home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Tips Memilih Sabun Muka untuk Kulit Sensitif

Tips Memilih Sabun Muka untuk Kulit Sensitif

Memilih sabun muka yang bagus bisa jadi melelahkan bagi pemilik kulit sensitif. Entah itu jadi semakin merah meradang, semakin kering, atau bahkan sampai mengelupas. Cari tahu cara memilih sabun muka yang bagus untuk kulit sensitif berikut ini.

Tips memilih sabun muka untuk si kulit sensitif

Jadi apa yang perlu dipertimbangkan oleh pemilik kulit sensitif ketika memilih sabun muka yang bagus?

“Menggunakan produk perawatan kulit yang salah sedikit saja bisa dengan mudah memperparah kondisi kulit Anda,” kata dr. Joshua Zeichner, spesialis kulit dan direktur penelitian kosmetik dan klinikal di Mount Sinai Medical Center, New York City.

Secara umum, dr. Joshua Zeichner melalui Women’s Health merekomendasikan sabun lembut. Sabun lembut di sini artinya yang mengandung minim bahan kimia keras. Alternatifnya, pembersih wajah yang bebas busa sabun.

Smentara itu, Healthline menyarankan sabun muka yang lembut dan bebas parfum untuk perawatan kulit wajah sensitif.

Di bawah ini merupakan tips memilih sabun muka kulit sensitif.

  • Pilih sabun yang lembut.
  • Hindari sabun yang mengandung parfum, paraben, dan alkohol.
  • Pilih sabun dengan bahan baku kurang dari 10. Semakin banyak formula dalam sabun, semakin tinggi pula kemungkinan Anda mengalami iritasi pada kulit.
  • Pilih sabun yang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif, tapi tidak terlalu lembut karena akan membuat Anda kesulitan menghapus kotoran.

Dr. Zeichner juga menyarankan untuk menghindari sabun cuci muka bersifat exfoliant atau yang mengandung butiran eksfoliator untuk mengelupaskan kulit. Produk itu termasuk apapun yang mengklaim bisa mencerahkan atau memiliki bahan aktif, seperti asam glikolat.

Sebaiknya selalu baca label komposisi yang tertera di kemasan sebelum membeli sabun muka untuk kulit Anda.

Tips merawat kulit wajah yang sensitif

Kulit sensitif butuh perawatan ekstra. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam merawat kulit sensitif di wajah Anda. Di bawah ini daftarnya.

1. Coba lebih dahulu

Saat akan menggunakan produk baru, baiknya coba beberapa hari sebelum menggunakannya secara rutin. Tunggu hingga 24 jam untuk cek munculnya iritasi, kemerahan, dan tanda buruk lainnya. Jika kulit Anda hipersensitif, ulangi pengecekan serupa pada sisi sekat mata Anda.

2. Tak perlu mengikuti tren produk ‘hipoalergenik’

Produk hipoalergenik tak selalu cocok dengan kulit sensitif Anda. Terlebih, tidak ada standar baku yang menggambarkan arti ‘hipoalergenik’ itu sendiri.

3. Gunakan pelembap

Gunakanlah produk pelembap setiap pagi dan malam untuk melindungi kulit Anda dari kehilangan air dan mempertahankan lapisan kulit dari faktor lingkungan, seperti angin dan polusi.

4. Cuci wajah dengan bijak

Cucilah wajah dua kali sehari. Terlalu sering mencuci wajah bisa berakibat buruk untuk pemilik kulit sensitif. Pijat lembut wajah Anda dan hindari gesekan terlalu keras.

5. Lebih sedikit lebih baik

Kulit sensitif baiknya dirawat dengan langkah sederhana. Anda hanya membutuhkan pembersih, pelembap, dan tabir surya.

6. Hati-hati memilih kosmetik

Pilihkan produk kosmetik yang cocok untuk kulit sensitif, seperti bedak yang terbuat dari bahan mineral alami. Anda sebaiknya menghindari mascara dan eyeliner tahan air. Selain itu, bersihkan kuas makeup Anda secara rutin.

7. Pilih tabir surya yang tepat

Kulit yang sensitif biasanya terlalu peka dengan cahaya matahari. Gunakan tabir surya dengan kadar SPF 30 atau lebih. Bahan baku pada tabir surya juga perlu diperhatikan, seperti seng oksida dan titanium dioksida.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

What Causes Sensitive Skin and How Can I Care for It. Healthline. https://www.healthline.com/health/skin-disorders/sensitive-skin. Accessed 30/10/2019

8 Tips for Sensitive Skin. Women’s Health. https://www.womenshealthmag.com/beauty/a19909574/best-moisturizer-for-sensitive-skin/. Accessed 30/10/2019

The 10 Best Face Washes For Sensitive Skin, According to A Dermatologist. Woman’s Health. https://www.womenshealthmag.com/beauty/g22876887/best-face-wash-sensitive-skin/. Accessed 30/10/2019

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Fajarina Nurin Diperbarui 12/04/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x