home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Ingin Punya Wajah Glowing Setiap Hari? Intip 9 Caranya di Sini!

Ingin Punya Wajah Glowing Setiap Hari? Intip 9 Caranya di Sini!

Memiliki kulit wajah yang sehat serta glowing merupakan impian banyak orang. Beberapa dari mereka begitu ambisius melakukan perawatan untuk membuat wajah terlihat kinclong selamanya. Apakah ada cara membuat wajah glowing permanen?

Cara membuat wajah glowing permanen

cara membuat wajah glowing permanen

Salah satu ciri utama dari kulit yang sehat yaitu warna kulit yang cerah berkilau, alias glowing. Sayangnya, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan kulit menjadi kusam, terlepas dari produk perawatan apa yang sedang dipakai.

Untungnya, Anda bisa mencerahkan kulit secara alami dengan mudah meski membutuhkan ketelatenan agar hasilnya tidak sementara. Di bawah ini sejumlah cara sederhana membuat kulit wajah sehat dan terlihat glowing permanen.

1. Memperhatikan makanan yang dikonsumsi

Salah satu cara membuat wajah agar glowing permanen adalah memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Merawat kulit tidak hanya seputar pemakaian produk skincare yang Anda oleskan ke kulit, melainkan juga berasal dari dalam tubuh.

Artinya, apa yang Anda konsumsi turut berkontribusi terhadap kesehatan kulit Anda. Sebenarnya, ada banyak makanan yang baik untuk meningkatkan kesehatan kulit. Alih-alih fokus pada jenis makanan tertentu, konsentrasilah pada pola makan sehat, seperti:

Selain mendapatkan wajah glowing, tubuh Anda pun ikut sehat, kuat, serta terhindar dari risiko berbagai penyakit.

2. Minum air yang banyak

Tidak hanya memperhatikan makanan yang dikonsumsi, cara lain agar wajah glowing secara alami yaitu dengan minum air yang banyak. Pasalnya, kekurangan air pada kulit dapat menyebabkan kulit kering dan bersisik hingga menimbulkan kerutan.

Itu sebabnya, minum setidaknya 8 gelas sehari membantu membersihkan tubuh dan kulit dari racun. Beberapa orang bahkan menyebut dengan meningkatkan asupan air, kulit mereka tampak lebih bercahaya meski belum ada penelitian yang membuktikannya.

Cara ini pun tidak akan berhasil dalam satu malam. Meski begitu, orang yang meningkatkan kebutuhan cairan selama beberapa minggu setidaknya akan mendapatkan perubahan pada tingkat hidrasi kulit mereka.

3. Menggunakan tabir surya

Pemakaian tabir surya atau sunscreen termasuk cara terbaik dan termudah untuk menjaga kesehatan kulit bagi siapa saja. Tanpa penggunaan tabir surya, kulit akan mudah terpapar bahaya dari sinar UV yang dapat merusak warna hingga sel di dalamnya.

Kebanyakan orang yang lupa atau jarang menggunakan sunscreen memiliki kulit kecoklatan yang menutupi kulit cerah alami Anda. Meski membutuhkan waktu, penggunaan tabir surya setidaknya mencegah perubahan warna kulit menjadi kusam.

Selain memanfaatkan tabir surya saat di luar, American Academy of Dermatology menyarankan cara-cara berikut agar struktur kulit muka tetap glowing.

  • Mencari tempat teduh, terutama ketika menunggu di suatu tempat.
  • Memakai pakaian panjang yang nyaman, topi, dan kacamata hitam.
  • Memperoleh asupan vitamin D melalui makanan dan suplemen.
  • Menghindari tanning bed guna mencegah kanker kulit dan kerutan.

4. Mendapatkan tidur yang cukup

Kebanyakan dari Anda mungkin merawat kulit pada malam hari secara rutin. Rutinitas ini merupakan bagian dari cara membuat wajah glowing permanen, tetapi hal tersebut juga perlu didukung dengan mendapatkan tidur yang cukup.

Pada saat Anda tidur, tubuh melepaskan hormon yang membantu memperbaiki sel dan jaringan, serta memulihkan kesehatan kulit. Tidur juga menghasilkan sitokin, yaitu senyawa yang membantu melawan infeksi, terutama yang memengaruhi kulit.

Bila Anda kurang tidur, ada banyak risiko masalah kesehatan yang mengintai kulit, seperti wajah tampak kusam. Maka dari itu, usahakan untuk mendapatkan tidur yang cukup sebagai salah satu upaya membuat kulit wajah yang glowing permanen.

5. Memakai krim malam

Sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit wajah di malam hari, krim malam ternyata sama pentingnya dengan pembersih wajah Anda. Pasalnya, krim malam membantu melembapkan, menenangkan, dan memperbaiki kulit saat tidur.

Hal tersebut tentu dapat meningkatkan warna kulit yang nyata. Namun, Anda tentu tidak boleh sembarang memilih krim malam, terutama untuk mencerahkan warna kulit.

Ada beberapa kandungan krim yang ternyata baik digunakan pada malam hari, antara lain:

  • retinol (vitamin A),
  • asam alfa-hidroksi (AHA) dan asam beta-hidroksi (BHA),
  • asam hialuronat, serta
  • vitamin E.

6. Memanfaatkan sheet mask

Bagi Anda yang bekerja di ruangan ber-AC selama berjam-jam tentu berisiko memiliki kulit yang kusam dan rusak. Pasalnya, ruangan kantor Anda membuat wajah terasa kering dan kencang ketika berada di luar.

Anda tidak perlu khawatir. Kini, para ahli kecantikan sudah memproduksi sheet mask yang bisa Anda peroleh di toko-toko terdekat. Berbeda dengan jenis masker wajah lainnya, sheet mask baik untuk menenangkan kulit yang sensitif atau meradang.

Jenis masker ini juga cenderung lebih melembapkan. Hal ini dikarenaan pelembap pada kertas masker akan disebar dan diserap langsung oleh wajah secara merata. Sebelum menggunakan masker, selalu pastikan mencuci muka dengan sabun dan air hangat.

7. Melakukan pijat wajah (facial massage)

Cara lain membuat wajah glowing permanen adalah melakukan pijat wajah. Pijat wajah (facial massage) merupakan perawatan yang melibatkan titik-titik tekanan pada wajah, leher, dan bahu.

Ada banyak manfaat dari pijat wajah dan salah satunya yaitu mencerahkan kulit. Sejumlah orang yang melakukan pijat wajah merasakan kulit mereka lebih segar dan mengencang.

Hal ini mungkin dikarenakan pijat wajah membantu meningkatkan sirkulasi darah pada kulit. Hasilnya, wajah pun terlihat lebih cerah dan kencang berkat peningkatan produksi kolagen untuk membentuk sel kulit baru dan jaringan untuk kilau alami.

8. Tidak merokok

Sudah bukan rahasia umum lagi bila ada banyak bahaya dari merokok. Bahkan, kebiasaan tidak sehat ini bisa membuat kulit tampak kusam.

Dilansir dari Mayo Clinic, merokok dapat membuat kulit terlihat lebih tua dan memicu kerutan. Pasalnya, senyawa dalam rokok mempersempit pembuluh darah kecil pada lapisan terluar kulit. Akibatnya, aliran darah pun berkurang dan membuat kulit tampak pucat.

Bila Anda merokok dan ingin memiliki kulit yang glowing, hentikan kebiasaan ini. Tanyakan kepada dokter tentang cara atau perawatan yang membantu Anda berhenti merokok.

9. Mengelola stres

Jika Anda stres, frustrasi, atau sedih, kulit wajah tentu akan terlihat kusam dan tidak bagus. Bahkan, stres yang berlebihan juga bisa menyebabkan masalah kulit, seperti jerawat.

Oleh sebab itu, kunci utama dari mendapatkan kulit wajah yang glowing secara permanen yaitu dengan mengelola stres. Mendapatkan ketenangan dan pikiran ternyata ikut berpengaruh terhadap tingkat kecerahan kulit.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menenangkan pikiran, antara lain:

  • meditasi atau latihan yoga,
  • melakukan hobi yang disukai, seperti berkebun,
  • rutin berolahraga, serta
  • mengawali serta mengakhiri hari dengan hal yang menyenangkan.

Pada dasarnya, kunci utama dari cara membuat wajah glowing permanen yaitu menjalani hidup sehat. Setelah berhasil menerapkan pola hidup yang sehat, hal tersebut bisa diiringi dengan rangkaian perawatan yang sesuai dengan kulit Anda.

Bila memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan konsultasikan dengan dokter spesialis kulit guna memahami solusi yang tepat untuk Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Natural Ways To Get Fair Skin Fast And Permanently. (2020). Netmeds. Retrieved 12 March 2021, from https://www.netmeds.com/health-library/post/natural-ways-to-get-fair-skin-fast-and-permanently

Skin care: 5 tips for healthy skin. (2019). Mayo Clinic. Retrieved 12 March 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/skin-care/art-20048237 

The Benefits of Drinking Water for Your Skin. (n.d). University of Wisconsin Hospitals and Clinics. Retrieved 12 March 2021, from https://www.uwhealth.org/madison-plastic-surgery/the-benefits-of-drinking-water-for-your-skin/26334 

Gibson, L.E. (2019). What are the best foods for healthy skin? Mayo Clinic. Retrieved 12 March 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/expert-answers/healthy-skin/faq-20058184 

SUNSCREEN FAQS. (n.d). American Academy of Dermatology. Retrieved 12 March 2021, from https://www.aad.org/public/everyday-care/sun-protection/sunscreen-patients/sunscreen-faqs 

Hoffman, A. (2011). How Sleep Affects the Health and Appearance of Your Skin. One Care Media. Retrieved 12 March 2021, from https://www.sleep.org/how-sleep-improves-your-skin/ 

Q&A: What to Look for in a Facial Cream. (2020). Cleveland Clinic. Retrieved 12 March 2021, from https://health.clevelandclinic.org/day-or-night-what-to-look-for-in-a-facial-cream/ 

Do Face Masks Actually Work or Are They Just a Fad? (2019). Cleveland Clinic. Retrieved 12 March 2021, from https://health.clevelandclinic.org/do-face-masks-actually-work-or-are-they-just-a-fad/ 

Cronkleton, E. (2020). 8 Benefits of Facial Massage. Healthline. Retrieved 12 March 2021, from https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/facial-massage-benefits

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Nabila Azmi
Tanggal diperbarui 4 minggu lalu
x