Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya
ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

Mau Pasang Kawat Gigi Anak? Ini yang Harus Diperhatikan

Mau Pasang Kawat Gigi Anak? Ini yang Harus Diperhatikan

Tidak hanya bikin kurang percaya diri, anak-anak dengan gigi yang tidak rapi juga rentan mengalami gangguan gigi dan mulut. Lalu, apa saja yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan kawat gigi anak? Simak pembahasannya di bawah ini.

Manfaat kawat gigi anak

Kawat gigi atau behel sering dikaitkan dengan perawatan gigi pada anak. Tidak mengherankan, karena pada masa ini umumnya susunan gigi yang kurang rapi mulai terlihat.

Penggunaan kawat gigi pada anak-anak bisa membantu memperbaiki gigi yang tumbuh miring, tidak beraturan, tumpang tindih, atau berjejal yang bisa memengaruhi penampilan.

Behel juga membantu memperbaiki masalah susunan tulang rahang dan gigi yang tidak sejajar.

Kondisi yang disebut maloklusi ini dapat membuat anak-anak mengalami kesulitan makan. Jika tidak diperbaiki, gangguan asupan gizi dan pencernaan mungkin bisa mereka alami.

Umur berapa anak boleh memakai behel?

pemakai behel kawat gigi

Orang tua bisa mulai mempertimbangkan penggunaan behel gigi saat anak berusia tujuh tahun. Konsultasikan dengan ortodontis untuk mengetahui kebutuhan penggunaan behel pada anak Anda.

Ortodontis merupakan dokter gigi yang khusus mempelajari estetika posisi gigi, rahang, dan wajah, termasuk mengenai pemasangan behel atau kawat gigi pada anak-anak.

Perlu diketahui, konsultasi dengan ortodontis sejak dini bukan berarti anak Anda akan langsung pasang behel.

Ketika kunjungan pertama kali, dokter akan memeriksa gigi, rahang, dan mulut anak. Anda juga perlu memberitahu dokter bila anak mengalami masalah pada susunan gigi mereka.

Dokter juga mungkin melakukan rontgen gigi. Hal ini dilakukan untuk mengetahui penyebab gigi berantakan, tingkat keparahan, dan jenis perawatan manakah yang sesuai.

Anda tidak bisa menentukan waktu terbaik untuk memasang behel. Hanya ortodontis saja yang mengetahui waktu ideal melakukan prosedur ini pada anak Anda.

Pada umur berapa anak boleh memakai behel?

Menurut American Association of Orthodontists, anak-anak bisa mulai perawatan dan pasang behel antara umur 9 hingga 16 tahun. Namun, hal ini tergantung pada kondisi dan kebutuhan pengobatan setelah konsultasi dengan dokter ortodonti.

Prosedur pemasangan behel gigi anak

Pemasangan behel gigi anak hanya dilakukan bila kondisi gigi, gusi, dan tulang penyokong gigi (periodontal) dalam keadaan sehat dan kuat.

Proses pemasangan kawat gigi biasanya membutuhkan waktu sekitar 20–30 menit, tergantung jenis kawat gigi yang dipakai dan tingkat keparahan masalah gigi anak Anda.

Dikutip dari Stanford Medicine Children’s Health, ada tiga jenis behel gigi yang biasa digunakan pada anak-anak seperti berikut ini.

  • Kawat gigi konvensional: paling umum digunakan dan terbuat dari bahan logam atau plastik yang direkatkan pada permukaan gigi.
  • Kawat gigi lingual: diletakkan pada bagian belakang gigi sehingga tidak menampakkan kawat gigi sama sekali.
  • Behel transparan (clear aligner): terbuat dari bahan plastik transparan yang tidak mengganggu penampilan dan bisa dilepas-pasang sesuai kebutuhan.

Untuk memilih tipe behel anak yang sesuai, sebaiknya konsultasikan dengan dokter gigi Anda.

Perawatan kawat gigi anak

pemeriksaan ke dokter gigi

Penggunaan behel pada anak-anak biasanya berlangsung selama 1–2½ tahun. Hal ini sangat bergantung pada masalah gigi yang hendak diperbaiki.

Tak berhenti sampai di situ, anak Anda juga harus memakai retainer. Alat ini menjaga gigi yang baru diperbaiki agar tetap berada pada posisi yang seharusnya setelah lepas behel.

Oleh sebab itu, pastikan anak-anak melakukan perawatan kawat gigi di rumah yang benar seperti berikut agar hasilnya maksimal.

  • Pakai sikat gigi khusus dan benang gigi setelah makan untuk membersihkan sela-sela gigi yang sulit dijangkau.
  • Gunakan pasta gigi dan obat kumur ber-fluoride untuk mencegah gigi berlubang.
  • Hindari makan makanan keras dan lengket yang dapat merusak kawat gigi, seperti popcorn, kacang-kacangan, biskuit, dan keripik.
  • Konsumsi makanan lunak dan minum obat pereda nyeri bila merasakan sakit dan tidak nyaman setelah pemasangan behel.
  • Gunakan lilin kawat gigi (orthodontic wax) untuk menutupi bracket yang tajam dan bisa melukai gusi dan mulut anak.

Selain itu, anak Anda juga perlu periksa rutin ke dokter gigi tiap beberapa minggu sekali untuk mengecek kondisi kawat gigi dan menyesuaikannya.

Apabila memiliki pertanyaan lain seputar behel gigi anak, silakan konsultasi dengan dokter Anda untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.


Sering sakit gigi atau punya gigi sensitif?

Yuk gabung Komunitas Gigi Mulut agar kamu bisa tanya dokter atau berbagi cerita bersama member lainnya.


health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Importance of orthodontics. American Association of Orthodontists. (2019). Retrieved 24 August 2022, from https://www3.aaoinfo.org/blog/parent-s-guide-post/importance-of-orthodontics/

Braces. American Dental Association. (2022). Retrieved 24 August 2022, from https://www.mouthhealthy.org/en/az-topics/b/braces

Braces and orthodontics. NHS UK. (2022). Retrieved 24 August 2022, from https://www.nhs.uk/conditions/braces-and-orthodontics/

Braces. Nemours KidsHealth. (2022). Retrieved 24 August 2022, from https://kidshealth.org/en/parents/braces.html

Braces for Children. Stanford Medicine Children’s Health. (2021). Retrieved 24 August 2022, from https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=orthodonticsbraces-for-children-90-P01845

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Satria Aji Purwoko Diperbarui 4 weeks ago
Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa
Next article: