home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Kesehatan Gigi Ternyata Berpengaruh Pada Kesehatan Seluruh Tubuh

Kesehatan Gigi Ternyata Berpengaruh Pada Kesehatan Seluruh Tubuh

Kesehatan bukan segalanya, namun tanpa kesehatan, segalanya tidak berarti apa-apa. Tidak jarang pula banyak orang yang menganggap bahwa kesehatan itu mahal, padahal, yang membuat mahal adalah sembuh dari sakit, bukan kesehatannya. Kesehatan juga bukan hanya tentang sembuh dari sakit, melainkan juga tentang mencari cara untuk mencegah sakit. Tapi, bagaimana caranya?

Cara sederhana untuk tetap sehat adalah dengan hidup , makan makanan yang sehat dan bergizi, tidur cukup, perbanyak konsumsi air putih, olahraga secara rutin, dan hindari stres. Dengan begitu, kesehatan fisik akan tetap terjaga. Namun, tahukah Anda bahwa gigi dan mulut juga sangat perlu untuk dijaga kesehatannya?

Apa hubungan kesehatan gigi dan mulut dengan kesehatan Anda secara keseluruhan?

Sebuah studi menunjukkan bahwa kesehatan gigi dan mulut yang buruk dapat menimbulkan berbagai komplikasi penyakit membahayakan. Sehingga gigi dan mulut adalah panca indra vital yang perlu diutamakan pemeliharannya.

Rongga mulut merupakan salah satu pintu masuk bakteri penyebab penyakit ke bagian tubuh lainnya, baik aerob maupun anaerob. Bakteri pada rongga mulut ternyata dapat menyebar melalui aliran darah, yang disebut dengan bakteremia.

Jika kesehatan mulut Anda optimal, bakteri yang dapat masuk ke dalam aliran darah hanya sedikit dan tidak membahayakan tubuh. Namun jika kesehatan mulut Anda tidak dalam keadaan baik, maka jumlah bakteri yang akan masuk ke dalam aliran darah meningkat dua hingga sepuluh kali lipat. Hal tersebut dapat meningkatkan peluang terjadinya bakteremia menjadi lebih besar.

Tanpa kebersihan mulut yang tepat, bakteri juga dapat mencapai tingkat yang menyebabkan infeksi mulut, seperti kerusakan gigi dan penyakit gusi. Bahkan, teori fokal infeksi menyebutkan bahwa infeksi pada rongga mulut bertanggung jawab pada terjadinya tiga penyakit sistemik, yaitu penyakit kardiovaskuler, diabetes melitus, dan aterosklerosis.

Dampak kesehatan gigi dan mulut yang buruk

Beberapa penyakit yang terjadi akibat kesehatan gigi dan mulut yang buruk adalah:

  • Penyakit gusi, yang meskipun ringan namun dapat menjadi lebih buruk keadaannya jika tidak ditangani secara tepat. Penyakit gusi atau penyakit periodontal dapat menyebabkan hilangnya gigi, infeksi, dan komplikasi lainnya.
  • Peradangan pada bagian dalam jantung, disebut endokarditis. Penyakit ini terjadi sebagai akibat adanya bakteri dalam mulut yang terbawa aliran darah melalui gusi yang berdarah.

Bagaimana cara menjaga kesehatan gigi dan mulut?

Mengingat pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulu, maka Anda dianjurkan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah:

  • Sikat gigi minimal dua kali sehari dengan pasta gigi ber-fluoride
  • Makan makanan yang sehat, hindari konsumsi makanan yang mengandung manis/asam secara berlebihan
  • Ganti sikat gigi setidaknya tiga atau empat bulan sekali
  • Jangan merokok
  • Periksa kesehatan gigi dan mulut secara rutin setidaknya enam bulan sekali ke dokter gigi

Kesehatan gigi yang baik merupakan kombinasi dari perawatan sehari-hari yang tepat dimulai dari menggosok gigi dan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut secara rutin ke dokter gigi setidaknya enam bulan sekali. Jadi, jika ingin memiliki kesehatan tubuh yang optimal, jangan lupa untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Karena, menjaga kesehatan mulut Anda adalah investasi dalam kesehatan Anda secara keseluruhan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Foto Penulis
Ditulis oleh Novi Sulistia Wati pada 01/07/2017
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
x