home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Tips Mengobati Sakit Gigi Anak Dengan Cara Alami

Tips Mengobati Sakit Gigi Anak Dengan Cara Alami

Anak-anak biasanya memiliki gigi berlubang dan masalah pada gusi sehingga rentan mengalami sakit gigi. Bagi orang dewasa, memilih obat sakit gigi dan pereda nyeri mungkin tidaklah sulit. Namun, Anda tidak boleh sembarangan kasih obat sakit gigi pada anak mengingat risiko efek sampingnya. Tiga cara alami mengobati sakit gigi anak ini mungkin bisa jadi andalan Anda.

Cara alami mengobati sakit gigi anak

Sebagian besar kasus sakit gigi anak biasanya disebabkan oleh gigi berlubang atau sisa makanan yang terselip di antara gigi. Nah beberapa cara alami berikut bisa Anda coba untuk mengobati sakit gigi anak di rumah tanpa harus minum obat.

1. Menyikat gigi atau menggunakan benang gigi

Pilih sikat gigi yang berbulu halus dan cobalah menyikat bagian gigi yang sulit terjangkau atau sering diabaikan oleh si kecil, misalnya bagian gigi geraham dalam.

Anda juga dapat menggunakan benang gigi untuk hasil yang lebih optimal. Bila si kecil sudah mampu menggunakan sikat gigi dan benang gigi sendiri, Anda dapat membiarkan ia melakukannya sendiri dengan pengawasan.

2. Berkumur dengan air garam

Sebelum Anda memutuskan untuk memberikan anak obat sakit gigi, sebaiknya coba minta ia berkumur air garam terlebih dulu. Anda dapat melakukan langkah ini bila si kecil sudah mengerti caranya berkumur dan membuang air kumurnya.

Caranya, campurkan setengah sendok teh garam dengan secangkir air bersuhu suam-suam kuku, lalu aduk hingga rata. Jangan menggunakan air panas ataupun air dingin. Ajari si kecil untuk berkumur selama 30 detik.

Lalu, pastikan ia membuang airnya. Anda dapat mengulangi langkah ini setiap beberapa jam untuk mencegah nyeri muncul kembali.

3. Mengompres dengan es batu

Anda dapat membungkus es batu dengan handuk, lalu menempelkannya pada area yang sakit selama 15-20 menit. Jangan menempelkan es batu langsung pada kulit. Perlu diperhatikan bahwa pada sejumlah kasus, kompres dingin juga dapat memperparah sakit gigi.

Jadi, perhatikan baik-baik reaksi yang timbul pada si kecil, dan lepaskan kompres tersebut bila ia tampak tidak nyaman.

Jika cara alami tidak ampuh mengobati sakit gigi anak…

Cara alami untuk mengobati sakit gigi anak seperti di atas umumnya hanya bersifat sementara. Anak Anda mungkin membutuhkan penanganan dari dokter gigi agar sakit giginya dapat hilang seutuhnya. Jadi, jangan ragu untuk memeriksakan si kecil ke dokter bila giginya masih terasa nyeri.

Anda boleh memberikan paracetamol atau ibuprofen jika anak tidak bisa menahan sakitnya. Namun, jangan pernah memberikan aspirin karena dapat mengakibatkan Sindrom Reye. Kondisi ini menyebabkan pembengkakan pada hati dan otak anak-anak serta dapat berakibat fatal.

Jangan pula mengoleskan obat pereda nyeri apa pun secara langsung pada gusi anak karena dapat melukai gusi. Sebagai gantinya, Anda dapat mengoleskan bahan alami seperti minyak cengkeh sebagai cara mengobati sakit gigi anak.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Toothache Remedies for Children. https://www.livestrong.com/article/187824-toothache-remedies-for-children/ Diakses pada 11 Maret 2019.

My Child Has A Toothache. What Should I Do? https://kidtasticdental.com/my-child-has-a-toothache-what-should-i-do-2/ Diakses pada 11 Maret 2019.

What to Do if Your Child Has a Toothache. https://kidsdentistree.com/what-to-do-if-your-child-has-a-toothache/ Diakses pada 11 Maret 2019.

Can I give my child painkillers? https://www.nhs.uk/common-health-questions/childrens-health/can-i-give-my-child-painkillers/ Diakses pada 11 Maret 2019.

Treating Pain in Children. https://www.webmd.com/pain-management/guide/treating-pain-children Diakses pada 11 Maret 2019.

Reye’s syndrome. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/reyes-syndrome/symptoms-causes/syc-20377255 Diakses pada 11 Maret 2019.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Diah Ayu Lestari
Tanggal diperbarui 27/03/2019
x