangat umum terjadi pada pasien dengan usia berapapun. Kondisi ini dapat terjadi akibat berbagai macam aktivitas. Diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala keseleo (terkilir)?

Gejala-gejala umum dari keseleo pergelangan kaki adalah:

  • Nyeri
  • Bengkak
  • Memar
  • Tidak dapat bertumpu pada pergelangan yang sakit
  • Perubahan warna kulit
  • Kaku.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Tidak hanya keseleo, berbagai cedera lain juga dapat terjadi pada pergelangan kaki. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Dokter dapat menentukan apakah kondisi ringan atau parah dan memberi perawatan yang tepat.

Penyebab

Apa penyebab keseleo (terkilir)?

Kaki Anda dapat merenggang dengan tidak terduga untuk berbagai penyebab, seperti:

  • Aktivitas fisik pada permukaan yang kasar
  • Jatuh dan pergelangan kaki terpelintir
  • Saat beraktivitas olahraga, orang lain mungkin menginjak kaki Anda saat Anda berlari, menyebabkan kaki Anda terpelintir

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk keseleo (terkilir)?

Ada banyak faktor risiko untuk keseleo pada pergelangan kaki, yaitu:

  • Orang yang pernah keseleo parah sebelumnya
  • Orang dengan otot yang lemah
  • Melakukan olahraga yang melibatkan kaki, seperti trail running, basket, tenis, sepak bola.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana keseleo (terkilir) didiagnosis?

Dokter akan mendiagnosis keseleo dengan memeriksa kaki dan pergelangan kaki Anda. Selama pemeriksaan, dokter mungkin akan memindahkan sendi pergelangan tangan dengan berbagai cara untuk melihat jangka pergerakan Anda. Pemeriksaan fisik ini mungkin terasa sakit dan tidak nyaman.

Setelah memeriksa cedera Anda, dokter mungkin menyarankan beberapa tes untuk mengevaluasi tulang dan jaringan dengan lebih baik, seperti:

  • X-ray akan menunjukkan gambar untuk mengevaluasi masalah pada tulang seperti patah tulang.
  • Magnetic resonance imaging (MRI) mungkin akan disarankan jika dokter menduga adanya pecahan tulang, cedera serius pada ligamen atau kerusakan pada permukaan sendi pergelangan kaki.
  • CT scan mengombinasikan rangkaian gambar X-ray dari sudut yang berbeda dan menggunakan komputer untuk menghasilkan gambar cross-sectional. Hal ini dapat menunjukkan bagian dalam tubuh yang lebih detail.

Apa saja pengobatan untuk keseleo (terkilir)?

Operasi tidak diperlukan pada mayoritas kasus keseleo pada pergelangan kaki. Perawatan untuk keseleo pergelangan kaki tergantung pada tingkat keparahan cedera. Jika keseleo ringan, Anda mungkin diinstruksikan beberapa tips untuk merawat cedera di rumah, seperti:

  1. Istirahatkan pergelangan kaki: Anda mungkin memerlukan penyokong untuk mencegah memberatkan beban pada kaki yang cedera selama 48 jam
  2. Es harus segera ditempelkan untuk meringankan pembengkakan selama 20-30 menit, beberapa kali sehari pada 48 jam pertama
  3. Kompres dan perban akan melumpuhkan dan mendukung pergelangan kaki yang cedera
  4. Angkat kaki Anda lebih tinggi dari jantung sesering mungkin selama 48 jam pertama.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi keseleo (terkilir)?

Pada banyak kasus, penawar rasa sakit seperti ibuprofen, naproxen, atau acetaminophen diperlukan untuk membantu mengendalikan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan.

Terapi fisik

Saat pembengkakan membaik, Anda perlu melakukan beberapa latihan pemulihan untuk mencegah kekakuan, meningkatkan kekuatan pergelangan kaki, dan mencegah masalah kronis pada pergelangan kaki. Setiap terapis memiliki latihan tersendiri untuk membantu melatih keseimbangan dan stabilitas Anda.

Operasi untuk keseleo pergelangan kaki jarang dilakukan. Operasi diperlukan untuk cedera yang tidak merespon terhadap perawatan. Tergantung pada keparahan keseleo dan level aktivitas Anda, dokter akan memilih jenis operasi yang paling tepat untuk kondisi Anda.

Setelah operasi, Anda perlu untuk menggunakan boots pelindung untuk membantu melumpuhkan sendi dan menyembuhkan ligamen. Selain itu, rehabilitasi adalah bagian penting dalam proses pemulihan untuk membantu Anda kembali ke kondisi semula. Hal ini akan memakan waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan, tergantung pada tingkat cedera dan banyaknya operasi yang dilakukan.
Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Direview tanggal: April 20, 2017 | Terakhir Diedit: April 20, 2017

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan