Obat Vitiligo Serta Penanganan Lainnya yang Ampuh

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 28 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Vitiligo adalah penyakit di mana melanosit, sel yang menghasilkan pigmen kulit, mati atau tidak dapat bekerja, sehingga kulit kehilangan warnanya dan berubah menjadi putih pucat. Lantas, bisakah vitiligo disembuhkan? Adakah obat yang ampuh untuk vitiligo?

Sekilas tentang vitiligo

obat vitiligo di apotik

Vitiligo merupakan penyakit yang menyebabkan hilangnya warna kulit. Kejadiannya ditandai dengan kemunculan bercak kulit yang berwarna lebih muda daripada warna kulit di sekitarnya.

Seiring waktu, bercak ini bisa bertambah luas. Belum ada cara yang bisa memprediksikan seberapa luas kulit yang akan terdampak. Tak hanya menyerang kulit di tubuh, gejalanya juga timbul pada rambut (munculnya uban dini), bagian dalam mulut, dan bahkan mata.

Sampai saat ini, mekanisme terjadinya vitiligo secara spesifik belum diketahui. Akan tetapi, besar kemungkinan kondisi ini berkaitan dengan masalah autoimun.

Diperkirakan bahwa sistem kekebalan tubuh keliru mengira sel melanosit sebagai kuman atau zat asing yang berbahaya. Sehingga, sel T yang berperan sebagai pelawan infeksi malah balik menyerang sel melanosit sampai hancur.

Hal tersebut mengakibatkan terbentuknya bercak-bercak putih pada kulit, mengingat sel melanosit yang mati sudah tak mampu memproduksi melanin, pigmen penentu warna kulit.

Vitiligo bukan penyakit menular dan tidak berbahaya, tapi dapat membuat penderitanya merasa kurang percaya diri.

Waspadai Vitiligo Pada Anak, Samakah Dengan Orang Dewasa?

Apakah vitiligo bisa sembuh?

Banyak yang ingin tahu apakah vitiligo bisa sembuh atau tidak. Sayangnya, belum ada obat yang bisa menyembuhkan vitiligo sepenuhnya. Penanganan yang dilakukan lebih bertujuan untuk membantu memperbaiki warna kulit serta memperlambat perubahan warna yang disebabkan oleh vitiligo.

Bila efektif pun, dampak dari penanganan tersebut sering kali hanya bersifat sementara dan tidak menjamin penghentian penyebaran penyakit. Beberapa terapi bahkan harus dilakukan berulang kali bila Anda ingin merasakan efeknya.

Meski demikian, vitiligo sebaiknya tidak dibiarkan begitu saja. Penanganan tetap berguna untuk melindungi kulit Anda dari kerusakan lebih lanjut. Sebab, jumlah melanin dalam kulit yang tidak mencukupi membuat kulit tidak terlindungi dari sinar matahari.

Dibutuhkan waktu yang cukup lama bagi penanganan untuk menunjukkan khasiatnya. Oleh karena itu, kesabaran sangat diperlukan saat menjalani pengobatan.

Obat dan penanganan medis untuk mengatasi vitiligo

Salep kudis dan scabies di tangan

Berikut adalah sejumlah obat dan prosedur yang biasanya diberikan untuk bantu mengatasi vitiligo.

1. Obat steroid oles

Salah satu obat yang dapat digunakan untuk menangani vitiligo adalah krim kortikosteroid berkekuatan ampuh atau sangat ampuh. Krim ini dianjurkan untuk pengidap vitiligo yang hanya memiliki bercak-bercak pada sebagian kecil tubuhnya.

Obat ini lebih efektif jika digunakan pada awal munculnya penyakit dan bekerja paling baik pada orang-orang yang berkulit lebih gelap. Sekitar 45% pasien yang menggunakan obat ini berhasil mengembalikan sebagian warna kulit dalam waktu 4 – 6 bulan.

Kortikosteroid memiliki efek samping yang signifikan, seperti kulit yang menipis, dan muncul guratan pada kulit (stretch mark). Karena itu, dokter akan memantau kondisi pengidap secara berkala selama penggunaan.

Bila area kulit yang memutih semakin luas dengan cepat, dokter mungkin akan memberikan obat kortikosteroid berbentuk oral (diminum).

Bagaimana Stretch Mark pada Pria Bisa Muncul?

2. Obat yang mempengaruhi sistem imunitas

Obat-obatan seperti pimecrolimus atau tacrolimus dapat menangani area vitiligo yang tidak terlalu luas. Seperti yang telah disebutkan, munculnya kondisi ini bisa disebabkan oleh sistem imun yang menyerang sel-sel sehat.

Adanya kedua obat ini berfungsi untuk menghambat kerja sistem kekebalan tubuh. Keduanya juga bekerja efektif pada kulit yang kehilangan pigmen di wajah dan leher. Selain mengobati vitiligo, kedua obat ini biasa digunakan untuk mengatasi eksim.

Beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat obat-obat ini adalah kulit menjadi lebih sensitif terhadap cahaya matahari, muncul sensasi terbakar atau sakit, serta wajah memerah dan iritasi kulit ketika Anda mengonsumsi minuman keras.

3. Depigmentasi

Apabila vitiligo telah memunculkan bercak-bercak putih di sebagian besar tubuh, Anda dapat menjalani depigmentasi.

Proses ini dilakukan dengan mengoleskan losion mengandung hydroquinone yang akan melunturkan pigmen kulit normal sehingga warnanya menjadi serupa dengan bercak vitiligo.

Sayangnya, depigmentasi kulit yang Anda jalani akan bersifat permanen sehingga kulit Anda tidak memiliki perlindungan alami dari sinar matahari lagi. Selain itu, hydroquinone juga berpotensi menyebabkan kulit terasa gatal, perih, serta kemerahan.

Karena risikonya, metode pengobatan ini sangat jarang menjadi pilihan pasien.

4. Analog vitamin D

Penderita vitiligo akan disarankan untuk menghindari paparan sinar matahari langsung karena berdampak buruk terhadap kulit. Padahal, vitamin D merupakan salah satu sumber penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Maka dari itu, sebagian besar penderita vitiligo membutuhkan suplemen vitamin D guna memastikan kecukupan vitamin D di tubuh. Penggunaan obat ini dapat dikombinasikan dengan kortikosteroid atau fototerapi.

5. Terapi cahaya

perawatan fototerapi terapi cahaya

Terapi cahaya atau fototerapi akan dipilih jika bercak-bercak vitiligo pengidap sudah menyebar luas dan tidak bisa ditangani dengan obat oles.

Terapi ini menggunakan cahaya ultraviolet A (UVA) atau B (UVB) untuk mengembalikan warna kulit yang terserang vitiligo. Paparan UVA yang berlebihan berpotensi meningkatkan risiko kanker kulit sementara paparan UVB akan menurunkannya.

6. Terapi laser

Sama seperti fototerapi, prosedur ini bertujuan untuk mengembalikan warna kulit pada bercak-bercak vitiligo. Namun terapi laser hanya efektif untuk vitiligo yang menyerang sebagian kecil kulit tubuh.

7. Operasi cangkok kulit

Dalam prosedur ini, kulit sehat dari bagian tubuh yang tidak mengalami vitiligo akan diambil dan digunakan untuk melapisi kulit yang memiliki bercak-bercak vitiligo.

Cangkok kulit dapat dilakukan apabila bercak-bercak vitiligo hanya menyerang sebagian kecil tubuh dan tidak mengalami perkembangan.

Sebelum memilih pengobatan tertentu, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter agar prosedur yang dilakukan tidak menimbulkan masalah.

Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan tabir surya ber-SPF 30 setiap bepergian guna melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Prosedur Pengobatan untuk Menghilangkan Kista Ateroma

Kista ateroma memang tidak selalu berbahaya dan bisa hilang dengan sendirinya. Namun, ada beberapa pengobatan yang bisa bantu menghilangkannya.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan Kulit, Penyakit Kulit Lainnya 15 Maret 2019 . Waktu baca 4 menit

Berbagai Cara yang Efektif Mengatasi Stretch Mark Membandel di Pinggul

Meski selalu tertutup, stretch mark di pinggul tetap saja bisa membuat kita jadi kurang pede. Psstt... Sudah coba cara mengatasi stretch mark ini belum?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan Kulit, Penyakit Kulit Lainnya 16 November 2018 . Waktu baca 4 menit

Berbagai Cara Terbaik untuk Menghilangkan Stretch Mark di Bokong (dari Dokter dan Perawatan Rumahan)

Stretch mark tidak cuma muncul di paha atau perut, bokong juga bisa. Tenang dulu, ada banyak pilihan cara menghilangkan stretch mark di bokong. Yuk, intip!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan Kulit, Penyakit Kulit Lainnya 26 Oktober 2018 . Waktu baca 4 menit

Laser Resurfacing, Cara Buat Kulit Wajah Cerah dan Kencang Seketika

Ada banyak cara untuk membuat tampilan wajah menjadi lebih cantik, salah satunya ialah perawatan laser resurfacing. Apa saja manfaat laser wajah ini?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 27 September 2018 . Waktu baca 5 menit



Direkomendasikan untuk Anda

vitiligo adalah

Vitiligo

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 26 Desember 2020 . Waktu baca 10 menit
penyakit kulit

Jenis Penyakit Kulit Menular dan Tidak Menular yang Umum

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 13 November 2020 . Waktu baca 12 menit
bercak putih pada kulit bayi

4 Kondisi yang Menjadi Penyebab Bercak Putih pada Kulit Bayi

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 28 Februari 2020 . Waktu baca 6 menit
penyakit kulit tidak menular

Daftar Penyakit Kulit yang Tidak Menular, Plus Gejala-gejalanya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 6 Mei 2019 . Waktu baca 11 menit