home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Minum Kunyit untuk Asam Lambung, Ampuh Apa Tidak?

Minum Kunyit untuk Asam Lambung, Ampuh Apa Tidak?

Kunyit adalah salah satu bumbu masak yang memiliki banyak manfaat. Rempah berwarna kuning ini sering digunakan untuk mengobati banyak penyakit, termasuk masalah perut dan pencernaan. Penggunaan kunyit dalam pengobatan diklaim dapat membantu mengobati asam lambung. Lantas, benarkah kunyit untuk asam lambung terbilang ampuh?

Ampuhkah kunyit untuk asam lambung?

manfaat kunyit asam

Kunyit kaya akan senyawa antiradang dan antioksidan. Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, kunyit sering digunakan untuk meredakan nyeri arthritis dan melancarkan haid. Rempah ini juga telah dimanfaatkan untuk meningkatkan pencernaan dan fungsi hati.

Kunyit mengandung bahan aktif yaitu kurkumin. Bahan inilah yang memberi manfaat kesehatan pada kunyit. Kurkumin adalah antioksidan polifenol, yang memiliki kemampuan sebagai antivirus, antibakteri, dan antikanker yang kuat.

Menurut sebuah penelitian, asam lambung, dan penyakit refluks asam lambung alias gastroesophageal reflux (GERD) mungkin disebabkan oleh peradangan dan stres oksidatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa GERD harus diobati dengan antioksidan dan antiradang.

Penelitian lain menunjukkan bawah efek antiradang kurkumin bisa mencegah peradangan kerongkongan (esofagus). Kunyit dan ekstrak kurkumin dikatakan memiliki sifat antioksidan dan antiradang. Karena itu, kunyit dapat membantu meredakan gejala GERD.

Menurut sebuah studi pada 2007, refluks asam lambung dan penyakit GERD mungkin disebabkan oleh peradangan dan stres oksidatif. Studi ini menunjukkan GERD harus diobati dengan antioksidan dan antiradang.

Sebuah studi terpisah menunjukkan efek antiradang kurkumin mencegah peradangan kerongkongan. Kunyit dan ekstrak kurkumin keduanya dikatakan memiliki sifat antioksidan dan antiradang. Karena itu, kunyit berpotensi meredakan GERD. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk menentukan apakah kunyit betul-betul ampuh dalam mengobati gejala asam lambung.

Kemungkinan risiko yang muncul dari mengonsumsi kunyit

cara mengatasi mual dan muntah setelah operasi

Kunyit adalah pengencer darah alami. Karena itu, Anda tidak boleh mengonsumsi kunyit jika sedang mengonsumsi obat pengecer darah atau jika Anda akan menjalani operasi dalam waktu dekat. Kunyit juga dapat menurunkan gula darah, menurunkan tekanan darah, dan membuat masalah kantung empedu semakin parah.

Selain itu, beberapa orang melaporkan bahwa kunyit menyebabkan asam lambung memburuk. Ini mungkin karena rasa pedasnya. Konsumsi kunyit untuk jangka waktu yang lama atau dalam dosis tinggi dapat meningkatkan risiko gangguan pencernaan, mual, dan diare.

Wanita yang hamil atau menyusui seharusnya tidak menggunakan kunyit dalam jumlah berlebihan. Dalam bentuk apa pun, tidak boleh mengonsumsi kunyit lebih dari yang biasa Anda gunakan untuk memasak.

Konsumsi kunyit mungkin dapat menimbulkan reaksi alergi. Jika Anda mengalami gejala seperti gatal-gatal, jantung berdenyut cepat, atau kesulitan bernapas setelah menggunakan kunyit, Anda harus menghentikan penggunaan. Jika gejala Anda parah, segera periksa ke dokter.

Lantas, bolehkah menggunakan kunyit untuk asam lambung?

kunyit untuk wanita haid

Meskipun baru sedikit bukti bahwa kunyit dapat membantu asam lambung, sah-sah saja jika Anda mau mencoba kunyit untuk asam lambung. Kebanyakan orang dapat menerima kunyit dengan baik dalam bentuk makanan dan suplemen.

Tubuh tidak dapat menyerap kandungan kunyit (kurkumin) dengan baik karena dimetabolisme di hati dan usus secara cepat. Oleh karena itu diperlukan piperine untuk meningkatkan penyerapan kurkumin di tubuh. Piperine dapat ditemukan di lada hitam. Jika Anda memilih untuk mengonsumsi suplemen kunyit maka sebaiknya lihat apakah terdapat ekstrak lada hitam dalam suplemen tersebut.

Ada beberapa hal yang perlu diingat jika Anda berencana menggunakan kunyit untuk asam lambung:

  • Untuk hasil terbaik, gunakan kunyit bersama lada hitam atau pilih suplemen yang mengandung piperin.
  • Kunyit bisa bertindak sebagai pengencer darah. Anda tidak boleh mengonsumsi kunyit bersama obat antikoagulan atau obat pengencer darah.
  • Anda mungkin akan mengalami efek samping jika Anda mengonsumsi kunyit sebanyak 1.500 miligram atau lebih per hari.
  • Mungkin diperlukan beberapa minggu untuk melihat apakah kunyit membantu gejala Anda. Jika gejala Anda tidak membaik atau justru memburuk, Anda harus menghentikan penggunaan dan berkonsultasi dengan dokter Anda.
  • Perlu diingat keberhasilan pengobatan GERD tidak hanya tergantung pada obat yang dikonsumsi, tapi juga pola hidup yang perlu diubah. Misalnya membiasakan makan sedikit tapi sering, tidak tidur telentang setelah makan, berhenti merokok, dan tidak menggunakan baju yang ketat untuk menghindari penekanan daerah perut.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Can You Use Turmeric to Treat Acid Reflux? https://www.healthline.com/health/digestive-health/turmeric-acid-reflux diakses 4 September 2018.

Turmeric & GERD https://www.livestrong.com/article/364202-turmeric-gerd/ diakses 4 September 2018.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Andisa Shabrina
Tanggal diperbarui 18/09/2018
x