Makanan Apa yang Bisa Membantu Pertumbuhan Gigi Anak?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 02/01/2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Menjaga pertumbuhan gigi anak agar tetap dalam keadaan baik, memang memiliki tantangan tersendiri. Terkadang sulit meminta anak untuk rutin menyikat gigi dan menjaga makanan.

Khusus untuk makanan, ada beberapa makanan yang bisa merusak pertumbuhan gigi anak, seperti makanan tinggi karbohidrat dan gula. Namun tak sedikit juga makanan yang ramah untuk gigi. Apa saja jenis makanan tersebut? Berikut uraiannya seperti dilansir dari WebMD

Makanan yang baik untuk pertumbuhan gigi anak

Buah-buahan

buah apel

Daripada memberikan camilan berupa keripik atau biskuit yang tinggi gula dan karbohidrat, Anda bisa memberikan buah untuk si kecil.

Buah dan sayur memiliki kandungan air yang sangat tinggi, seperti pir, melon, dan semangka. Jenis buah ini bisa menghindari anak Anda dari dehidrasi

Kalau Anda ingin memberikan buah-buahan yang tinggi air, barengi dengan membatasi buah yang tinggi gula, seperti pisang.

Namun, bila Anda ingin memberikannya pada si kecil, segera bersihkan gigi mereka setelah selesai mengonsumsi buah tersebut. Ini penting dilakukan agar pertumbuhan gigi anak tetap terjaga dengan baik.

Ingin makan camilan yang bisa membersihkan gigi sekaligus? Anda bisa memberikan anak buah apel yang mampu membersihkan gigi dan mengurangi aroma mulut yang tidak sedap. Kandungan serat apel bertugas dalam membersihkan plak gigi, gusi, dan menghilangkan sisa makanan lain.

Tidak hanya itu, sifat asam dalam buah apel membantu mendorong bakteri jahat yang menimbulkan bau mulut.

Sayuran yang renyah

resep wortel

Maksud dari sayuran renyah adalah jenis sayuran yang membantu gigi untuk mengunyah, seperti wortel, mentimun, dan kacang polong.

Untuk wortel, kandungan di dalamnya mirip dengan apel, penuh serat, dan mampu membersihkan gigi dari plak saat anak mengunyahnya.

Kegiatan mengunyah jenis sayuran ini secara teknis membersihkan gusi dan gigi. Selain itu, akan membantu pertumbuhan gigi anak agar lebih optimal.

Jimmy Wu, Dokter Gigi dari San Diego mengatakan, makanan yang disebutkan di atas, secara alami bisa menghilangkan plak yang menumpuk dalam jeda anak makan dan sebelum menyikat gigi.

Keju dan susu

keju untuk mengurangi berat badan

Menjadikan keju sebagai camilan anak sangat baik untuk pertumbuhan gigi anak. Informasi dari Pediatric Dental Care, keju mengandung kalsium yang sangat tinggi dan bisa memperkuat kondisi gigi anak.

Tidak hanya itu, keju juga tinggi protein yang disebut kasein, tugasnya memperkuat enamel gigi dan bantu cegah gigi berlubang. 

Anda bisa memberikan lembaran keju cheddar sebagai camilan si kecil. Bisa juga dibuat sebagai campuran di dalam mac n cheese untuk makan siang agar lebih lezat.

Sedangkan susu, sudah tidak diragukan lagi kandungan kalsium di dalamnya yang bantu memperkuat tulang dan gigi anak. Menurut Parents, susu juga mengandung vitamin D dan fosfat yang bekerja untuk mengurangi risiko kerusakan gigi.

Telur

manfaat telur omega 3

Telur sangat bermanfaat untuk pertumbuhan gigi anak. Apalagi kuning telur karena mengandung vitamin D yang bertugas untuk membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfat, mineral yang dibutuhkan untuk membangun dan melindungi enamel gigi, dari makanan lain.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kesalahan Umum yang Dilakukan Ortu Saat Mengajari Anak Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Mengajari anak menyikat gigi tidak boleh setengah-setengah. Jika anak terbiasa dengan cara-cara ini, giginya akan lebih sering bermasalah saat besar nanti!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Parenting, Tips Parenting 28/10/2019 . Waktu baca 4 menit

Ketahui Alasan Gigi dan Mulut yang Sehat Bisa Dorong Anak Agar Lebih Pede di Sekolah

Tidak banyak orangtua yang tahu bahwa jika gigi anak sehat ia lebih bisa berprestasi di sekolah. Memang, apa hubungannya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 09/10/2019 . Waktu baca 5 menit

Ciptakan Momen Sikat Gigi yang Seru di Malam Hari

Mengajarkan anak rajin menyikat gigi memang sulit. Sebagai orangtua, Anda harus pintar-pintar menciptakan momen seru sikat gigi bersama anak di malam hari.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Parenting, Tips Parenting 07/10/2019 . Waktu baca 5 menit

4 Kebaikan Tak Terduga Gigi Sehat pada Anak

Selain jadi jarang sakit, memiliki gigi yang sehat juga ternyata bantu meningkatkan performa akademis anak di sekolah. Lho, apa hubungannya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 07/10/2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

makanan kawat gigi anak

3 Tips Makan untuk Anak yang Baru Memakai Kawat Gigi

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 18/01/2020 . Waktu baca 4 menit
pasta gigi untuk anak

Pentingnya Memilih Pasta Gigi Anak Terbaik untuk Kesehatan Rongga Mulutnya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 08/11/2019 . Waktu baca 3 menit
anak sikat gigi

4 Kiat Memilih Sikat Gigi yang Tepat untuk Balita

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 02/11/2019 . Waktu baca 3 menit
kesehatan gigi dan mulut

Gabung Mama Sigi dan Pepo Dalam Misi Memberantas Masalah Gigi

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 29/10/2019 . Waktu baca 5 menit