home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

4 Cara Efektif Mencerahkan Kulit Ketiak yang Menghitam

4 Cara Efektif Mencerahkan Kulit Ketiak yang Menghitam

Tak bisa disangkal, punya ketiak hitam bisa menurunkan rasa percaya diri. Namun jangan khawatir! Daripada sembarangan beli krim pemutih ketiak di toko online yang belum tentu aman, kenapa tidak coba berbagai cara menghilangkan ketiak hitam ini saja?

Pilihan cara menghilangkan ketiak hitam

Dilansir dari laman Medical News Today, penyakit diabetes, kanker, obesitas, hingga konsumsi obat-obatan merupakan beberapa hal yang bisa menyebabkan kulit ketiak hitam. Tak hanya itu. Beberapa kebiasaan yang Anda sering lakukan secara tidak sadar juga mungkin menyebabkan ketiak menghitam.

Nah, beberapa cara menghilangkan ketiak hitam yang bisa Anda coba adalah…

1. Pakai pelembab untuk ketiak

Mencukur atau mencabuti bulu ketiak bisa membuat kulitnya menghitam. Jika Anda termasuk orang yang rutin melakukannya, sebaiknya oleskan krim cukur dulu sebelum mencukur ketiak dan akhiri dengan pelembap setelahnya.

Penggunaan krim dan pelembab pada ketiak membantu mengurangi iritasi yang bisa menimbulkan perubahan warna kulit.

2. Masker ketiak dengan bahan alami

Ada berbagai bahan alami yang dipercaya mampu digunakan sebagai cara mengatasi ketiak hitam. Mulai dari lemon, kunyit, ekstrak teripang, mentimun, hingga susu. Bukan tanpa alasan, ini berkat kandungan zat khusus dalam bahan-bahan alami tersebut yang mampu mencerahkan warna ketiak secara bertahap. Contohnya, kandungan kurkumin dalam kunyit.

Penting untuk diingat, sebaiknya tetap konsultasikan dengan dokter karena ada beberapa bahan alami yang bisa memicu iritasi pada kulit. Terutama bila kulit Anda tergolong sensitif.

3. Pakai krim sesuai resep dokter

Dokter kulit bisa meresepkan beberapa obat yang dapat membantu mencerahkan warna kulit, seperti krim retinoid, hydroquinone, dan calcipotriene yang mengandung vitamin D untuk mengurangi pigmentasi gelap pada kulit. Dokter juga bisa merekomendasikan perawatan peeling menggunakan asam trikloroasetat (TCA) untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

4. Terapi laser

Cara menghilangkan ketiak hitam lainnya adalah dengan melakukan terapi laser. Pasalnya, terapi laser mampu mengurangi penebalan kulit yang terjadi seiring dengan penggelapan warna kulit. Itu sebabnya, mengurangi ketebalan pada kulit bisa membantu membuat warna kulit ketiak tampak lebih cerah.

Di sisi lain, terapi laser juga bisa mengurangi pertumbuhan bulu ketiak yang tentunya menurunkan frekuensi Anda untuk mencukur. Semakin jarang Anda mencukur, semakin kecil peluang warna kulit ketiak menggelap.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Ways to Get Rid of Dark Underarms. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322860.php Diakses pada 6 September 2018.

What Cause Dark Underarms, and How Are They Treated? https://www.healthline.com/health/dark-underarms#causes-and-risk-factors Diakses pada 6 September 2018.

Foto Penulis
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri Diperbarui 13/09/2018
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x