Makanan Apa yang Bisa Membantu Pertumbuhan Gigi Anak?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Menjaga pertumbuhan gigi anak agar tetap dalam keadaan baik, memang memiliki tantangan tersendiri. Terkadang sulit meminta anak untuk rutin menyikat gigi dan menjaga makanan.

Khusus untuk makanan, ada beberapa makanan yang bisa merusak pertumbuhan gigi anak, seperti makanan tinggi karbohidrat dan gula. Namun tak sedikit juga makanan yang ramah untuk gigi. Apa saja jenis makanan tersebut? Berikut uraiannya seperti dilansir dari WebMD

Makanan yang baik untuk pertumbuhan gigi anak

Buah-buahan

buah apel

Daripada memberikan camilan berupa keripik atau biskuit yang tinggi gula dan karbohidrat, Anda bisa memberikan buah untuk si kecil.

Buah dan sayur memiliki kandungan air yang sangat tinggi, seperti pir, melon, dan semangka. Jenis buah ini bisa menghindari anak Anda dari dehidrasi

Kalau Anda ingin memberikan buah-buahan yang tinggi air, barengi dengan membatasi buah yang tinggi gula, seperti pisang.

Namun, bila Anda ingin memberikannya pada si kecil, segera bersihkan gigi mereka setelah selesai mengonsumsi buah tersebut. Ini penting dilakukan agar pertumbuhan gigi anak tetap terjaga dengan baik.

Ingin makan camilan yang bisa membersihkan gigi sekaligus? Anda bisa memberikan anak buah apel yang mampu membersihkan gigi dan mengurangi aroma mulut yang tidak sedap. Kandungan serat apel bertugas dalam membersihkan plak gigi, gusi, dan menghilangkan sisa makanan lain.

Tidak hanya itu, sifat asam dalam buah apel membantu mendorong bakteri jahat yang menimbulkan bau mulut.

Sayuran yang renyah

resep wortel

Maksud dari sayuran renyah adalah jenis sayuran yang membantu gigi untuk mengunyah, seperti wortel, mentimun, dan kacang polong.

Untuk wortel, kandungan di dalamnya mirip dengan apel, penuh serat, dan mampu membersihkan gigi dari plak saat anak mengunyahnya.

Kegiatan mengunyah jenis sayuran ini secara teknis membersihkan gusi dan gigi. Selain itu, akan membantu pertumbuhan gigi anak agar lebih optimal.

Jimmy Wu, Dokter Gigi dari San Diego mengatakan, makanan yang disebutkan di atas, secara alami bisa menghilangkan plak yang menumpuk dalam jeda anak makan dan sebelum menyikat gigi.

Keju dan susu

keju untuk mengurangi berat badan

Menjadikan keju sebagai camilan anak sangat baik untuk pertumbuhan gigi anak. Informasi dari Pediatric Dental Care, keju mengandung kalsium yang sangat tinggi dan bisa memperkuat kondisi gigi anak.

Tidak hanya itu, keju juga tinggi protein yang disebut kasein, tugasnya memperkuat enamel gigi dan bantu cegah gigi berlubang. 

Anda bisa memberikan lembaran keju cheddar sebagai camilan si kecil. Bisa juga dibuat sebagai campuran di dalam mac n cheese untuk makan siang agar lebih lezat.

Sedangkan susu, sudah tidak diragukan lagi kandungan kalsium di dalamnya yang bantu memperkuat tulang dan gigi anak. Menurut Parents, susu juga mengandung vitamin D dan fosfat yang bekerja untuk mengurangi risiko kerusakan gigi.

Telur

manfaat telur omega 3

Telur sangat bermanfaat untuk pertumbuhan gigi anak. Apalagi kuning telur karena mengandung vitamin D yang bertugas untuk membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfat, mineral yang dibutuhkan untuk membangun dan melindungi enamel gigi, dari makanan lain.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Desember 28, 2019 | Terakhir Diedit: Januari 2, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca