Periode Perkembangan

Bagaimana Bisa Ada Bayi Baru Lahir yang Sudah Tumbuh Gigi?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum.

Pada umumnya, bayi akan mengalami pertumbuhan gigi pada usia 4 sampai 10 bulan. Gigi yang pertama yang akan muncul adalah gigi seri pusat, yaitu gigi yang berada di bagian depan bawah. Namun, pada beberapa kasus ada bayi lahir sudah tumbuh gigi, sekitar satu buah gigi atau lebih. Kondisi ini jarang terjadi, hanya ada satu kasus dari setiap 2.000 kelahiran.

Apakah bayi yang sudah memiliki gigi ini normal atau tidak? Simak ulasannya berikut ini.

Mengenal kondisi bayi lahir sudah tumbuh gigi

bayi belajar bahasa dalam kandungan

Bila Anda melihat ada bayi yang sudah mempunyai gigi saat dilahirkan, memang cukup mengejutkan. Gigi pertama bayi memang sudah mulai berkembang di dalam kandungan usia enam minggu. Namun, ini butuh proses yang lama dan baru akan muncul ke permukaan gusi beberapa bulan setelah bayi dilahirkan. Kondisi ini disebut dengan gigi bawaan lahir.

Dilansir dari The Bump, Erik Scheifele, DMD, seorang kepala divisi kesehatan mulut di Children’s National Health System mengatakan bahwa kasus gigi bawaan lahir sangat jarang terjadi dan akan tanggal beberapa waktu setelah dilahirkan. Gigi bawaan lahir ini sebenarnya adalah gigi tambahan yang dikenal dengan supernumerary teeth, yang akan berkembang di samping gigi biasa.

Gigi bawaan lahir yang sering terlihat adalah gigi bagian depan bawah. Jarang bayi dengan kondisi ini memiliki gigi bagian depan atas, gigi geraham, gigi kaninus atas, maupun kaninus bawah. Selain sudah tumbuh saat bayi dilahirkan, gigi tersebut memang terlihat seperti gigi normal. Namun, ukurannya akan lebih kecil, berwarna kekuningan, dan biasanya tumbuh berpasangan.

Selain gigi bawaan lahir, ada pula yang dikenal dengan gigi neonatal. Kedua kondisi gigi pada bayi ini berbeda. Gigi bawaan lahir akan terlihat saat bayi dilahirkan. Sementara gigi neonatal akan tumbuh dalam 30 hari setelah bayi dilahirkan. Pertumbuhan gigi neonatal memang lebih cepat daripada gigi normal, tapi tidak secepat gigi bawaan lahir. Namun, kondisi gigi neonatal lebih jarang terjadi dibanding gigi bawaan lahir.

Apa yang menyebabkan bayi lahir sudah tumbuh gigi?

gigi bayi
Sumber: Oh What a Day Blog

Hyewon Lee DMD, MPH, seorang dokter gigi anak di DentaQuest Institute di Westborough, menyimpulkan ada dua hal yang menyebabkan bayi lahir sudah tumbuh gigi. Pertama, akibat sel germinal gigi yang mengalami gangguan sehingga menyebabkan gigi terbentuk dekat dengan permukaan gusi sehingga gigi menjadi terlihat.

Kemudian, penyebab lain berkaitan dengan genetik. Misalnya, bila ada keluarga yang memiliki pertumbuhan gigi yang lambat kemungkinan akan memiliki kondisi yang sama, termasuk dengan gigi bawaan lahir.

Namun, kondisi gigi bawaan lahir juga bisa dikaitkan degan kondisi medis tertentu. Khususnya pada bayi yang sudah memiliki gigi geraham (molar) saat baru lahir, yaitu sindrom Pfieffer (gangguan genetik) dan histiositosis sel Langerhans (gangguan sel darah putih). Kondisi medis langka lainnya yang bisa menyebabkan gigi bawaan lahir meliputi:

  • Bibir sumbing
  • Sindrom Ellis-van Creveld
  • Sindrom Jadassohn-Lewandowsky
  • Sindrom Hallerman-Streiff
  • Sindrom Sotos
  • Sindrom Wiedemann-Reutenstrauch
  • Penyakit Pierre-robin
  • Gangguan pada sistem endokrin

Apakah bayi dengan dengan kondisi ini tidak normal?

gigi bayi tumbuh
Sumber: VeryWell Family

Ya, dalam artian kasus ini tidak biasanya terjadi. Akan tetapi, Anda tidak perlu panik. Tergantung bagaimana kondisi gigi bayi dan gangguan yang muncul, dokter akan menentukan apakah bayi butuh perawatan lebih lanjut atau pengawasan saja. Gigi yang sudah tumbuh ketika bayi dilahirkan bisa tanggal dan juga tidak. Namun, kemungkinan besar akan menyebabkan beberapa gangguan pada bayi dan ibu, seperti:

  • Bayi akan mengalami kesulitan untuk menyusui karena gigi mengganggu mulut bayi untuk menempel pada puting. Kondisi ini juga sering menyebabkan rasa sakit. Bila terus terjadi, bayi bisa mengalami kekurangan asupan makanan dan bisa  berdampak buruk bagi perkembangannya.
  • Adanya gigi bayi bisa menyebabkan cedera pada puting susu sang ibu.
  • Gesekan antara gigi dengan bagian bawah lidah bisa menyebabkan luka atau bisul pada lidah.
  • Bayi tersedak ketika menyusui saat gigi tersebut copot seluruhnya atau sebagian dan tertelan.

Bila gangguan tersebut bisa mengancam kesehatan bayi, maka satu-satunya jalan untuk menghilangkan gigi tersebut adalah dengan proses pembedahan. Bayi harus menunggu setidaknya 10 hari untuk mengembangkan bakteri pada usus yang menghasilkan vitamin K yang bertugas untuk membekukan darah.

Ini akan mempercepat proses pemulihan dan mencegah bayi kehilangan lebih banyak darah selama operasi. Bayi akan mendapatkan bius lokal dan obat penenang tambahan, supaya tidak menimbulkan rasa sakit dan bayi tetap tenang sehingga tidak mengganggu proses operasi.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca