3 Nutrisi Penting untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 17 September 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Luka bekas jerawat butuh waktu lama untuk bisa sembuh. Nah, salah satu cara menghilangkan bekas jerawat yang paling alami dan tanpa efek samping adalah dengan rutin mengonsumsi makanan sehat kaya nutrisi untuk menjaga kesehatan kulit. Lantas, nutrisi apa saja yang dibutuhkan kulit sebagai penghilang bekas jerawat? Cari tahu jawabannya dalam artikel ini.

Berbagai nutrisi penting untuk menghilangkan bekas jerawat

Berikut ini berbagai nutrisi yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat, di antaranya:

1. Zinc

Zinc adalah mineral penting yang memberikan manfaat bagi kesehatan kulit secara keseluruhan dan juga mendorong proses penyembuhan kulit akibat jerawat.

Makanan berprotein tinggi, seperti daging merah, ikan, dan unggas kaya akan kandungan zinc. Zinc paling banyak terkandung daging merah lebih baik dibanding daging putih. Selain itu, kacang dan biji-bijian seperti kacang merah, kacang hitam, kacang polong, dan kacang kedelai juga mengandung cukup banyak zinc di dalamnya.

Selain itu, berbagai bumbu masak seperti kemangi, jahe, jinten, oregano juga masuk sebagai bahan makanan yang kaya akan zinc.

2. Omega-3

Asam lemak omega-3 dapat membantu penyembuhan bekas jerawat karena mengandung properti antioksidan yang dapat mengurangi peradangan dan menjaga kulit tetap kenyal. Anda dapat memperoleh omega-3 dari ikan salmon, herring, teri, sarden, kembung, dan tuna. Makanan lain yang kaya omega-3 adalah biji-bijian dan kacang-kacangan seperti biji rami, kacang almond, kenari, dan lain sebagainya.

Minyak tidak jenuh seperti minyak biji kapas, minyak safflower, minyak canola, minyak sayur, minyak zaitun, dan berbagai minyak kacang-kacangan adalah sumber makanan yang kaya akan omega-3. Padi-padian juga mengandung banyak asam lemak Omega-3, seperti oat, gandum utuh, beras merah, dan biji gandum. Pilihlah produk padi-padian yang dibuat dengan tepung yang dihaluskan untuk membantu proses penyembuhan luka jerawat Anda.

3. Vitamin A

Vitamin A adalah sumber penting antioksidan dan juga komponen penting untuk menghilangkan bekas jerawat. Tidak hanya untuk kulit, vitamin ini juga memiliki banyak manfaat seperti meningkatkan sistem pertahanan tubuh, memperlambat proses penuaan sel, menjaga kesehatan penglihatan, pertumbuhan tulang, serta menjaga fungsi saraf.

Temukan nutrisi ini pada hati unggas, daging merah, telur, dan produk susu berlemak. Namun, hati-hati karena sejumlah makanan ini juga mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi.

Alternatif lainnya yang bebas lemak dan kolesterol adalah sumber makanan nabati berwarna cerah, seperti ubi merah, labu, wortel, brokoli, bayam, dan sayuran berdaun hijau gelap. Makanlah buah-buahan seperti aprikot, blewah, dan anggur ungu untuk mendapatkan vitamin penyembuh kulit ini. Anda dapat memilih berbagai produk susu rendah lemak, termasuk putih telur, susu, es krim, yogurt dan keju.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Cara Cuci Muka yang Benar Agar Kulit Bebas dari Kotoran

Sudah benarkah cara Anda membersihkan muka selama ini? Berikut panduan cara cuci muka yang benar yang penting untuk diketahui.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 27 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit

Sabun Susu Kambing Lebih Baik dari Sabun Mandi Biasa, Benarkah?

Selain dijadikan pengganti susu sapi, susu kambing juga diolah menjadi sabun. Sabun susu kambing menyimpan segudang manfaat. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 27 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Jangan Sampai Asal, Begini Cara Mandi yang Benar dan Sehat

Masing-masing memiliki kelebihannya masing-masing, tapi yang mana yang paling dianjurkan? Mandi dengan shower, gayung, atau bath tub?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 27 Desember 2020 . Waktu baca 10 menit

8 Manfaat Minyak Argan: Rahasia Cantik Gadis Timur Tengah

salah satu rahasia cantik gadis-gadis Timur Tengah adalah karena rutin menggunakan minyak argan. Simak manfaat minyak argan dalam artikel ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 22 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit



Direkomendasikan untuk Anda

masker mengecilkan pori-pori

3 Masker Alami untuk Mengecilkan Pori-pori Wajah

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 13 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
es batu untuk wajah

4 Cara Memanfaatkan Es Batu Untuk Wajah Lebih Cerah

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 6 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
cara mengetahui skincare cocok atau tidak

5 Cara untuk Mengetahui Produk Skincare Anda Cocok dengan Kulit

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 2 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
urutan produk perawatan kulit skincare malam

Begini Urutan Pemakaian Skincare Wajah untuk Malam Hari

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 1 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit