Apa itu infeksi virus west nile?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Definisi

Apa itu infeksi virus west nile?

Infeksi virus West Nile adalah infeksi yang berasal dari nyamuk pembawa virus. Sebagian besar infeksi tidak menyebabkan gejala. Dalam kasus langka, virus West Nile dapat menyebabkan penyakit serius pada otak (encephalitis) dan membran otak (meningitis).

Seberapa umumkah infeksi virus west nile?

Tidak semua orang yang digigit nyamuk akan terinfeksi oleh virus West Nile, orang dewasa yang berumur lebih dari 50 tahun lebih berisiko.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala infeksi virus west nile?

Kebanyakan orang tidak memiliki gejala. Yang lainnya mengalami gejala paling umum berupa sejenis flu, termasuk batuk, diare, demam, kehilangan napsu makan, dan nyeri sendi serta otot. Gejala lain adalah ruam, kelelahan, mual, dan muntah. Gejala penyakit yang lebih serius adalah sakit mata, sakit kepala, leher kaku, kesulitan berjalan, tubuh melemah, kejang-kejang, lumpuh, dan koma.

Mungkin masih ada gejala lain yang tidak tercantum. Jika ada pertanyaan tentang tanda-tanda penyakit, konsultasi dengan dokter.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Gejala ringan biasanya langsung hilang. Infeksi virus West Nile yang lebih parah biasanya memerlukan perawatan di rumah sakit. Jika Anda memiliki tanda atau gejala infeksi parah, misalnya sakit kepala, leher kaku, dan kebingungan, panggil ambulans secepatnya.

Penyebab

Apa penyebab infeksi virus west nile?

Nyamuk yang mengangkut virus menyebarkannya ke manusia melalui gigitan. Virus ini termasuk dalam famili flavivirus dan sering ditemukan di banyak tempat di alam, dan menginfeksi banyak burung dan mamalia tertentu. Infeksi ini tidak menular.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk infeksi virus west nile?

Faktor-faktor tertentu mungkin meningkatkan risiko infeksi virus West Nile:

  • Area geografis: Virus West Nile paling banyak muncul di Amerika Serikat, tapi belakangan juga berada di daerah bagian barat tengah dan selatan di mana jumlah kasus telah meningkat.
  • Waktu di luar rumah: Jika bekerja atau menghabiskan waktu di luar rumah, Anda berisiko terpapar virus.

Tidak mempunyai faktor risiko bukan berarti tidak bisa sakit. Faktor ini hanya sebagai referensi. Konsultasi dengan dokter untuk lebih banyak detail.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk infeksi virus west nile?

Pengobatan biasanya tidak perlu, tapi dokter mungkin meresepkan obat untuk meringankan gejalanya. Obat tanpa resep bisa menyembuhkan sakit kepala dan nyeri otot. Untuk infeksi yang lebih serius, rawat inap dibutuhkan. Kebanyakan orang membaik dalam 3-6 hari, tapi yang mengalami infeksi otak mungkin perlu waktu beberapa minggu. Beberapa orang yang menderita infeksi serius mungkin mempunyai gejala berkepanjangan.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk infeksi virus west nile?

Dokter membuat diagnosis dari riwayat pengobatan, pemeriksaan fisik, dan tes darah. Untuk gejala yang berhubungan dengan sistem saraf, dokter mungkin mengambil sedikit cairan cerebrospinal untuk menemukan infeksi. Dokter mungkin melakukan computed tomography (CT) atau magnetic resonance imaging (MRI) kepala jika diagnosis tidak jelas.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi infeksi virus west nile?

Gaya hidup dan pengobatan rumahan di bawah ini mungkin dapat membantu mengatasi infeksi virus West Nile:

  • Ikuti nasihat dokter.
  • Beritahu dokter tentang masalah obat.
  • Beritahu dokter kalau Anda hamil atau menyusui.
  • Hubungi dokter secepatnya atau pergi ke ruang darurat jika gejala memburuk; bila Anda menderita sakit kepala, leher, atau mata; atau terganggu dengan cahaya terang.

Sebagai tambahan, penting untuk mencegah infeksi lain. Untuk melakukannya, obat pengusir serangga dengan DEET harus digunakan pada kulit yang terbuka, pakaian, jendela, pintu, dan layar tenda. Pengusir serangga yang mengandung lebih dari 10% DEET tidak boleh dipakai oleh anak-anak. Kereta dorong bayi yang berumur kurang dari 2 bulan harus ada jaring penutup. Cegah nyamuk berkembang biak dengan cara mengosongkan benda-benda yang tergenang air, misalnya di dalam saluran yang tersumbat, selokan, pot bunga, ban lama, dan kolam renang.  Berdiamlah di dalam rumah saat nyamuk paling aktif di luar, atau kenakan baju berlengan panjang dan celana panjang saat berada di luar rumah. Gunakan layar penutup di rumah atau di tenda.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: September 22, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Yang juga perlu Anda baca