3 Nutrisi Penting untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 17 September 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Luka bekas jerawat butuh waktu lama untuk bisa sembuh. Nah, salah satu cara menghilangkan bekas jerawat yang paling alami dan tanpa efek samping adalah dengan rutin mengonsumsi makanan sehat kaya nutrisi untuk menjaga kesehatan kulit. Lantas, nutrisi apa saja yang dibutuhkan kulit sebagai penghilang bekas jerawat? Cari tahu jawabannya dalam artikel ini.

Berbagai nutrisi penting untuk menghilangkan bekas jerawat

Berikut ini berbagai nutrisi yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat, di antaranya:

1. Zinc

Zinc adalah mineral penting yang memberikan manfaat bagi kesehatan kulit secara keseluruhan dan juga mendorong proses penyembuhan kulit akibat jerawat.

Makanan berprotein tinggi, seperti daging merah, ikan, dan unggas kaya akan kandungan zinc. Zinc paling banyak terkandung daging merah lebih baik dibanding daging putih. Selain itu, kacang dan biji-bijian seperti kacang merah, kacang hitam, kacang polong, dan kacang kedelai juga mengandung cukup banyak zinc di dalamnya.

Selain itu, berbagai bumbu masak seperti kemangi, jahe, jinten, oregano juga masuk sebagai bahan makanan yang kaya akan zinc.

2. Omega-3

Asam lemak omega-3 dapat membantu penyembuhan bekas jerawat karena mengandung properti antioksidan yang dapat mengurangi peradangan dan menjaga kulit tetap kenyal. Anda dapat memperoleh omega-3 dari ikan salmon, herring, teri, sarden, kembung, dan tuna. Makanan lain yang kaya omega-3 adalah biji-bijian dan kacang-kacangan seperti biji rami, kacang almond, kenari, dan lain sebagainya.

Minyak tidak jenuh seperti minyak biji kapas, minyak safflower, minyak canola, minyak sayur, minyak zaitun, dan berbagai minyak kacang-kacangan adalah sumber makanan yang kaya akan omega-3. Padi-padian juga mengandung banyak asam lemak Omega-3, seperti oat, gandum utuh, beras merah, dan biji gandum. Pilihlah produk padi-padian yang dibuat dengan tepung yang dihaluskan untuk membantu proses penyembuhan luka jerawat Anda.

3. Vitamin A

Vitamin A adalah sumber penting antioksidan dan juga komponen penting untuk menghilangkan bekas jerawat. Tidak hanya untuk kulit, vitamin ini juga memiliki banyak manfaat seperti meningkatkan sistem pertahanan tubuh, memperlambat proses penuaan sel, menjaga kesehatan penglihatan, pertumbuhan tulang, serta menjaga fungsi saraf.

Temukan nutrisi ini pada hati unggas, daging merah, telur, dan produk susu berlemak. Namun, hati-hati karena sejumlah makanan ini juga mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi.

Alternatif lainnya yang bebas lemak dan kolesterol adalah sumber makanan nabati berwarna cerah, seperti ubi merah, labu, wortel, brokoli, bayam, dan sayuran berdaun hijau gelap. Makanlah buah-buahan seperti aprikot, blewah, dan anggur ungu untuk mendapatkan vitamin penyembuh kulit ini. Anda dapat memilih berbagai produk susu rendah lemak, termasuk putih telur, susu, es krim, yogurt dan keju.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apa Bedanya Skincare yang Hydrating dan Moisturizing untuk Kulit Anda?

Seringkali Anda menyamakan arti dari hydrating dan juga moisturizing. Agar tidak salah lagi, kenali perbedaan produk skincara hydrating dan moisturizing!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Perawatan Kulit, Hidup Sehat, Kecantikan 8 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

5 Langkah Wujudkan Kulit Bening Bercahaya ala Glass Skin

Glass skin adalah tren kecantikan kulit bening bercahaya berasal dari Korea Selatan. Bagaimana langkah perawatan kulit untuk mendapatkannya?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Perawatan Kulit, Hidup Sehat, Kecantikan 3 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

Mana yang Lebih Baik: Eksfoliasi Pakai Chemical Peeling atau Scrub?

Mungkin Anda bingung lebih baik pilih chemical peeling atau scrub untuk perawatan kulit. Ternyata perawatan kulit perlu menyesuaikan kondisi kulit Anda.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 26 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit

4 Trik Mengatasi Kulit Kering di Bawah Mata

Mengatasi kulit kering di bawah mata dapat dilakukan dengan perawatan dan konsumsi asupan bernutrisi untuk menjaga kelembapan kulit.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Hidup Sehat, Tips Sehat 22 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

meredakan kaki kram

Kaki Kram Terus? Mungkin Anda Kekurangan 6 Nutrisi Ini

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 26 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit
skin fasting adalah

Menilik Skin Fasting, Tren ‘Puasa’ Skincare agar Kulit Lebih Cantik

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 28 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit
jerawat gara-gara kacamata

Cara Mencegah Masalah Jerawat Gara-gara Pemakaian Kacamata

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 22 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit
air garam untuk jerawat

Manfaat Air Garam untuk Atasi Masalah Jerawat

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 11 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit