Bisakah Kutu Rambut Hilang Sendiri Tanpa Harus Diobati?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 23 Oktober 2017 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Rambut kutuan tidak hanya memalukan, namun juga sangat menjengkelkan karena gatalnya minta ampun dan sulit dibasmi. Kutu rambut seringnya menyerang anak-anak, tapi tak menutup kemungkinan juga orang dewasa bisa punya kutu di rambut. Nah, jika kena kutu, apakah harus diobati atau bisakah kutu rambut hilang sendiri?

Kenapa kutu di rambut bikin gatal?

Kutu adalah parasit yang berukuran sangat kecil, hampir tidak bisa dilihat oleh mata telanjang. Kutu rambut harus ada di kulit kepala untuk bertahan hidup. Pasalnya, kondisi kulit kepala yang hangat merupakan rumah yang ideal bagi kutu-kutu ini untuk berkembang biak.

Kutu dapat bertahan hidup dengan mengisap darah Anda. Inilah yang menyebabkan kenapa rambut kutuan bisa terasa gatal. Cara kutu mengisap darah kira-kira mirip seperti bagaimana nyamuk menggigit kulit dan menyebabkan bentol. Kutu bisa menyebabkan kepala gatal, terutama di malam hari. Hal ini kemudian bisa menyebabkan infeksi pada kulit kepala.

Kutu rambut tidak hilang tanpa diobati

Beberapa orang percaya bahwa mungkin saja kutu rambut hilang sendiri. Kutu kadang memang bisa pergi dengan sendirinya saat sudah dewasa dan akhirnya mati.

Terlebih, pemakaian shampoo antikutu yang berulang dalam jangka panjang diduga kuat dapat menyebabkan kutu semakin kebal. Sehingga, banyak yang enggan menggunakannya dan memilih membiarkan saja kutu di rambut hidup bebas sampai mati sendiri.

Akan tetapi, kutu rambut tidak hilang tanpa diobati. Kutu yang sudah mati pun pasti akan meninggalkan telur yang akan menetas dan beranjak dewasa, dan terus berkembang biak menghasilkan anak-cucu keturunan. Siklus ini terus berputar, sehingga kutu rambut tidak hilang dengan sendirinya jika dibiarkan tanpa perawatan.

Biasanya, kutu bisa bertahan hingga 30 hari di kepala. Dilansir dari Kids Health, kutu bisa menghasilkan telur hingga delapan butir dalam sehari. Hiiyyy… Coba bayangkan jika rambut kutuan terus dibiarkan tanpa diobati. Akan ada berapa banyak kutu yang menjajah kulit kepala Anda, barang seminggu saja?

Oleh karena itu, jika Anda atau orang di sekitar Anda ada yang rambutnya kutuan, sebaiknya segera atasi sampai tuntas agar kutu cepat hilang dan tidak menyebar ke orang lain. 

Bagaimana cara mengatasi kutu rambut?

Jika kepala terus terasa gatal dan saat dilihat ada banyak butiran kecil halus berwarna putih (telur kutu) menempel di rambut serta ditemukan kutu sangat kecil berjalan di sekitar kulit kepala, Anda mungkin terserang kutu rambut. Ini harus cepat ditangani. Dengan perawatan yang tepat, kutu biasanya bisa hilang dalam waktu sekitar dua minggu.

Cara yang paling efektif untuk membasmi kutu rambut adalah dengan menggunakan obat antikutu yang mengandung permetrin dan piretrin. Ada banyak produk obat antikutu yang dijual di pasaran, baik dalam bentuk shampo, minyak, krim, atau lotion khusus. Anda bisa membelinya di apotek atau toko obat tanpa harus pakai resep dokter. Namun, Anda perlu mengulang pengobatan dalam 7-10 hari untuk membunuh kutu baru yang mungkin baru menetas setelah perawatan pertama. Ikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada setiap kemasannya, jangan menggunakan obat ini sembarangan.

Tapi, tanyakan dulu apakah obat itu boleh dipakai untuk anak-anak. Beberapa obat kutu rambut mungkin berbahaya jika digunakan oleh anak-anak. 

Selain itu, ada banyak cara alternatif lain untuk membasmi kutu rambut. Misalnya dengan mengoleskan minyak esensial alami yang terbukti ampuh membasmi kutu rambut, seperti minyak kelapa, minyak mentol, minyak kayu putih, minyak lavender, minyak rosemary, minyak adas manis, minyak pala, minyak zaitun, dan minyak peppermint. Esok harinya, sisir rambut Anda yang masih lembap dengan sisir serit (sisir gigi rapat), kemudian keramas pakai shampoo, bilas, dan ulangi lagi. Ingat, menyisir rambut sangatlah penting untuk menghilangkan kutu di rambut Anda. Ini merupakan salah satu perawatan untuk menghilangkan kutu rambut dengan cepat.

Terakhir, penting untuk menghindari kontak antar kepala dengan orang lain saat beraktivitas. Jangan berbagi barang-barang pribadi seperti sisir, sikat rambut, bantal, selimut, pakaian, dan sebagainya untuk mencegah penularan kutu rambut.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kutu Rambut

Kutu rambut adalah serangga yang mengisap darah di kulit kepala manusia. Cari tahu gejala, penyebab, serta pengobatan kutu rambut di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 23 November 2020 . Waktu baca 10 menit

Berbagai Pilihan Obat untuk Mengatasi Kutu Air

Jangan biarkan kutu air mengganggu kenyamanan dan penampilan Anda. Cari tahu obat kutu air apa saja yang bisa memulihkan gejala di sini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Kesehatan Kulit, Penyakit Infeksi Kulit 10 November 2020 . Waktu baca 6 menit

Bagaimana Sebenarnya Cara Penularan Kutu Rambut?

Salah satu bagian dari langkah pencegahan terserang kutu rambut adalah mengatahui cara penularan dan penyebarannya yang mungkin belum Anda ketahui.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 21 April 2020 . Waktu baca 4 menit

Panduan Pakai Obat Kutu Agar Gatal Cepat Hilang

Aplikasi obat kutu rambut perlu dilakukan secara tepat agar kutu bisa segera hilang. Untuk mengetahui cara pemakaian tepat, ikuti panduannya berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 21 April 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kutu bulu mata

Sering Tidak Disadari, Bulu Mata Juga Bisa Kutuan! Apa Gejalanya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Elita Mulyadi
Dipublikasikan tanggal: 1 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit
kutu kasur

Kutu Busuk

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 6 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
Lyme Disease

Lyme Disease

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 22 Desember 2020 . Waktu baca 8 menit
obat kutu rambut

Obat Kutu Rambut yang Juga Dapat Menghilangkan Gatal di Kulit Kepala

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 23 November 2020 . Waktu baca 8 menit