Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Ciri-ciri Gigi yang Sehat dan Pengaruhnya pada Kesehatan Tubuh

Ciri-ciri Gigi yang Sehat dan Pengaruhnya pada Kesehatan Tubuh

Coba sesekali perhatikan tampilan gigi dan gusi Anda, apakah ada tanda-tanda seperti gusi bengkak atau perubahan warna gigi? Kelihatannya sepele, tapi jangan salah, tampilan gigi bisa menjadi gambaran tentang kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan, lho. Yuk, ketahui ciri-ciri gigi dan mulut yang sehat serta pengaruhnya untuk kesehatan.

Ciri-ciri tampilan gigi yang sehat

Anda mungkin pernah bertanya-tanya, apakah gigi dan mulut Anda dalam kondisi yang optimal. Memang, terkadang penyakit gigi dan mulut sering kali tidak menunjukkan gejala, tetapi lambat laun bisa menimbulkan rasa yang tak nyaman.

Untuk mengetahuinya, berikut merupakan tanda bahwa gigi dan mulut Anda berada pada kondisi yang sehat.

1. Gigi kokoh

Gigi yang kokoh merupakan salah satu kriteria gigi yang sehat. Ketika Anda menyentuh dan menggoyangkan gigi, gigi tidak akan goyah dan tetap berada pada posisi yang sama.

Bila gigi Anda goyang, terutama setelah Anda dewasa, konsultasikan kondisi ini dengan dokter. Bisa jadi, ini merupakan tanda dari suatu masalah pada gigi atau gusi, misalnya periodontitis atau tulang tengkorak yang mulai melemah karena osteoporosis atau kehamilan.

2. Gusi berwarna merah muda

Untuk menilai apakah kondisi mulut Anda sehat, gusi juga tidak boleh luput dari perhatian Anda. Gusi yang sehat berwarna merah muda, bukan kemerahan atau pucat. Gusi pucat atau putih bisa menandakan masalah pada mulut Anda.

Selain itu, Anda juga bisa mengecek gusi dengan jari. Caranya, cuci tangan Anda terlebih dahulu, lalu geser jari di sepanjang gusi Anda. Bila gusi terasa kencang dan tidak sakit saat disentuh, berarti gusi Anda dalam kondisi yang baik.

3. Lidah berwarna merah muda

Bagian selanjutnya yang tak kalah penting adalah lidah. Sama seperti gusi, warna lidah yang normal sebaiknya merah muda dan permukaannya terasa kencang.

Sering kali, sisa-sisa makanan masih menempel di lidah. Hal ini bisa menjadi penyebab masalah pada gigi dan mulut. Oleh karena itu, pastikan Anda juga membersihkan lidah saat melakukan rutinitas menyikat gigi.

4. Tidak berdarah saat sikat gigi atau flossing

Tanda bahwa gigi dan gusi Anda sehat adalah tidak berdarah saat disikat atau dibersihkan dengan benang gigi. Bila gusi mengalami perdarahan yang cukup sering ketika Anda menyikat gigi, segera periksakan ke dokter meski darahnya hanya sedikit.

Namun, hal ini juga bergantung dengan cara Anda menyikat gigi. Jangan menyikat gigi terlalu keras karena ini dapat merusak lapisan email gigi dan membuat gusi terluka.

5. Napas tidak berbau

Bau napas yang harum tentunya menjadi dambaan semua orang. Sayangnya, mulut kita tidak bisa menghasilkan aroma seperti mint secara alami.

Bila mulut bau tak sedap, tandanya bakteri telah menumpuk di bawah gusi. Ini juga bisa menandakan adanya kerusakan pada gigi yang tidak diobati. Dalam keadaan yang sehat, napas biasanya tidak berbau seperti ini.

Kaitan kesehatan gigi dan mulut dengan kesehatan secara keseluruhan

jarang gosok gigi

Melansir laman Marshfield Clinic Health System, kesehatan gigi dan mulut yang buruk dapat menimbulkan berbagai komplikasi penyakit membahayakan. Dengan kata lain, gigi dan mulut perlu diutamakan pemeliharannya.

Rongga mulut merupakan salah satu pintu masuk bakteri penyebab penyakit ke bagian tubuh lainnya. Bakteri pada rongga mulut bisa saja masuk ke organ-organ lain dan menimbulkan penyakit.

Jika kesehatan mulut Anda optimal, bakteri yang dapat masuk ke dalam tubuh hanya sedikit dan tidak membahayakan tubuh.

Namun, jika mulut dan gigi tidak dalam kondisi yang bersih dan sehat, jumlah bakteri yang akan masuk ke dalam aliran darah dapat meningkat dua hingga sepuluh kali lipat.

Beberapa penyakit lain yang dapat terjadi akibat kesehatan gigi dan mulut yang buruk termasuk berikut ini.

  • Penyakit gusi: meskipun ringan, penyakit gusi dapat memburuk keadaannya jika tidak ditangani secara tepat. Penyakit gusi atau penyakit periodontal dapat menyebabkan hilangnya gigi, infeksi, dan komplikasi lainnya.
  • Peradangan pada bagian dalam jantung: disebut juga endokarditis, penyakit ini muncul akibat adanya bakteri dalam mulut yang terbawa aliran darah melalui gusi yang berdarah.

Dengan rutin menyikat gigi dan melakukan flossing, jumlah bakteri jahat di mulut akan tetap terkendali. Bila Anda lalai membersihkan gigi, bakteri akan tumbuh dan menyebabkan penyakit.

Ini tentunya buruk untuk orang-orang dengan sistem imun yang lemah, seperti pengidap diabetes atau HIV/AIDS. Penyakit-penyakit ini bisa menghambat daya tahan tubuh dalam melawan infeksi sehingga masalah pada gigi dan mulut semakin parah.


Sering sakit gigi atau punya gigi sensitif?

Yuk gabung Komunitas Gigi Mulut agar kamu bisa tanya dokter atau berbagi cerita bersama member lainnya.


Bagaimana cara menjaga gigi dan mulut agar tetap sehat?

Mengingat kondisi gigi dan mulut yang sehat sangatlah penting, Anda dianjurkan untuk menjaga kebersihannya. Berikut beberapa prinsip perawatan gigi yang dapat Anda lakukan mulai sekarang.

  • Sikat gigi minimal dua kali sehari dengan pasta gigi ber-fluoride.
  • Makan makanan yang sehat dan menghindari konsumsi makanan manis atau asam secara berlebihan.
  • Ganti sikat gigi setidaknya tiga atau empat bulan sekali.
  • Tidak merokok.
  • Periksa kondisi gigi dan mulut ke dokter gigi secara rutin, setidaknya enam bulan sekali.

Kesehatan gigi yang baik merupakan kombinasi dari perawatan sehari-hari yang tepat, dimulai dari menggosok gigi hingga pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut secara rutin ke dokter gigi.

Jadi, jika ingin memiliki tubuh yang sehat, jangan lupa untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Pasalnya, menjaga kesehatan mulut Anda merupakan investasi dalam kesehatan Anda secara keseluruhan.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Oral Health: a Window to Your Overall Health. (2021). Mayo Clinic. Retrieved May 31, 2022, from http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/dental/art-20047475 diakses pada 20/05/2017 pukul 15.32 WIB.

Why Dental Health is Important? (n.d.). Marshfield Clinic Health System. Retrieved May 31, 2022, from https://www.marshfieldclinic.org/specialties/dental-care/dental-why-important

Tooth Abnormal Colors. (2020). MedlinePlus. Retrieved May 31, 2022, from https://medlineplus.gov/ency/article/003065.htm

Loose Tooth in Adults. (2020). Dentaly.org. Retrieved May 31, 2022, from https://www.dentaly.org/us/oral-health/loose-tooth/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Winona Katyusha Diperbarui Jun 23
Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa