5 Cara Menjaga Kesehatan Otot untuk Hindari Nyeri dan Pegal

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Manusia menggunakan otot-otot tubuhnya sejak bangun pagi hingga kembali tidur. Otot tubuh yang sehat dan kuat akan membuat Anda bisa bergerak bebas dan menikmati berbagai aktivitas yang Anda sukai. Agar Anda tak perlu berurusan dengan gangguan pada otot, berikut adalah beberapa cara menjaga kesehatan otot yang bisa dilakukan dalam kegiatan sehari-hari.

Cara menjaga kesehatan otot yang patut dicoba

Menjaga kesehatan otot tidak melulu harus dengan mengolah tubuh diĀ gym yang memakan banyak biaya. Ini buktinya:

1. Pertahankan berat badan ideal

Berat badan berlebih akan memberikan tekanan yang lebih besar pada otot tubuh sehingga membuatnya bekerja lebih keras. Otot tubuh Anda pun menjadi mudah lelah dan cepat tegang. Dampaknya adalah rasa tidak nyaman saat Anda beraktivitas.

Guna mencapai berat badan ideal, Anda perlu menjalani pola makan bergizi seimbang serta membatasi asupan makanan tinggi lemak jenuh dan kolesterol. Selain itu, Anda juga perlu rutin berolahraga minimal selama 30 menit sehari untuk membakar kalori ekstra yang menjadi penyebab bertambahnya berat badan.

2. Mencukupi kebutuhan air

cara diet air putih

Mengutip sebuah penelitian dalam laman Water for Health, kekurangan asupan air dapat berimbas pada gangguan penyerapan nutrisi oleh otot. Otot tubuh Anda akhirnya tidak dapat menyerap kalium dan magnesium yang diperlukan untuk menjaga keseimbangan elektrolit.

Dehidrasi juga dapat mengganggu reaksi kimia yang diperlukan untuk menyebarkan asam amino ke seluruh sel otot. Dampak jangka panjangnya adalah berkurangnya massa otot sehingga Anda lebih mudah merasa lelah, khususnya saat melakukan aktivitas yang menguras energi.

3. Mempraktikkan postur tubuh yang benar

posisi duduk

Salah satu cara menjaga kesehatan otot yang paling sederhana bisa diawali dengan membetulkan postur duduk. Bila Anda terbiasa duduk membungkuk, maka sudah saatnya menghentikan kebiasaan buruk ini. Pasalnya, postur tubuh yang salah akan memberikan beban tambahan pada tulang dan otot sehingga keduanya perlu bekerja lebih keras.

Saat berada dalam posisi duduk, cobalah untuk duduk dengan tegak sambil merilekskan pundak. Selama mengendarai mobil, gunakan sandaran jok untuk menopang punggung Anda. Ketika berdiri, jangan membungkuk dan bertumpu pada lutut. Biasakan diri Anda untuk berdiri tegak dengan pundak yang rileks.

4. Melatih otot

olahraga saat puasa

Semua jenis gerakan dalam olahraga memang akan melatih otot Anda, tapi ada jenis latihan tertentu yang bisa Anda terapkan untuk menjaga kesehatan otot. Sebagai contoh, latihan aerobik seperti jogging, berenang, dan badminton cukup efektif untuk meningkatkan kekuatan otot, menjaga kesehatan jantung, serta membakar lemak.

Cara menjaga kesehatan otot lainnya adalah dengan melakukan latihan ketahanan. Selain meningkatkan kekuatan, latihan ini juga dapat menambah massa otot tubuh dan memperkuat otot jantung. Anda dapat memulainya dengan latihan angkat beban secara bertahap.

5. Mengonsumsi makanan yang menyehatkan otot

fungsi protein dan makanan berprotein

Makanan yang menyehatkan otot tidak hanya harus kaya protein, tapi juga mengandung karbohidrat dan lemak dalam jumlah seimbang. Bila Anda aktif berolahraga, maka Anda juga perlu memperbanyak konsumsi makanan ini untuk menggantikan kalori yang hilang.

Contoh makanan kaya nutrisi yang bisa Anda coba adalah telur, salmon, tuna, dada ayam, daging merah, kacang dan polong-polongan, serta keju. Anda juga dapat mengonsumsi bubuk protein bila perlu, tapi sesuaikan jumlahnya dengan kebutuhan tubuh Anda.

Tak perlu terburu-buru, Anda dapat menerapkan beragam cara menjaga kesehatan otot di atas dengan menjadikannya sebagai bagian dari aktivitas sehari-hari. Perlahan tapi pasti, perbaikan gaya hidup tidak hanya akan memberikan manfaat bagi otot Anda, tapi juga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Selamat memulai!

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca